Management

Erajaya (ERAA) Menggulirkan ESG

Paparan publik virtual ERAA di Jakarta pada Rabu, 19 Juni 2024. (Tangkapan layar : Sri Niken Handayani/SWA).

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) mengimplementasikan praktik bisnis yang berkelanjutan seiring diterapkannya ESG (Environmental, Social, dan Governance) sebagai dasar dalam mengelola risiko dan menciptakan nilai pada jangka panjang. Hasan Aula,Wakil Direktur Utama ERAA, mengatakan perseroan melaksanakan berbagai inisiatif berbasis ESG, seperti penghijauan hingga membantu masyarakat mendapatkan air bersih. “Banyak kegiatan yang sudah kami lakukan namun hal tersebut dampaknya akan longterm. Kami berharap untuk scoring rating ESG ini akan terus meningkat setiap tahunnya,” ujar Hasan pada paparan publik di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Pada asepek Lingkungan, perseroan menggulirkan program Wana Erajaya, antara lain konservasi, rehabilitasi, pelestarian. Sejak 2018, ERAA melakukan rehabilitasi kawasan hutan dan keanekaragaman hayati seluas 6 ha di Kecamatan Rumpin. Langkah ini tidak terbatas pada penanaman pohon, tetapi juga perawatan dan pemantauan hingga tahun 2023.Program Rumpin Eco Edu Forest adalah salah satu bentuk nyata dukungan perseroan dalam menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan hidup di bawah naungan program Lentera Hijau. Pada program ini, Erajaya Group dan Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BDLHK) Bogor, Jawa Barat berkolaborasi untuk mengembangkan Kawasan Hutan Diklat di Rumpin, Kabupaten Bogor yang peresmiannya telah dilakukan pada Juni 2021.

Kemudian, ERAA menggunakan penghematan energi di lini operasional.Cotohnya, ERAA menerapkan inisiatif go green di semua gerai Erajaya, yaitu dengan tidak lagi menggunakan tas plastik untuk konsumen yang berbelanja. Erajaya Group berhasil menjalankan program pemanfaatan limbah organik menjadi ekoenzim yang dihasilkan dari hasil pengolahan sampah dapur kelompok tani binaan di Kawasan Wana Erajaya, Rumpin, Kabupaten Bogor.

Pada aspek Sosial, Erajaya Group membangun relasi dan kerjasama yang berdampak dan berkelanjutan. Sejak 2018, Erajaya Group secara khusus membangun kerjasama strategis dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dalam mengembangkan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan melalui pendekatan kolaboratif.

Lalu, Erajaya Group menerapkan inklusivitas dengan menghargai keberagaman yang ada di antara karyawan tanpa memandang agama, etnis, ras, status sosial, warna kulit, jenis kelamin, ataupun kondisi fisik lainnya. Komitmen perseroan dimulai sejak tahapan rekrutmen karyawan baru. Erajaya menerapkan sistem seleksi karyawan yang objektif sehingga keputusan penerimaan atau penolakan dilakukan dengan berdasakan skor penilaian masing-masing kandidat karyawan.

Selanjutnya, perseroan memberikan kesempatan kepada petani atau masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan Wana Erajaya agar mereka dapat mengakses sumber daya lokal dan menghasilkan komoditas yang memiliki nilai ekonomis. Kegiatan ini telah dimulai sejak 2019 dan sampai saat ini sudah menghasilkan beberapa komoditas lokal, seperti aneka sayuran dan buah dengan metode tumpang sari, madu, minyak atsiri, dan jamur tiram.

Pada tahun 2021, inovasi dilakukan dengan menekankan pada pengolahan pasca-panen produk untuk meningkatkan nilai jual komoditas dan mengurangi risiko ketidakpastian harga pada komoditas pertanian mentah.

Untuk aspek Tata Kelola, ERAA menerapkan komposisi dan jumlah anggota Dewan Komisaris dan Direksi yag disesuaikan dengan kompleksitas dan memperhatikan aktivitas dalam pengambilan keputusan. Berikutnya, perseroan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan yang dituangkan dalam bentuk Laporan Keberlanjutan.

Perseroan meyakini ESG adalah dasar bagi keberlanjutan usaha Erajaya karena integrasi prinsip ESG akan membantu Erajaya memitigasi risiko reputasi, mematuhi peraturan perundangundangan yang berlaku, memenuhi harapan pemangku kepentingan, menciptakan nilai jangka panjang, serta memberikan akses ke investor global dan peluang pasar yang berkelanjutan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved