Strategy

Ambisi Darma Mangkuluhur Hutomo Mengembangkan Bisnis Golf dan Pariwisata

(kedua dari kanan) Darma Mangkuluhur Hutomo, Komisaris Utama GOLF bersama para Direktur Utama GOLF dan direksi perusahaan sekuritas. (Foto : M.Ubaidillah/SWA).

Darma Mangkuluhur Hutomo berambisi untuk mengembangkan olah raga golf dan pariwisata. Darma adalah Komisaris Utama PT Intra Golflink Resort Tbk (GOLF). Putera dari Tommy Soeharto ini menargetkan GOLF merealisasikan IPO atau penawaran perdana saham GOLF di Bursa Efek Indonesia pada 8 Juli 2024.

Nah, dana segar dari aksi korporasi ini bakal digunakan untuk mengembangkan lapangan golf milik perseroan. "Bisnis golf di Indonesia memiliki masa depan yang menjanjikan. Kami meyakini fasilitas unggulan dan pelayanan prima, lapangan golf kami akan menjadi destinasi pilihan para pecinta golf dari seluruh dunia sekaligus berkontribusi pada pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di Indonesia,” ujar Darma di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Peningkatan jumlah pegolf berdampak positif terhadap kinerja finansial GOLF pasca pandemi Covid-19. Pada 2022, misalnya, perseroan berhasil membalikkan keadaan dari rugi bersih Rp32,04 juta menjadi laba bersih senilai Rp25,53 miliar. Laba bersih perseroan di tahun lalu melonjak hingga 136% (year on year).

Darma memacu manajemen GOLF untuk optimalisasi aset perseroan seiring pengembangan Luxury Boutique Hotel (hotel Bintang 6) dan New Kuta Golf Villa. Perseroan mengkreasikan pendapatan berulang (recurring income) yang berkelanjutan melalui pembangunan ekosistem olah raga dan hiburan di sekitar area golf. “Kami juga akan berusaha meningkatkan kepuasan pegolf melalui lapangan golf berkelanjutan yang terkini dan desain yang lebih modern. Lalu, kami akan ekspansi ke global dengan meningkatkan kehadiran pasar domestik dan internasional melalui kapitalisasi tren golf yang efektif, didukung keahlian kami dalam sektor perhotelan dan rekreasi,” ujar Darma menjabarkan.

Direktur Utama GOLF, Dwi Febri Astuti, mengatakan perseroan pasca IPO itu berambisi untuk mengembangkan infrastruktur dan ekosistem golf yang menciptakan destinasi wisata. Perseroan berambisi menjadi pelopor industri golf yang berorientasi pada pariwisata atau gaya hidup di Indonesia. “Potensi bisnis golf di Indonesia sangat besar, terutama dengan adanya dukungan dari sektor pariwisata. Kami melihat minat yang terus meningkat baik dari pemain lokal maupun turis internasional yang tertarik untuk menikmati pengalaman bermain golf di tengah keindahan alam Indonesia,” tutur Dwi.

Rencananya, GOLF menggunakan dana dari IPO untuk membiayai pembangunan hotel bintang 6 'Luxury Boutique Hotel' di Hole 15-Th Cliffhanger, kawasan Pecatu Indah Resort, Jimbaran Bali dan membeli lahan seluas 11.332 m2 di depan hotel untuk membangun sejumlah sarana pendukung. Selain itu, PT New Kuta Golf and Ocean Vie (NKG), anak usaha GOLF, bakal mengembangkan proyek New Kuta Golf Villa beserta fasilitas pendukungnya.

Perseroan bakal melepas saham ke publik sebanyak 3,1 miliar saham atau setara dengan 15,02% dari total modal ditempatkan dan disetor pada rentang harga Rp200-230 per saham. Perseroan berpeluang menjaring dana segar senilai Rp713 miliar. Penawaran umum saham GOLF pada 2-4 Juli 2024. Penjatahan saham GOLF dan distribusi saham secara elektronik dilakukan pada 4 dan 5 Juli 2024. Penjamin pelaksana emisi IPO perusahaan ini adalah PT KB Valbury Sekuritas, PT Samuel Sekuritas Indonesia, PT Semesta Indovest Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

Dana hasil IPO setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, sekitar 87,53% akan digunakan Perseroan untuk melakukan setoran modal kepada NKG. Sekitar 5,34% digunakan untuk melakukan setoran modal kepada anak perusahaan yaitu PT Sentul Golf Utama (SGU) yang antara lain digunakan untuk biaya pemasaran, biaya perawatan lapangan serta biaya operasional lain guna mendukung kegiatan usaha. Sisa dana IPO dialokasikan untuk modal operasional GOLF. Perseroan optimistis tingkat profitabilitas akan terus tumbuh seiring dengan ekspansi dan perkembangan golf tourism ke di masa mendatang. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved