Trends

Penumpang Kereta Cepat Whoosh Diestimasikan Naik 20% di Libur Panjang Idul Adha

Foto : KCIC.

swa.co.id, Jakarta- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengoperasikan 48 perjalanan Kereta Cepat Whoosh dengan 28.848 kursi di setiap harinya. Pada momen libur panjang sejak Jumat pekan lalu hingga Selasa pekan ini terdapat 240 perjalanan kereta dengan ketersediaan tempat duduk sekitar 140 ribu. Penumpang bisa mendapatkan tiket Kereta Cepat Whoosh melalui kanal resmi seperti aplikasi Whoosh, situs resmi, loket stasiun, ticket vending machine hingga aplikasi mitra seperti KAI Access, Livin Mandiri, Brimo hingga BNI Mobile.

Pada libur panjang Idul Adha di 15-18 Juni 2024, penumpang Kereta Cepat Whoosh mulai mengalami peningkatan. Pada Jumat, 14 Juni 2024, sejumlah kereta khususnya untuk keberangkatan sore hingga kereta terakhir pukul 20.30 WIB, okupansinya sudah berkisar di 75 -85%. Diprediksi penumpang dapat mencapai lebih dari 18 ribu.

Eva Chairunisa, GM Corporate Secretary KCIC, memprediksi jumlah penumpang akan mencapai 18 ribu penumpang per hari atau meningkat sekitar 20% jika dibandingkan dengan hari-hari biasa yang melayani 15-16 ribu penumpang per hari. “Animo masyarakat untuk menggunakan Whoosh semakin hari semakin baik. Hal ini tercermin dari terus meningkatnya rata-rata jumlah penumpang Whoosh per harinya,” ujar Eva di Jakarta pada akhir pekan lalu.

Peningkatan penumpang juga mulai terlihat untuk keberangkatan Sabtu, 15 Juni 2024 dari Stasiun Halim. Mulai jadwal keberangkatan pukul 06.40 hingga 15.35, rata-rata okupansi di setiap perjalanan mencapai 70-90%. Sebagai bentuk peningkatan layanan kepada penumpang dalam long weekend Idul Adha, KCIC juga akan menempatkan customer service mobile tambahan untuk memberikan informasi dan bantuan di tengah peningkatan jumlah penumpang .

Jumlah total petugas layanan sebanyak 45 orang di setiap stasiun. Selain itu untuk memastikan keamanan di stasiun dan jalur trase, KCIC juga menempatkan hingga 550 petugas pengamanan per hari. Disamping itu, dari segi fasilitas, terdapat penambahan tenan food and beverage di Stasiun Halim, Padalarang ataupun Tegalluar. Penambahan tenant ini diharapkan bisa menambah kenyamanan penumpang kala menunggu jadwal keberangkatan. Eva, pada pernyataan tertulisnya itu, menyebutkan KCIC berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik pada penumpang. “Evaluasi dan inovasi layanan terus kami lakukan agar kepuasan penumpang terus meningkat,” pungkas Eva.(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved