Personal Finance

Beli Saham PANR, Juragan Travel Gelontorkan Dana Rp2,81 Miliar

Budijanto Tirtawisata, Bos PANR. (Foto : Istimewa).

swa.co.id, Jakarta- Budijanto Tirtawisata, Direktur Utama PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR), membelanjakan dana senilai Rp2,81 miliar untuk membeli saham PANR sebanyak 7 juta unit di harga Rp402/saham pada 14 Juni 2024. "Tujuan dari transaksi untuk investasi," ujar Budijanto pada keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia yang dikutip pada Minggu (16/6/2024).

Budijanto menjabarkan jumlah kepemilikan saham naik menjadi 95.218.700 dari sebelumnya yang sebanyak 88.218.700 lembar. Dengan demikian, jumlah kepemilikan saham Budijanto di saham PANR ini naik sebesar 7,93% pasca pembelian di 14 Juni 2024 itu.

Sebelumnya, Budijanto pada 29 Mei 2024 membeli saham PANR sebanyak 1,5 juta unit pada harga Rp400/saham. Dengan demikian, Budijanto menguras dana senilai Rp600 juta agar bisa mengempit saham PANR ini di periode tersebut. Panorama Sentrawisata didirikan pada tahun 1995Perseroan memiliki anak usaha, antara lain PT WEHA Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) dan PT Destinasi Tirta Nusantara Tbk (PDES). Harga saham PANR pada awal tahun hingga 14 Juni 2024 turun sebesar 26,35% atau menjadi Rp398.

Panorama Sentrawisata menargetkan kinerja finansial di 2024 naik 30% dari tahun sebelumnya. Perseroan pada tahun ini fokus untuk melakukan normalisasi bisnis dan mengikuti berbagai pameran pariwisata di luar negeri dan dalam negeri serta melakukan kunjungan sales mission ke berbagai negara.

Pada awal tahun ini, Panorama mengikuti beragam pameran pariwisata di Indonesia dan di luar negeri dengan fokus pada 2 pasar utama yaitu Inbound yang menangani wisatawan mancanegara dan Travel & Leisure yang menangani pasar domestik. Pameran di luar negeri dilakukan untuk menggaet wisman yang ingin berlibur ke Indonesia, Thailand, dan Malaysia melalui pameran business to business (B2B), antara lain Internationale Tourismus Borse Berlin 2024 (ITB Berlin) di Jerman, Outbound Travel Mart 2024 di India, The International Travel & Hospitality Show 2024 di Rusia, dan ASEAN Tourism Forum 2024 di Laos.

Selain itu, Panorama melakukan sales visit ke beberapa negara, seperti Eropa dan Indo-China. Sedangkan pameran di dalam negeri dilakukan untuk menggaet wisatawan nusantara atau wisatawan nasional ke beragam destinasi dunia. Kegiatan pameran business to consumer (B2C) ini ada di Jakarta dan beberapa shopping mall dengan menggandeng pihak perbankan, airlines, atau cruises.

Perseroan juga telah menyiapkan paket-paket wisata khusus libur lebaran seperti tour ke Turki yang mana wisatawan dapat melaksanakan sholat tarawih dan sholat ied di Masjid Hagia Sophia, tour keliling Eropa dan paket cruise agar wisatawan dapat merasakan pengalaman berlayar langsung dari Jakarta mengelilingi Malaysia dan Singapura. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved