Capital Market & Investment

Elang Mahkota (EMTK) Pertimbangkan IPO Untuk RANS Entertainment dan Vidio

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. (Foto : Istimewa).

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atau Emtek mempertimbangkan rencana pencatatan saham perdana (IPO) RANS Entertainment. “Terdapat rencana untuk IPO RANS Entertainment yang sedang disiapkan pembenahan dan ekspansi usahanya,” ujar Sutanto Hartono yang dikutip pada risalah paparan publik Emtek di Jakarta, Kamis (19/6/2024).

Perseroan beraharap live commerce, social media advertising, dan produksi konten animasi lainnya dapat menjadi multiple growth revenue generator dari RANS Entertainment. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mendirikan RANS Entertainment.

Berikutnya, Emtek menjajaki IPO anak usahanya, Superbank pada masa mendatang. Walau demikian, manajemen Emtek mengindikasikan IPO anak usahanya ini tidak direalisasikan pada jangka pendek ini. “Untuk Superbank karena akan launching dalam waktu dekat ini, masih terlalu dini untuk membahas IPO namun tidak menutup kemungkinan di masa depan dengan mempertimbangkan partner joint venture kami,” ucapnya.

Selanjutnya, perseroan mempersiapkan penggalangan dana fundraising untuk Vidio. Saat ini, manajemen Emtek menilai Vidio sudah siap untuk melakukan IPO.Pada tahun ini, Emtek menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp700 miliar. Pada kuartal I/2024, dana capex ini telah digunakan sekitar Rp200 miliar terutama untuk segmen bisnis Media dan Kesehatan.

Perihal bisnis di tahun ini, perseroan berharap beberapa faktor dapat menunjang pertumbuhan pendapatan, terutama pada segmen Media yang telah mencatatkan pertumbuhan finansial dua digit di Januari-Maret 2024, walau industri periklanan secara global di tahun lalu itu mengalami penurunan akibat siklus ekonomi dan penurunan daya beli. Tahun ini, kondisinya berangsur pulih.

Pada segmen Kesehatan, perseroan berekspansi dan membeli peralatan medis yang lebih canggih pada Rumah Sakit EMC. Hal ini diharapakan menunjang pertumbuhan pendapatan Emtek. Selain itu, Emtek telah mengakuisisi PT Cardig Aero Services Tbk (CASS). (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved