CSR Corner

Pertamina EP Gaungkan Kampung Iklim di Bekasi

Foto : Pertamina EP.

swa.co.id, Bekasi- PT Pertamina EP (PEP) Tambun Field turut berkontribusi meningkatkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat untuk menghadapi tantangan lingkungan hidup, semisal fenomena pemanasan global. Menanggapi fenomena tersebut, PEP Tambun Field berinisitaif melaksanakan Program Kampung Iklim (Proklim) di wilayah Ring 1 dengan melakukan Sosialisasi Proklim yang bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pembkab) Bekasi, Provinsi Jawa Barat di Desa Kedungjaya, Bekasi.

PEP pada kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif para perangkat desa, masyarakat, mitra binaan yaitu kelompok Bank Sampah 2. Pelaksanaan sosialisasi Proklim ini diharapkan menjadi langkah awal masyarakat Desa Kedungjaya untuk menjadi pionir khususnya di wilayah Desa Kedungjaya. Andhar Lutfi, Communication, Relations & CID di PT Pertamina EP Zona 7, menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bekasi dan masyarakat di Desa Kedungjaya. “Atas kontribusi dan dukungannya pada acara Sosialisasi Program Kampung Iklim, kami berharap masyarakat Desa Kedungjaya menjadi pionir terdepan untuk mengajak masyarakat lebih luas untuk pro terhadap Program Kampung Iklim,” ujar Andhar pada siaran pers di Bekasi, Jumat (14/6/2024).

Proklim ini adalah program berlingkup nasional dibawah kelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka meningkatkan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kacaGRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya yang telah dilakukan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Gilang Rizky Pratama, perwakilan dari Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Pemkab Bekasi, mengapresiasi inisiatif PEP Tambun Field terhadap kepedulian lingkungan di Bekasi dan berharap sinergi yang dilakukan dengan Pemkab Bekasi terus berlanjut. Pada kesempatan ini, Saefudin Jufri, Sekretaris Desa Kedungjaya, mengatakan kegiatan ini memberikan wawasan baru kepada masyarakat Desa Kedungjaya terhadap mitigasi perubahan iklim. “Serta peningkatan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim,” ucap Saefudin. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved