Trends

Tingkatkan Kepuasan Pelanggan, Shopee Luncurkan Program Garansi Tepat Waktu

swa.co.id, Jakarta - Ketepatan proyeksi waktu dalam pengiriman sebuah paket, menjadi faktor utama yang mendorong seseorang untuk membeli sebuah produk. Southeast Asia Ecommerce Logistic Market Report 2024 yang dirilis Parcelmonitor menyebutkan ketersediaan informasi dan ketepatan perkiraan waktu sampainya sebuah paket jadi faktor kunci memenangkan hati pelanggan.

Dalam laporan tersebut diungkapkan sebanyak 80% responden akan berbelanja di toko online lebih sering jika paket yang diterima datang tepat waktu. Lalu, 87% responden menyatakan akan check out jika toko tersebut menyediakan keterangan perkiraan tepat waktu ketimbang informasi rentang hari kedatangan paket. Lebih lanjut, mayoritas pelanggan e-commerce di Asia Tenggara menyatakan bahwa keterlambatan pengiriman 3-4 hari dari perkiraan waktu tiba, merupakan hal yang tidak dapat diterima.

Oleh karena itu, platform e-commerce berlomba-lomba menghadirkan beragam pilihan jasa kirim yang dapat mendukung proses pengiriman pesanan yang lebih cepat dan tepat waktu bagi para penggunanya. Salah satunya adalah Shoppe yang memiliki program Garansi Tepat Waktu. Program ini diluncurkan untuk memberikan jaminan waktu pengiriman pesanan bagi para pengguna Shopee. Sehingga, para penggunanya bisa merasa lebih tenang karena adanya jaminan waktu kapan pesanannya akan tiba.

Daniel Minardi, Director of Business Partnership Shopee Indonesia menjelaskan jika pesanan tiba melewati tanggal Garansi Tiba (waktu pengiriman yang tertera di aplikasi), maka pembeli akan mendapatkan Voucher Garansi Tepat Waktu. Voucher tersebut bisa digunakan oleh pembeli untuk pembelanjaan selanjutnya.

Program ini juga mendapat dukungan dari mitra jasa logistik Shopee. Lima mitra jasa kirim Shopee termasuk Anteraja, JNE Express, Pos Indonesia, SiCepat, dan SPX Express kini juga bergabung mendukung program Garansi Tepat Waktu Shopee. Para pemain logistik ini menjadikan program ini sebagai peluang untuk mewujudkan komitmen mereka dalam menghadirkan layanan yang lebih baik lagi bagi para penggunanya.

Dia mengatakan bahwa program ini juga menjadi kesempatan bagi perusahaan logistik untuk memberikan layanan jasa kurir yang dapat diandalkan oleh para penjual maupun pembeli di Shopee. Pembeli Shopee yang memilih layanan jasa kirim tersebut kini akan mendapat besaran voucher Garansi Tepat Waktu yang lebih besar jika pesanannya mengalami keterlambatan.

Partisipasi aktif dari mitra perusahaan logistik dalam program Garansi Tepat Waktu, menunjukkan adanya kerjasama strategis antara Shopee dengan mitra logistiknya. Shopee menyambut positif partisipasi mitra logistik dalam program Garansi Tepat Waktu ini. "Kami berharap dapat bersama-sama menghadirkan proses pengiriman pesanan yang lebih cepat dan tepat waktu bagi pengguna,” ujarnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved