Trends

Jadi CEO BRI Manajemen Investasi, Ini Perjalanan Karier Tina Meilina

Tina Meilina, CEO PT BRI Manajemen Investasi (Foto: BRI-MI)

PT BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) menunjuk Tina Meilina sebagai direktur utama. Tina dipercaya mampu membawa BRI-MI tumbuh lebih kuat berkat pengalaman luasnya di industri jasa keuangan. Kehadiran Tina juga diharapkan mampu menjawab tantangan pasar dan kebutuhan investor BRI-MI.

Komisaris Utama BRI-MI, Tri Hartono mengungkapkan keyakinannya terhadap kepemimpinan baru ini. “Pengalaman dan keahlian yang dimiliki Tina Meilina dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan dalam mencapai tujuan strategis, yakni selalu bertumbuh dan semakin kuat dalam menghadapi tantangan ke depan,” ujarnya.

Tina bergabung dengan BRI-MI pada Desember 2023 sebagai SEVP Product & Alternative Investment. Sebelumnya, lulusan Sarjana Agribisnis dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini berkarier di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sejak 2009, dengan posisi terakhir sebagai Executive Vice President Kepala Divisi Wealth Management BRI. Dalam peran tersebut, wanita kelahiran Bandung ini berhasil mengoordinasikan berbagai kegiatan strategis dan operasional yang mencakup pengembangan produk, penyusunan strategi bisnis, serta kemitraan dengan berbagai pihak internal dan eksternal.

Untuk terus meningkatkan kemampuan dan keahliannya, Tina aktif mengikuti berbagai pelatihan dan sertifikasi profesional. Beberapa di antaranya ialah sebagai pemegang Izin Wakil Manajer Investasi (WMI) pada 2023, Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana (WAPERD) pada 2022, dan Wakil Perantara Pedagang Efek Pemasaran (WPPE-P) pada 2021.

Selain itu, ada juga Certified Wealth Manager (CWM) pada tahun 2019 & Certified Financial Planner (CFP) pada tahun 2014. Sertifikasi itu menegaskan kompetensi dan kapasitasnya pada industri pasar modal.

Terkait posisi barunya sebagai Direktur Utama BRI-MI, Tina mengaku berterima kasih atas kepercayaan para pemegang saham. Bersama para pemangku kepentingan dan investor, BRI-MI bakal terus memperkuat posisinya sebagai salah manajer investasi terbesar dan tepercaya di Tanah Air.

"Saya juga mengapresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan atas kepercayaan untuk memperkuat BRI-MI sebagai salah satu manajer investasi terbesar dan tepercaya di Indonesia” ujar Tina seperti dikutip (20/06/2024).

Dengan bergabungnya Tina sebagai Direktur Utama BR-MI, maka susunan Dewan Komisaris dan Direksi BRI-MI terkini adalah sebagai berikut:

Komisaris Utama: Tri Hartono

Komisaris Independen: Kahlil Rowter

Direktur Utama: Tina Meilina

Direktur Sales & Marketing: Upik Susiyawati

Direktur Finance & Operasi: Ira Irmalia Sjam

BRI Manajemen Investasi merupakan pelopor industri reksa dana di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1992. Pada 2022 BRI-MI resmi menjadi anak perusahaan Bank BRI.

Hingga 31 Mei 2024, BRI-MI melaporkan pertumbuhan dana kelolaan (Asset Under Management/AUM) reksa dana sebesar Rp 31,97 triliun. Capaian ini tumbuh 7% secara tahunan (year on year/YoY) dibandingkan Rp 30 triliun pada Mei 2023. Pangsa pasar BRI-MI menjadi 6,6% dari industri reksa dana nasional. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved