Trends

UMKM Dipacu Mengembangkan Pemasaran Digital

Pengusaha UMKM mengikuti mentoring sesi 1 on 1 untuk mengembangkan pemasaran digital. (Foto : Transcosmos).

swa.co.id, Jakarta- Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berperan untuk menyokong perekonomian Indonesia dan berkontribusi untuk mendorong perekonomian digital. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengestimasikan nilai transaksi ekonomi digital Indonesia akan mencapai US$124 miliar atau sekitar Rp1.775 triliun pada 2025.

Mencermati potensi itu, Transcosmos Indonesia (TCID), berpartisipasi mendukung pembekalan pebisnis UMKM dalam menerapkan strategi pemasaran digital. Perusahaan layanan bisnis digital ini berkerja sama komunitas Revolusi Lokal dan platform manajemen toko online all-in-one, Plugo Indonesia untuk menempa keterampilan UMKM mengembangkan pemasaran digital. "UMKM adalah sektor yang menggerakkan ekonomi Indonesia pada pandemi lalu. Kami percaya potensi tersebut masih dapat lebih dimaksimalkan, maka dari itu, kami berinisiatif membekali para UMKM dengan strategi pemasaran digital yang tepat, agar kontribusi mereka terhadap perekonomian nasional semakin besar. Jika UMKM berkembang pesat, ekonomi Indonesia akan kuat," kata Content Creator dan Founder Revolusi Lokal, Raymond Chin di Jakarta, baru-baru ini.

Para mentor yang dihadirkan dalam sesi 1 on 1 speed mentorship merupakan pakar digital marketing professional dari perusahaan layanan bisnis digital, transcosmos Indonesia (TCID), serta Direktur Plugo Indonesia, Izki Aldrin Iswarna, yang memberikan pembekalan kepada para pengusaha UMKM di bidang fashion dan beauty mengenai digital marketing.

Sedangkan UMKM yang dipilih merupakan hasil penyeleksian secara selektif oleh tim Revolusi lokal dengan berbagai kriteria yaitu; bisnis UMKM sudah berjalan selama 1 tahun, penghasilan UMKM stabil di kisaran Rp30 juta per bulan dan memiliki toko online aktif dalam 6 bulan terakhir. Pada proses seleksi, setidaknya terdapat 140 UMKM yang mendaftar, sebelum akhirnya dikurasi menjadi 20 UMKM. " Di era digital ini, digital marketing merupakan salah satu faktor penting dalam membantu meningkatkan bisnis bagi para pengusaha di berbagai sektor terutama UMKM. Melihat antusiasme dari para peserta, kami percaya para pelaku UMKM dapat terus meningkatkan omsetnya hingga menjadi perusahaan dengan skala yang lebih besar.” sebut Vice President Director Transcosmos Indonesia, Ardi Sudarto.

Pada sesi 1 on 1 speed mentorship, TCID menghadirkan 3 mentor yang kompeten di bidang pemasaran digital, antara lain Hamdoni, CX Operation Manager, Insan Kurnia sebagai Digital Ads Supervisor; serta Ekke Wulan yang merupakan Digital Ads Team Leader. Direktur Plugo Indonesia, Izki Aldrin Iswarna, mengatakan kegiatan ini sangat sejalan dengan komitmen Plugo untuk dapat membantu UMKM di Indonesia agar dapat meningkatkan bisnisnya melalui program komunitas Seller Juara. Selanjutnya, UMKM terpilih diberikan waktu masing-masing sekitar 5 menit untuk bertukar pikiran dengan setiap mentor terkait strategi dan implementasi pemasaran digital. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved