Management

Pabrik Moorlife Milik Hermanto Tanoko Menyedot Investasi Rp20 Miliar

Direktur Marketing Moorlife Indonesia, Nurlaila Hidayaty (Foto: Eva Martha Rahayu/SWA).

swa.co.id, Tangerang - Moorlife, brand premium plasticware asli Indonesia, semakin agresif berekspansi seiring peresmian pabrik kedua di Nganjuk, Jawa Timur. Pabrik ini seluas 10 hektare dan berkapasitas produksi puluhan ribu ton per bulan. Pabrik terbaru Moorlife menyedot dana senilai Rp20 miliar (di luar tanah) dan luasnya tiga kali lipat jika dibandingkan luas pabrik Moorlife di Buduran, Sidoarjo, yang seluas 3 hektare.

Direktur Marketing Moorlife Indonesia, Nurlaila Hidayaty, menjelaskan pabrik baru Moorlife itu dibangun secara bertahap. Pada tahap pertama dilakukan pembangunan seluas 3 hektare. Selanjutnya, pembangunan dilanjutkan pada tahap kedua dan ketiga. Kehadiran pabrik baru ini mampu mendongkrak penjualan perusahaan sekitar 20%. Sebab, ketersediaan produk Moorlife kian bertambah dari pabrik tersebut.

Total produksi dari pabrik Sidoarjo dan Nganjuk diklaim Nurlaila mampu memenuhi kebutuhan pasar domestik 50% dan ekspor 50%. Untuk pasar ekspor, Moorlife mengapalkan produknya di Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina dan Singapura. “Kami juga sedang menjajaki pasar Afrika Selatan dan Turki. Kami dibantu Atase Perdagangan di kedua negara tersebut untuk mengikuti pameran dan respons pasar sangat bagus,” ungkap Nurlaila kepada swa.co.id. di sela-sela kegiatan Berbagi 5.000 Daging Qurban dalam Kotak Makan Moorlife ke Seluruh Indonesia di Galeri Moorlife, Tangerang, Banten pada Senin, (17/6/2024).

Untuk produk yang best seller, menurut Nurlaila beragam. Dia mencontohkan di Turki, konsumen lebih menyukai wadah makanan atau minuman yang besar – besar, seperti tempat nasi, toples, mangkuk sayur, termos. Di Singapura, Filipina dan Malaysia laku keras produk lunch set dan botol minuman.

Jika selama ini sistem penjualan Moorlife dengan metode membership, maka di sistem penjualan di beberapa negara itu menerapkan sistem penjualan ritel. Contohnya, Brunei Darussalam. “Sedangkan di Filipina, sama dengan Indonesia melalui sistem membership,” tuturnya seraya menyebut cara membership efektif di Indonesia dengan belanja produk Moorlife senilai Rp600 ribu otomatis sudah masuk daftar anggota. Saat ini, jumlah anggota Moorlife sebanyak 50 ribu member dan mayoritas atau 90% dari jumlah ini adalah kaum perempuan. "Tujuan Moorlife adalah memberdayakan wanita Indonesia agar mandiri, punya penghasilan sendiri dan berkarier. Bagi yang berprestasi, kami juga menyediakan reward berupa hadiah umroh atau jalan-jalan di dalam dan luar negeri, seperti Bali atau Spanyol,” ucapnya.

Setelah kuat menggarap segmen di kalangan perempuan, Moorlife memperluas segemn anak-anak muda. Untuk itu, akan diluncurkan brand bernama Moorlife Next G. Lantaran golongan milenial ini menyukai warna yang kalem dan netral, maka edissi perdana Next G adalah warna hitam atau Black Series. Sistem keanggotaanya dengan cara referral online melalui platform aplikasi.

Moorlife roadshow ke kampus-kampus serta memanfaatkan media sosial dan menggandeng influencer demi mencapai target menggaet generasi milenial 1.000 orang yang bergabung dengan Moorlife Next G di tahun ini. Target ini sejalan dengan program perusahaan untuk mencetak 1 Juta Entrepreneur.

Bisnis Hermanto Tanoko

Moorlife adalah satu bisnis unit dari TanCorp yang berada di bawah naungan PT Creative Mega Network Internasional Indonesia dan fokus memproduksi serta memasarkan produk food and beverage packaging kualitas premium yang sudah berdiri sejak 2013. Hermanto Tanoko dan kakaknya, Wijono Tanoko, mengendalikan Tancorp. Group. Hermanto adalah crazy rich asal Surabaya yang dinobatkan oleh Forbes Real Time Billionaires sebagai orang ke-14 terkaya di Indonesia (tahun 2023) dengan kekayaan berkisar US$2 miliar atau setara Rp30,70 triliun.

Tanoko bersaudara ini merupakan anak dari Soetikno Tanoko, yang mendirikan Avia Avian pada tahun 1978. Keluarga Tanoko memiliki bisnis yang menggurita, salah satunya produsen cat terbesar kedua di Indonesia, yaitu PT Avia Avian Tbk (AVIA). Ada juga Moorlife Indonesia dan Cleo, produk air minum dalam kemasan di bawah PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO).

Hermanto juga berbisnis properti melaui PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. (RISE), perusahaan keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK), perusahaan ritel bahan bangunan PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO), perusahaan ritel busana PT Mega Perintis Tbk (Zone), hingga distributor produk farmasi PT Penta Valent Tbk (PEVE).

Sebagai perusahaan direct selling di Indonesia, Moorlife memasarkan produk-produk premium food and beverage packaging asli karya putra-putri bangsa Indonesia, berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia menjadi lebih bahagia, sehat dan sukses. Produknya berbahan plastik premium yang aman dan ramah lingkungan (100% Food Grade dan BPA Free), Moorlife terus berkembang untuk menciptakan produk dengan bahan berkualitas dan sehat untuk digunakan oleh masyarakat Indonesia. Penggunaan Moorlife juga bisa menjadi salah satu tindakan untuk mendukung gerakan go green dengan mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai serta mendorong masyarakat untuk memulai kebiasaan hidup sehat demi masa depan yang lebih baik.

Moorlife Bagikan Daging Hewan Kurban

Kegiatan "Berbagi 5.000 Daging Qurban dalam Kotak Makan Moorlife ke Seluruh Indonesia" (Foto: Eva/Swa)

Moorlife membagikan 5.000 daging kurban yang dikemas dalam rangkaian acara bertajuk Berbagi 5.000 Daging Qurban dalam Kotak Makan Moorlife ke Seluruh Indonesia yang diresmikan langsung oleh Nurlaila di Moorlife Gallery Serpong pada Senin kemarin. Acara tahunan yang sidah berlangsung tiga kali ini merupakan salah satu bentuk komitmen Moorlife dalam terus mendukung dan merayakan momen Iduladha.

Moorlife dan para member-nya berkolaborasi serta mendistribusikan daging hewan kurban ke 5.000 warga di seluruh Indonesia. Setiap warga mendapatkan daging dalam kotak makan Moorlife yang berbahan premium dan aman untuk menyimpan makanan. “ Di tahun 2023 lalu, Moorlife membagikan 3.000 penerima daging kurban, dan tahun ini bertambah 2.000 sehingga naik menjadi 5.000 paket daging kurban yang dikemas dalam wadah Moorlife. Hal ini dilakukan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat dari produk Moorlife,” jelas Nurlaila.

Pembagian daging kurban serentak dilakukan di 34 titik seluruh Indonesia. Acara ini menjadi bagian dari Gerakan 1,1 Juta Kotak Makan yang diluncurkan Moorlife pada Mei 2024 lalu. Inisiatif ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia menjalankan gaya hidup yang lebih sehat dimulai dari asupan makanan yang bergizi. “Kegiatan ini tidak lepas dari gerakan 1,1 juta kotak makan, kami bagikan daging mentah dan matang dalam kotak makan Moorlife yang tebal dan aman untuk menyimpan bahan makanan. Tentunya Moorlife sudah menyiapkan banyak kegiatan serupa yang akan kami jalankan ke depannya,” ungkap Nurlaila.

Tidak hanya berbagi daging dalam kotak makan Moorlife, warga yang menghadiri kegiatan ini bisa menukarkan kotak makan dengan kotak makan Moorlife yang baru melalui program trade-in. Moorlife juga membagikan voucher diskon produk Moorlife kepada pengunjung. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved