Technology

Paper.id Mengantongi Investasi Seri B

Jajaran Direksi Paper.id (Foto : Istimewa).

swa.co.id, Jakarta- Paper.id pada 2023 membukukan peningkatan TPV (Transaction Processed Value) sebanyak 30 kali lipat dibandingkan tahun 2021. Paper mengumumkan selesainya penggalangan dana Seri B yang dipimpin oleh Square Peg dengan partisipasi SMBC Asia Rising Fund dan Argor yang telah menjadi investor di putaran sebelumnya.

Manajemen Paper.id berencana untuk meningkatkan dan memperluas layanannya setelah memperoleh pendanaan Seri B ini. "Bagi pemilik bisnis, mengembangkan bisnis adalah perjalanan yang penuh tantangan dengan proses kelola pembayaran sebagai salah satu tantangan yang paling sulit," jelas Yosia Sugialam, CEO dan Co-Founder Paper.id seperti dikutip pada Minggu (16/6/2024).

Saat ini, Paper.di mengintegrasikan automasi dalam bentuk machine learning ataupun artificial intelligence (AI) ke dalam sistem pembayaran segmen business to bussines (B2B) untuk meningkatkan efisiensi. Paper.id juga berupaya untuk membuat layanan yang lebih komprehensif dengan mewujudkan cross-border payment yang dilengkapi dengan verifikasi bisnis yang kuat.

PT Global Jet Cargo (J&T Cargo) adalah salah satu pengguna Paper.id. J&T Cargo mempercayakan Paper.id sebagai platform untuk mengelola lebih dari 5.000 invoice setiap bulanannya. Fitur e-meterai di Paper.id mempercepat proses invoicing selama 15 menit dan memangkas biaya sebesar 80%.

Begitu juga Tunas Jaya Manggala, perusahaan F&B yang berfokus pada distribusi telur dan produksi kemasannya telah menggunakan Paper.id selama lebih dari empat tahun. Fitur-fitur Paper.id mempercepat proses invoicing dan invoice digital menghemat biaya hingga 90% apabila dibandingkan metode tradisional yang membutuhkan proses cetak, kirim dengan kurir, serta gaji karyawan.

Pembayaran digital dengan Paper.id memudahkan pembeli dan Tunas Jaya Manggala untuk membayar tagihan bisnis dengan kartu kredit. Metode ini memperpanjang durasi tempo pembayaran dan biaya transaksinya terjangkau. Hal ini membantu pelaku bisnis untuk menjaga arus kas yang sehat.

Paper.id, yang berdiri sejak 2017, ini berfokus membantu bisnis-bisnis di Indonesia mengelola piutang dan utang pada platform invoicing dan pembayarannya. Platform ini mempermudah proses pembuatan invoice, rekonsiliasi otomatis, dan pencocokan dokumen yang akurat. Paper.id memfasilitasi berbagai metode pembayaran, termasuk pembayaran bisnis dengan kartu kredit yang memungkinkan perpanjangan tempo. Hingga hari ini, perusahaan penyedia platform bisnis dan invoice membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebanyak 600 ribu unit di Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved