Trends

Tips Memulai Investasi bagi Pasangan Muda atau Pengantin Baru

Ilsutrasi pasanga dan keluarga kecil. (dok Astra)

swa.co.id, Jakarta - Setelah menikah, pasangan muda harus melakukan berbagai penyesuaian terhadap kehidupan baru yang mereka jalani bersama. Selain itu, kebiasaan dan preferensi pengelolaan keuangan juga perlu disesuaikan. Data dari Databoks menunjukkan bahwa masalah finansial atau faktor ekonomi menjadi penyebab terbesar kedua angka perceraian di Indonesia sepanjang 2023.

Direktur PT Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW), Danica Adhitama, mengatakan bahwa perbedaan prinsip pengelolaan keuangan wajar terjadi di pasangan muda. Menata sistem pengelolaan keuangan keluarga serta membentuk komitmen untuk berinvestasi perlu menjadi salah satu topik yang dibahas segera.

Belajar mengelola keuangan dan menentukan tujuan investasi diperlukan untuk menghadapi kondisi ekonomi yang tidak selalu stabil. Oleh karena itu, penting bagi setiap pasangan muda atau pengantin baru untuk memiliki persiapan matang dalam menghadapi gejolak ekonomi. Semakin cepat penataan sistem keuangan dan investasi dilakukan, semakin mudah bagi pasangan untuk mengatasi masalah keuangan yang kompleks.

“Mengelola keuangan keluarga termasuk memulai untuk menabung dan berinvestasi dengan baik juga dapat berpengaruh pada kualitas hidup keluarga. Berdiskusi dan menyusun strategi keuangan untuk mencapai tujuan finansial bersama sangat penting dilakukan. Perlu memperhatikan beberapa hal dalam memulai investasi bagi pasangan muda, agar manfaat yang diterima dari investasi dapat memenuhi ekspektasi dan membantu dalam mencapai tujuan investasi itu sendiri,” ujar Danica, Sabtu (15/6/2024).

Berikut beberapa tips yang dapat menjadi perhatian pasangan muda atau pengantin baru dalam memulai investasi bersama:

1. Melakukan pembukuan keuangan

Melakukan pembukuan keuangan bersama pasangan sangat penting untuk memahami kondisi keuangan keluarga. Dengan demikian, pasangan dapat memperkirakan cash flow yang ada setiap bulan. Jika kondisi keuangan memerlukan penyesuaian, pasangan muda harus terbuka dan siap menerima masukan masing-masing. Melalui pencatatan yang disiplin, cash flow yang dimiliki dapat ditingkatkan dengan sebaik-baiknya.

2. Terbuka terhadap kondisi keuangan

Pasangan harus terbuka terhadap kondisi keuangan masing-masing, termasuk mengkomunikasikan pendapatan, aset, hutang, kebiasaan belanja, pandangannya terhadap investasi, hingga skor kredit yang dapat mempengaruhi proses pengajuan pinjaman di masa depan. Diskusi rutin terkait hal ini menjadi penting agar pasangan sama-sama mengetahui kondisi keuangan dan potensi kewajiban yang perlu diselesaikan.

3. Mengatur tujuan investasi

Diskusi bersama pasangan untuk menentukan skema serta tujuan investasi adalah salah satu cara untuk mencapai kesejahteraan yang diimpikan di masa datang. Investasi harus ditentukan berdasarkan besaran pendapatan yang dapat dialokasikan secara rutin. Termasuk memperhitungkan faktor risiko yang tepat untuk profil investasi masing-masing agar investasi memberikan manfaat yang optimal.

4. Melibatkan pihak ketiga dalam investasi

Berbagai instrumen investasi seperti saham, reksa dana, obligasi, dan deposito kini dapat mudah diakses melalui platform digital. Namun, sebagai langkah mitigasi risiko, perlu mempertimbangkan untuk melibatkan pihak ketiga yang ahli di bidangnya. Berkonsultasi melalui lembaga keuangan yang kredibel dan terpercaya seperti manajer investasi dan perbankan patut dijadikan pertimbangan. Dalam memilih manajer investasi, calon investor sebaiknya melihat rekam jejak dan pengalaman yang dimiliki dalam mengelola investasi untuk meminimalisir kerugian.

Dengan mengikuti tips ini, pasangan muda dapat membangun fondasi keuangan yang kuat dan mencapai tujuan finansial mereka bersama-sama. Langkah-langkah ini tidak hanya membantu dalam mengelola keuangan dengan lebih baik, tetapi juga memperkuat hubungan dan kerja sama dalam meraih kesejahteraan bersama. Semoga perjalanan finansial Anda dan pasangan selalu diliputi keberhasilan dan kebahagiaan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved