Trends

Ini Faktor Pendukung BCA Dinobatkan Bank Terbaik di Indonesia

Foto : BCA.

Meraih predikat sebagai Bank Terbaik di Indonesia yang ditetapkan oleh Forbes, Bank Central Asia Tbk (BCA) membuktikan komitmennya dalam menjaga kepercayaan dan menyediakan solusi finansial terbaik bagi para nasabah. Apresiasi ini diberikan dalam ajang World Best Bank yang diselenggarakan oleh Forbes bekerja sama dengan lembaga survei Statista.

Forbes menggunakan metodologi berupa rekomendasi dan kepuasan dari 49.000 nasabah di 33 negara berbeda, terutama pada lima aspek, antara lain kepercayaan (trust), syarat dan ketentuan (terms and conditions), layanan pelanggan (customer services), layanan digital (digital services), dan kualitas rencana pengelolaan keuangan (financial advice).

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, menyatakan penghargaan ini didedikasikan kepada nasabah BCA karena berkat dukungan dan kepercayaan maka BCA mampu terus berinovasi, meningkatkan kinerja perusahaan, serta memberikan pelayanan yang berkualitas. “Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholders dan kerja keras Insan BCA di penjuru negeri,” ujar Jahja pada siaran pers di Jakarta, Senin (17/6/2024).

Foto : BCA.

BCA melakukan investasi secara berkesinambungan untuk memperkuat ekosistem hybrid banking, dari kanal mobile dan internet banking, point of sales, kantor cabang, ATM, hingga contact center. Investasi strategis ini dilakukan untuk memberikan layanan berkualitas bagi beragam jenis segmen dan kebutuhan nasabah.

Seluruh upaya ini mendorong total volume transaksi yang diproses BCA pada kuartal I tahun ini naik sebesar 20,8% atau mencapai 8,3 miliar secara tahunan (year on year). Khusus di kanal digital, volume transaksi mobile banking dan internet banking BCA mencapai Rp7,2 miliar, naik 23,5% di periode tersebut.

Selain terus mempertajam fitur aplikasi BCA mobile dan internet banking (KlikBCA), BCA juga memiliki inisiatif digital lainnya seperti aplikasi myBCA sebagai tonggak pengembangan aplikasi pelayanan terintegrasi di masa depan. Dengan aplikasi myBCA, nasabah hanya memerlukan single user ID (BCA ID) untuk dapat mengakses seluruh informasi rekening yang dimilikinya di BCA, mulai dari tabungan, deposito, investasi, kartu kredit, kredit konsumer, hingga reward BCA.

Sejak diluncurkan pada 2021, BCA terus menambahkan sejumlah fitur di myBCA untuk meningkatkan kenyamanan bertransaksi nasabah, di antaranya kontrol kartu debit dan kredit, login biometrik, kemudahan berinvestasi melalui fitur Welma, catatan finansial dan notifikasi transaksi, QRIS Customer Presented Mode, pembayaran pajak kendaraan dan listrik, fitur transaksi QRIS Transfer, mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan BCA, hingga Paylater BCA.

Selain layanan digital, BCA menilai kehadiran kantor cabang masih berperan penting untuk memberikan pelayanan kepada nasabah. Tidak seluruh transaksi dapat digantikan sepenuhnya dengan digital, sehingga petugas frontliners, baik yang melayani transaksi hingga satpam, terus dikembangkan untuk memberikan layanan yang paling optimal untuk nasabah.

Hingga akhir Maret 2024, BCA memiliki 1.258 kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dari jumlah tersebut, lebih dari 80% di antaranya telah menerapkan inovasi perangkat dan aplikasi pendukung digital. Transformasi cabang BCA menjadi cabang digital telah dilakukan sejak 2018, mesin dan aplikasi digital dapat digunakan oleh nasabah secara mandiri dan didukung dengan teknologi terkini.

“Dengan penghargaan ini, kami akan terus termotivasi untuk memberikan layanan perbankan yang unggul dan relevan. Inovasi adalah kunci untuk menjawab tantangan masa depan, maka dari itu kami berkomitmen untuk selalu berada di garis depan dalam menyediakan solusi finansial terbaik bagi seluruh masyarakat,” tutur Jahja. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved