CSR Corner

Suzuki dan Warga Mengumpulkan Sampah 120 kg di Bunaken

swa.co.id, Jakarta- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjalankan program Clean Up The World yang ke-12. Kegiatan ini bagian dari corporate social responsibility (CSR) dan menyelenggarakan aksi bersih-bersih pantai di kawasan Pantai Dermaga di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara. Suzuki mengedukasi masyarakat lokal mengenai sampah plastik serta cara melestarikan wilayah pantai dan perairan di Bunaken. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengumpulkan sampah di pantai dengan luas 4.000 m2 selama satu jam. Hasil dari kegiatan ini, Suzuki mencatatkan pengumpulan sampah dari pantai dan wilayah sekitarnya lebih dari 120 kg yang terdiri dari plastik, tali, styrofoam, botol, karet, dan lainnya.

Suzuki bersama 120 siswa-siswi SD/SMP berpartisipasi aktik mendukung industri maritim Indonesia dan peningkatan pariwisata di Pulau Bunaken.

Aceng Ulumudin, Suzuki Marine Departmen Head di SIS, mengatakan Clean Up The World menjadi salah satu kegiatan positif yang dilakukan Suzuki bersama masyarakat setempat. Seiring dengan berkembangnya industri maritim dan pariwisata perairan di wilayah Sulawesi Utara, sekaligus sebagai salah satu pasar OBM Suzuki yang besar, kami melihat perlunya Suzuki untuk turut terlibat dalam meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga ekosistem perairannya, yang dapat dimulai dari kebersihan pantai. Besar harapan kami kebiasaan baik dan edukasi yang dibangun lewat program Clean Up The World ini dapat terus dilestarikan oleh masyarakat setempat,” ujar Aceng pada keterangannya yang dikutip Selasa (18/6/2024)..

Sebanyak 160 orang berpartisipasi pada kegiatan ini, mulai dari Presiden Direktur Suzuki Indonesia, beserta dengan General Manager Strategic Planning, Departemen Marine, Divisi Marine dari Suzuki Motor Corporation (SMC), pemilik dealer Suzuki Marine dari seluruh Indonesia, pemerintah setempat, serta 120 siswa dari SDN 01 Bunaken dan SMPN 12 Bunaken disertai dengan guru pendamping.

Selanjutnya, Suzuki mengajak masyarakat untuk menyaksikan proses sortir sampahS. eluruh sampah yang terkumpul dipilah menjadi dua kategori yaitu sampah kering, yang nantinya akan disortir dan diangkut ke fasilitas pengolahan di Pulau Bunaken untuk di proses pressing dan packing. Kemudian, sampah ini dibawa ke pusat pengolahan sampah di Kota Manado. Sampah basah ini dibakar di fasilitas khusus di Pulau Bunaken. Kegiatan ini mendonasikan tempat sampah sebanyak 100 unit yang berukuran 30 liter. Rangkaian kegiatan ditutup makan siang bersama menggunakan perkakas makan yang ramah lingkungan.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini berlangsung di area Dermaga Bunaken yang merupakan bagian dari Ecotourism Village dan baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo di 2023. Destinasi wisata ini menyambut para turis yang datang ke Pulau Bunaken. Tren pariwisata di Sulawesi Utara, termasuk Bunaken, kian naik daun pasca pandemi. Melihat potensi ini, Suzuki berinisiatif untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat agar dapat menjaga lingkungan, khususnya untuk wilayah perairan yang mendominasi sebagian besar wilayah disana.

Suzuki berharap dapat membawa dampak positif bagi lingkungan serta menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk selalu menjaga ekosistem wilayah perairan. Kami berterima kasih untuk setiap pihak yang mendukung kegiatan sosial Suzuki Clean Up The World. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat membawa dampak baik bagi lingkungan di masa kini dan masa mendatang. Kami juga berharap semakin banyak masyarakat yang peduli dan mengerti cara untuk menjaga kelestarian alam perairan tempat tinggalnya,” tambah Aceng.

Clean Up The World merupakan program tanggung jawab sosial yang serempak dilakukan oleh Suzuki di seluruh dunia. Hingga akhir tahun 2023, program ini telah melibatkan 3,995 partisipan dari 61 negara di benua Afrika, Amerika, Asia, Eropa, dan Oceania. Di Indonesia sendiri, program ini telah berjalan selama 11 tahun, menjangkau 12 pantai, dan ribuan masyarakat Indonesia yang berasal dari kalangan pelajar SD/SMP/SMA, guru, hingga pemerintah setempat. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved