Marketing

Kolaborasi Bisnis Pertambangan Melonjak di Indonesia Miner 2024

Indonesia Miner 2024 dihadiri oleh lebih dari 1.500 delegasi dengan berbagai forum melakukan diskusi masalah pertambangan (Foto: dok Indonesia Miner)

swa.co.id, Jakarta- Indonesia Miner, platform konferensi dan pameran di Indonesia yang memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan komunitas pertambangan Indonesia dan internasional, telah berhasil menghelat Indonesia Miner 2024 di Jakarta pada 4-6 Juni 2024. Dimas Abdillah, Managing Director di Indonesia Miner, menyampaikan jumlah delegasi, pendukung acara, dan kolaborasi antar partisipan pada kegiatan di tahun ini semakin meningkat. "Kami berhasil menjadi platform yang mengumpulkan perusahaan pemilik situs tambang, penyedia jasa, dan institusi pemerintahan. Hal ini memastikan bahwa diskusi dan gagasan yang muncul di acara ini akan terus berlanjut dan akhirnya menjadi solusi sinergis dari berbagai pihak untuk mencapai kemajuan industri pertambangan,” ucap Dimas seperti dikutip pada Sabtu (15/6/2024).

Ajang pameran internasional ini dihadiri oleh lebih dari 1.500 delegasi dengan berbagai forum melakukan diskusi masalah pertambangan. Beberapa topik yang diangkat adalah Emas, Tembaga dan Mineral Lainnya, Nikel & Baterai EV (kendaraan listrik), serta Batubara & Transisi Energi.

Selain dari konferensi dan pameran, Indonesia Miner 2024 juga menghadirkan fitur-fitur diskusi mendalam seperti Workshop dan Miners Talk. Fitur Face of Indonesia Miner menjadi fitur menarik yang merayakan pencapaian figur-figur inspiratif di industri pertambangan.

Untuk memberikan wawasan mendalam dan berbagi pengalaman praktis di industri pertambangan, Indonesia Miner bekerja sama dengan sejumlah perusahaan besar pertambangan, seperti Thiess, Coolon, Metso, dan Nickel Industries. Perusahaan ini menjabarkan strategi, kontribusi pada praktik berkelanjutan, dan penggunaan teknologi yang inovatif.

Wedya Anindya Pratyaksa, Manager Technical Services Indonesia of Thiess, menyampaikan pihaknya membahas teknologi baru di operasional pertambangan menjadi lebih aman, efisien, dan berkelanjutan. Penggunaan teknologi ini bisa memenuhi kebutuhan mineral dan energi sekaligus mengurangi dampak lingkungan, sesuai dengan tujuan nol emisi karbon. Dengan pemahaman bersama tentang teknologi ini, diharapkan bisa menemukan solusi terbaik untuk tantangan di sektor pertambangan menuju keberlanjutan.

Sementara itu, Andrew Orkin, Product Development Manager of Coolon, mengatakan, teknologi seperti IoT (internet of things) di pertambangan modern tidak hanya membawa perubahan, tetapi juga membuka kolaborasi yang optimal di industri pertambangan.

Hannu Laitala, Chief Metallurgist-Hydrometallurgy di Metso Finland Oy menyampaikan akselerasi perkembangan industri baterai menjadi semakin penting di era energi terbarukan ini. "Kami melihat bahwa para delegasi Indonesia Miner juga menyadari potensi ini. Oleh karena itu, kami memperkenalkan inovasi alur proses pada solvent extraction yang kami percaya dapat membuka jalan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi," tuturnya.

Pada kesempatan ini, Muchtazar, Head of Sustainability di Nickel Industries Limited, mengatakan sinergi dan kolaborasi pelaku industri pertambangan akan memudahkan seluruh pihak menghadapi tantangan dan menemukan peluang untuk berkembang lebih jauh. " Indonesia Miner adalah salah satu wadahnya agar pelaku industri dapat berdiskusi, menyatukan visi, dan menciptakan solusi terbaik bersama,” ucapnya.

Berbagai inovasi yang dipresentasikan juga telah memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan industri ini. Harapannya semangat kerja sama dan momentum positif yang tercipta selama acara ini dapat terus berlanjut, dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi perkembangan industri pertambangan di Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved