Technology

Kolaborasi Grab, Emtek, Singtel, dan KakaoBank di Jagat Bank Digital

Kolaborasi Grab, Grup Emtek, Singtel, dan KakaoBank menghadirkan bank digital Superbank (Foto: Superbank)

Dalam lanskap perbankan digital Indonesia, sebuah kolaborasi epik tengah bersemi. Grab, Grup Emtek, Singtel, dan KakaoBank bersatu padu melahirkan Superbank, entitas yang tidak hanya menjanjikan inovasi, tetapi juga sebuah revolusi. Superbank lahir dengan keunggulan tersendiri, mampu mengakses lebih dari satu juta jiwa dalam ekosistem Grab, memberikan sentuhan kemudahan dalam dunia yang kian kompleks.

“Superbank menjadi bank dengan layanan digital pertama di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi jutaan pengguna dan mitra Grab untuk membuka rekening, menabung, dan menggunakan rekening tersebut sebagai metode pembayaran langsung di aplikasi Grab tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan,” jelas Tigor M. Siahaan, Presiden Direktur Superbank dalam keterangan resmi (19/6/2024).

Pengguna Superbank di Grab juga mendapatkan bunga tabungan sebesar 6% per tahun yang dapat dicairkan kapan pun serta penawaran super diskon 75% untuk layanan GrabFood dan GrabBike. Kehadiran Superbank merupakan langkah signifikan dalam memperluas akses finansial yang mudah, aman dan terjangkau bagi masyarakat, serta mendukung inklusi keuangan secara lebih luas.

“Kami antusias melihat bagaimana masyarakat dapat dengan mudah membuka rekening, menabung, dan melakukan pembayaran langsung melalui aplikasi Grab. Fitur ini mendukung misi kami untuk mentransformasi perbankan di Indonesia dengan solusi keuangan yang inovatif dan aman. Kami percaya kehadiran Superbank di Grab tidak hanya memberikan kemudahan akses layanan perbankan dan penawaran yang menarik bagi pengguna dan mitra Grab, tapi juga mendukung mereka dalam menabung dan mengelola keuangan dengan lebih baik,” ungkap Tigor.

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia, menyampaikan jutaan pengguna serta mitra Grab dapat mudah, cepat, dan aman mengakses layanan perbankan serta layanan Grab dalam satu aplikasi. Penawaran bunga tabungan yang tinggi dari Superbank sebesar 6% per tahun diharapkan dapat membantu masyarakat. Hal ini sejalan dengan misi Grab untuk memberikan dampak positif yang lebih luas secara berkelanjutan melalui inovasi teknologi dan pemberdayaan ekonomi. Pihaknya optimistis Superbank juga dapat mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

Saat ini Superbank juga memperkenalkan Pinjaman Atur Sendiri (PAS) kepada pengguna Grab terpilih secara bertahap. Pinjaman digital ini, yang dapat diajukan dalam hitungan menit tanpa agunan, memberikan limit kredit dan tenor yang fleksibel serta informasi bunga dan biaya yang transparan bagi nasabah.

Ke depannya, Superbank akan terus mengintegrasikan teknologi dan keahlian dalam layanan finansial dalam produk serta layanannya. Sebelumnya, Superbank telah menghadirkan Celengan by Superbank, produk tabungan inovatif pertama di Indonesia yang menawarkan nasabah untuk menabung harian dalam jumlah kecil secara otomatis dengan bunga tinggi 10% per tahun yang melengkapi produk tabungan utama dan Saku by Superbank.

Alvin W. Sariaatmadja, Direktur Utama Emtek Group, menambahkan perseroan percaya kolaborasi dan teknologi adalah kunci untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih berdaya dan sejahtera secara finansial. Bersama-sama dengan Superbank dan pemegang saham lainnya, Emtek yakin dapat membangun bisnis yang berkelanjutan sekaligus berkontribusi secara nyata terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara itu, Gan Siok Hoon, Managing Director Singtel, mengapresiasi Superbank dalam mendukung masyarakat dan bisnis underbanked sehingga mereka dapat semakin resilien secara finansial. Hal ini sejalan dengan misi Singtel untuk mendemokratisasi akses keuangan melalui teknologi dan beragam solusi inovatif. Dengan memanfaatkan gabungan keahlian dari semua pemegang saham, mereka siap mendukung Superbank dalam mengakselerasi laju pertumbuhannya untuk sekaligus mendorong digitalisasi lanskap finansial Indonesia.

Adapun Hoyoung Yun, Chief Executive Officer KakaoBank Corp. mengatakan pihaknya antusias dengan pencapaian yang diraih Superbank dalam waktu yang begitu singkat. Pencapaian ini merefleksikan besarnya potensi perbankan di Indonesia sekaligus peluang bagi kami untuk membangun jaringan bank digital global melalui kemitraan teknologi dan layanan inovatif.

"Superbank di Grab memberikan pengalaman perbankan yang lebih inklusif dan relevan bagi pengguna, memungkinkan mereka untuk mengelola keuangan dengan lebih baik dan memanfaatkan layanan finansial yang lebih mudah diakses,” kata Tigor.

Sebelumnya Superbank dikenal sebagai PT Bank Fama International. Berdiri di Bandung pada tahun 1993, Superbank memasuki era baru ketika menjadi bagian dari Emtek Group pada akhir 2021, diikuti oleh Grab dan Singtel pada awal 2022, dan KakaoBank pada tahun 2023 sebagai bagian dari konsorsium.

Misi Superbank adalah memperluas akses kredit bagi nasabah ritel dan UMKM, memberdayakan mereka dengan solusi inovatif, serta mengembangkan kolaborasi melalui ekosistem yang luas. Sistem manajemen keamanan informasi Superbank juga telah memenuhi standar internasional dengan sertifikasi ISO 27001.

Kini Superbank siap mentransformasi perbankan digital di Indonesia, menawarkan layanan yang lebih inklusif dan inovatif bagi seluruh lapisan masyarakat. Seiring waktu, Superbank juga bertekad tidak hanya akan menjadi nama dalam dunia perbankan, tetapi juga simbol perubahan, inovasi, dan kemudahan dalam genggaman. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved