Technology

Indosat dan Google Cloud Perkuat Kemitraan Digital Berbasis AI

Ilustrasi foto : Istimewa.

swa.co.id, Jakarta- PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison dan Google Cloud melanjutkan kerja sama strategis jangka panjang untuk mempercepat transformasi Indosat dari Telco menjadi AI Native TechCo, memberdayakan lebih dari seratus juta pelanggan di segmen business to business (B2B), dan business to consumer (B2C). Kolaborasi ini menggabungkan jaringan yang luas, operasional, serta data set pelanggan dengan AI stack terpadu milik Google Cloud untuk memberikan pengalaman mengesankan kepada lebih dari 100 juta pelanggan Indosat, serta solusi AI bagi perusahaan dan AI generatif (GenAI) untuk bisnis di seluruh Indonesia.

Kedua belah pihak akan mengembangkan solusi AI yang disesuaikan untuk modernisasi layanan pelanggan, pembuatan konten dinamis dan hiperpersonalisasi, analisis geospasial dan pemodelan prediktif, perluasan jaringan dan operasi TI, serta transformasi back office. Dalam kerja sama ini, Indosat dan Google Cloud berkolaborasi menginisiasi inovasi dalam menghasilkan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan pasar di Indonesia

Selain mengimplementasikan solusi-solusi tersebut pada operasi bisnisnya, Indosat dan Google Cloud juga akan mengeksplorasi inisiatif go to market bersama untuk memberdayakan ekosistem digital Indonesia. Kedua belah pihak akan menyediakan akses terhadap solusi-solusi di atas kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), startup, perusahaan, dan organisasi sektor publik dengan infrastruktur yang dioptimalkan untuk AI dari Google Cloud, platform data yang berbasis AI, dan platform pengembangan AI terpadu.

Vikram Sinha, Presiden Direktur and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menyampaikanperseroan terus berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dengan menyediakan perangkat dan teknologi mutakhir yang dibutuhkan untuk kemajuan bisnis dan individu. “Kolaborasi kami dengan Google Cloud bukan hanya menjadi tonggak penting bagi Indosat, tetapi juga sebagai langkah signifikan dalam misi kami untuk bertransformasi menjadi AI Native TechCo. Bersama kami akan memanfaatkan potensi penuh dari cloud dan AI untuk mendorong inovasi, menciptakan peluang baru, dan menggerakkan ekonomi digital Indonesia ke depan", ujar Vikram pada keterangannya yang dikutip Sabtu (15/6/2024).

Karan Bajwa, Vice President Asia Pasifik di Google Cloud, mengatakan adopsi awal arsitektur cloud-native dan platform analitik data AI oleh Indosat menunjukkan pendekatan berpikir ke depan dan fondasi yang dibangun melalui kolaborasi sejak 2021 itu memungkinkan Indosat untuk mengejar berbagai kasus penggunaan ML dan GenAI bernilai tinggi dalam skala besar. ”Kami sangat antusias dengan peluang-peluangnya. Inisiatif ini tidak hanya akan menunjukkan kekuatan transformasional AI dalam telekomunikasi, tetapi juga menjadi cetak biru bagi sektor lain yang ingin memanfaatkan teknologi ini untuk mendorong pertumbuhan dan dampak nasional," tuturnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved