Technology

Keamanan Ekosistem Digital Harus Diperkuat

swa.co.id, Jakarta-Sektor digital Indonesia sedang mengalami kemajuan pesat tetapi agar pertumbuhan ekonomi dan manfaat sosialnya dapat dicapai, diperlukan lingkungan digital yang mudah diakses, aman dan mendukung inovasi serta kewirausahaan. Muhammad Nidhal, Peneliti Muda Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menyarankan kebijakan yang inovatif untuk mengatasi tantangan-tantangan yang menghambat Indonesia untuk dapat sepenuhnya memanfaatkan potensi sektor digitalnya. "Pendekatan inovatif dan peraturan yang mendukung akan diperlukan untuk mempersempit jurang digital antar daerah, membangun keterampilan digital yang diperlukan, dan meningkatkan investasi sektor digital sehingga memastikan tidak ada yang tertinggal dalam agenda transformasi digital," ujar Nidhal dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (19/6/2024).

Untuk mendorong inovasi sekaligus memitigasi risiko bisnis maupun konsumen, penggunaan instrumen kebijakan regulatory sandbox agar bisnis rintisan dapat menguji ide-ide inovatifnya dalam lingkungan terbatas, dapat menjadi solusi yang efektif.

Pembangunan pusat-pusat inovasi (innovation hub) dan inkubator bisnis sebagai tempat dengan fasilitas yang mendukung proses pengembangan bisnis, termasuk menyediakan sumber daya, bimbingan, pendanaan, dan peluang berjejaring bagi bisnis rintisan maupun wirausahawan di bidang teknologi, .

Demi memastikan marketplace digital yang adil dan aman, diperlukan undang-undang privasi data yang kuat yang memberikan kendali kepada warga atas informasi pribadi mereka serta regulasi yang jelas bagi platform yang dapat menjamin persaingan yang adil, kepastian perlindungan konsumen serta menangani isu-isu seperti penipuan daring dan barang palsu.

Selain itu, juga diperlukan investasi di bidang infrastruktur keamanan siber serta kampanye-kampanye untuk membangun kesadaran akan perlunya melindungi bisnis maupun individu dari serangan siber.

Ekonomi kreatif juga perlu diberdayakan melalui pemberian pendanaan serta hibah yang terarah guna membantu usaha kecil dan menengah di bidang kreatif bisa memanfaatkan ruang digital yang ada. Regulasi untuk memperkuat hak-hak intelektual serta mekanisme penegakan perlindungan atas karya pencipta di bidang ekonomi digital juga perlu diperkuat. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved