Trends

Pacu Penjualan Dua Digit, ERAL Mengembangkan Segmen Bisnis Active dan Lifestyle

Pembukaan Gerai MST Golf Summarecon Mall Serpong. (Foto : ERAL).

swa.co.id, Jakarta- PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) memproyeksikan kinerja finansial pada 2024 tumbuh pada rentang 15% hingga 20%. Perseroan di tahun mengembangkan segmen bisnis pada kategori Active dan Lifestyle, Hal ini disampaikan Djohan Sutanto, Direktur Utama ERAL, pada paparan publik di Jakarta pada Rabu pekan lalu. “Namun kami tidak melupakan kategori Smart, karena kategori Smart merupakan salah satu kontribusi utama terhadap bisnis ERAL pada saat ini,” ujar Djohan seperti ditulis pada Selasa (18/6/2024).

ERAL pada kuartal I/2024 membukukan penjualan Rp1,09 triliun atau melonjak sebesar 21% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Laba bersih perseroan senilai Rp41 miliar. Kenaikan penjualan ini sejalan dengan penambahan jaringan ritel menjadi 129 toko pada akhir Maret 2024. “Kami masih optimistis bahwa kondisi ini masih bertahan sampai dengan akhir tahun 2024. Bila tidak ada sesuatu yang bersifat major maka ekspektasi kami, yang terjadi pada kuartal pertama itu merupakan cerminan yang kami bisa bawa sampai dengan akhir tahun 2024,” ucap Djohan .

Penjualan ERAL di Januari-Maret tahun ini didorong oleh penjualan produk di segmen Active & Lifestyle. “Dan tentunya, private label juga merupakan salah satu yang menjadi titik tumpu bagi ERAL untuk pertumbuhan bisnis di kuartal pertama dan tahun ini. Itu adalah beberapa kategori bisnis yang kami yakini menjadi tumpuan saat ini dan akan menjadi tumpuan di masa mendatang,” tutur Djohan.

Perseroan terus menangkap peluang bisnis seperti ekosistem IoT, aksesoris dan gaya hidup melalui dukungan kepada komunitas gaya hidup untuk tumbuh dan berkembang bersama, salah satunya menggelar aktivitas seperti URMazing Run. Djohan mengatakan realisasi pembukaan toko per Mei 2024 sudah mencapai 16 unit. Sebagian besar gerai yang dibuka itu merupakan toko pada kategori Smart dan Lifestyle.

Per Maret lalu, Andre Tanudjaja, Direktur ERAL, mengatakan dari semua kategori yang ada, pertumbuhan paling pesat dapat dilihat dari beberapa produk perseroan, seperti Garmin dan DJI. “Kemudian, kami sedang dalam tahap mengembangkan produk-produk yang dari kategori Smart yaitu audio yang juga sedang berkembang dengan pesat. Dari sisi Lifestyle, ada ASICS dan JDsport yang memiliki perkembangan yang baik,” imbuh Andre.

Djohan menyampaikan perseroan berpeluang untuk berambisi meningkatkan bisnis pada kategori Active & Lifestyle lebih agresif dan menjangkau masyarakat lebih luas melalui pembukaan toko-toko ritel di masa mendatang. “Ke depannya, kami dapat berkompetisi dengan baik dan sehat, meskipun kami tahu secara market masih punya banyak peluang,” ungkap Djohan. Harga saham ERAL pada 14 Juni 2024 (year to date) masih tertekan lantaran terkoreksi sebesar 35,22% atau menjadi Rp206. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved