Management

Ini Rencana Endeavor Indonesia Mengakselerasi Ekosistem Kewirausahaan dan Startup

Foto : Istimewa

swa.co.id, Jakarta - Endeavor Indonesia menunjuk dua Board Member, yakni Jefrey Joe dari Alpha JWC Ventures dan Nick Nash dari Asia Partners sebagai Co-Chairman Endeavor Indonesia. Mereka memiliki segudang pengalaman sebagai pengusaha dan pendiri private equity terkemuka. Jefrey dan Nick berancang-ancang mendorong pertumbuhan ekosistem kewirausahaan yang berdampak tinggi di masa mendatang.

Arif P. Rachmat, Chairman Endeavor Indonesia periode 2020-2024, menjelaskan Endeavor Indonesia selama 12 tahun terakhir ini berperan mempercepat kesuksesan para high-impact entrepreneur dan mendorong ekosistem kewirausahaan agar semakin berkembang pesat di negara ini.

“Pesatnya pertumbuhan Endeavor Entrepreneur juga senantiasa mampu membawa dampak lebih besar dalam industri maupun ekosistem kewirausahaan di Indonesia. Kini, saya ingin menyerahkan tongkat estafet pada dua orang yang sudah sangat dekat dengan Endeavor Indonesia, Jefrey dan Nick. Lewat peran barunyatersebut, saya percaya akan semakin mendorong perubahan positif bagi ekosistem kewirausahaan di Indonesia,” tutur Arif di Jakarta, baru-baru ini.

Nick berperan strategis di SEA Group sebagai Group President yang berhasil memimpin IPO bersejarah di Bursa Efek New York pada 2017. Kini, ia menjadi Co-Founder sekaligus Managing Partner dari Asia Partners, perusahaan ekuitas swasta yang berfokus pada investasi di perusahaan teknologi dan internet di Asia Tenggara. Dia mahir megidentifikasi dan menangkap peluang bisnis di lanskap kewirausahaan di Asia Tenggara. Nick bersiap untuk memperluas jangkauan Endeavor Entrepreneur ke wilayah Singapura lewat jabatan terbarunya di Endeavor Indonesia.

Senada dengan Nick, Jefrey sangat piawai dalam dunia wirausaha karena pengalaman luasnya dalam dalam strategi, teknologi, kewirausahaan, dan operasional. Kini, Jefrey menjadi General Partner di Alpha JWC. Ia telah lama terlibat sebagai board member di beberapa perusahaan yang terafiliasi dengan komunitas non-profit ini, termasuk Kredivo, VIDA, dan Kopi Kenangan. Peran barunya sebagai Co-Chairman Endeavor Indonesia diharapkan meningkatkan visibilitas dan memperluas komunitas wirausaha.

Nick mengapresiasi perannya untuk mengembangkan ekosistem kewirausahaan, khususnya sektor teknologi di Asia Tenggara, yang mencatatkan pertumbuhan signifikan. Pertumbuhan ini sebagian didorong oleh peluang dan kompleksitas unik di wilayah tersebut yang mampu memberikan keuntungan bagi platform lokal untuk semakin berkembang. Tentu butuh jalan yang panjang untuk bisa tumbuh berkelanjutan.

”Endeavor Indonesia memainkan peran penting dalam pengembangan tersebut. Lewat hadirnya wirausaha berpengaruh tinggi, jaringan mentor global, hingga hubungan ke investor yang luas, kami percaya mampu mempercepat visi ini. Saya bersama Jefrey, akan menciptakan berbagai capaian baru dan terus mendorong komunitas ini lebih maju,” ucap Nick.

Senada, Jefrey mengungkapkan kebahagiaannya untuk menjadi Co-Chairman Endeavor Indonesia, “Saya melihat Endeavor Indonesia menjadi satu-satunya komunitas wirausaha yang saling percaya dan benar-benar mendukung satu sama lain hingga ingin tumbuh berkembang bersama, terus meningkatkan visibilitas hingga memperluas dampak lebih jauh lagi. Dengan begitu, para high-impactentrepreneur bisa berani bermimpi lebih besar, berupaya meningkatkan skalanya lebih cepat, dan berkomitmen untuk mewujudkannya,” tutur Jefrey.

Endeavor Indonesia telah berkontribusi pada pertumbuhan wirausaha di Indonesia. Hingga saat ini, sudah ada 98 Endeavor Entrepreneur dari 68 perusahaan yang terdaftar. Tahun ini pula, Endeavor Indonesia menambahkan satu jaringan baru berupa Endeavor Ambassador. Endeavor Indonesia Ambassador adalah sekelompok pengusaha terkemuka, investor, dan pemimpin bisnis yang siap mempromosikan misi Endeavor Indonesia dengan cara mendukung generasi pengusaha berdampak tinggi berikutnya.

Beberapa Endeavor Ambassador yang terdaftar antara lain Achmad Zaky (Founding Partner Init6), Chandy Kusuma ( Executive Director and Group CEO FKS Group), Edward Tirtanata (Co-Founder and Group CEO Kenangan Brands, Fajrin Rasyid (Director of Digital Business Telkom Indonesia), Gita Sjahrir (Head of Investment BNI Ventures), Noni Purnomo (President Commissioner Bluebird Group), Patrick Yip ( Founding Partner Intudo Ventures), Rachmat Harsono (Presiden Direktur dan CEO PT Samator Indo Gas Tbk), Ryu Suliawan (VP of Digital Ayana Hospitality, hingga Vince Iswara (CEO & Co-Founder Dana Indonesia).

Endeavor Ambassador di Indonesia sekaligus yang pertama ada di Asia. Mereka diharapkan memberikan efek berganda untuk menyokong ekosistem startup menjadi lebih kuat hingga menciptakan perusahan startup generasi berikutnya yang bereputasi, berkelanjutan, dan berkembang pesat. Endeavor Ambassador ini akan membawa banyak pengetahuan dan pemahaman komprehensif tentang lanskap kewirausahaan. Lewat perannya, mereka siap menginspirasi pengusaha dari berbagai sektor agar dapat mengatasi tantangan dan mencapai potensi terbaik.

Sebagai bagian dari Endeavor Global, Endeavor Indonesia adalah komunitas global bagi para entrepreneur yang membantu mereka mengatasi tantangan dalam mengembangkan (scale-up) usaha. Lewat jaringan yang kuat antara para pengusaha, mentor, dan pemimpin industri, Endeavor Indonesia terus membina para high-impact entrepreneur yang senantiasa memiliki ide inovatif, enciptakan peluang kerja, serta memberikan dampak sosial yang mendalam dengan meningkatkan standar hidup komunitas. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved