CSR Corner

Multi Harapan Terapkan Praktik Berkelanjutan di Area Pertambangan Batu Bara

MHU implementasikan praktik pertambangan berkelanjutan dan menerima penghargaan Properda kategori Emas di Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto : Istimewa).

swa.co.id, Balikpapan- PT Multi Harapan Utama (MHU), bagian dari MMS Group Indonesia (MMSGI), mengimplementasikan pengelolaan limbah, efisiensi energi, konservasi air, serta perlindungan dan rehabilitasi ekosistem. Dengan implementasi program yang berkelanjutan, MHU berhasil menjaga kualitas lingkungan hidup di sekitar area operasinya dan memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal sejalan dengan visi misi perusahaan induk MMSGI.

MHU, perusahaan pertambangan batubara yang berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, berkomitmen untuk terus meningkatkan praktik-praktik perlindungan lingkungan yang berkelanjutan. “Hal ini akan dilakukan melalui pengembangan teknologi ramah lingkungan, pemantauan rutin terhadap dampak lingkungan, dan partisipasi aktif dalam program-program konservasi dan rehabilitasi,” ujar Aris Subagyo Kepala Teknik Tambang MHU, pada keterangan tertulis yang dikutip Jumat, (14/6/2024).

Beragam praktik berkelanjutan MHU ini diapresiasi pemerintah lantaran MHU kembali meraih peringkat Emas pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur (Properda) periode 2023-2024. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, kepada Aris pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Rabu pekan ini.

Gelaran Anugerah Lingkungan dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah merupakan agendatahunan yang digelar pemerintah bagi para pelaku usaha dan para pihak yang memiliki dedikasi tinggi dalam mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang baik dan berkelanjutan.

Aris menyampaikan prestasi ini merupakan bentuk dedikasi dan komitmen MHU dalam menjalankan praktik perlindungan lingkungan yang bertanggung jawab. “Kami tidak hanya fokus pada kegiatan operasional perusahaan, tentunya pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat turut menjadi prioritas kami,” jelas Aris.

Lebih lanjut, Aris menambahkan bahwa melalui pencapaian konsisten selama dua periode perusahaan akan terus menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, baik masyarakat sekitar, pemerintah terkait, maupun lembaga pendidikan untuk terus berkolaborasi menjaga kelestarian lingkungan hidup. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved