Management

Raih Sertifikat AEO, Bentoel Group Perkuat Posisi di Pasar Internasional

Dengan Sertifikat AEO ini, Bentoel Group mendapatkan sejumlah kemudahan dan fasilitas kepabeanan dari Dirjen Bea & Cukai. (Foto: Bentoel Group)

Dalam sebuah pencapaian yang menggembirakan, PT Bentoel Prima (Bentoel Group) berhasil memenuhi tujuh kriteria ketat yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Bea & Cukai, terkait rantai pasok dan kepatuhan sesuai dengan standar SAFE FoS dari World Customs Organization (WCO). Berkat upaya tersebut, perusahaan rokok ini berhasil meraih sertifikat Authorized Economic Operator (AEO) yang diserahkan langsung di pabriknya di Malang, Jawa Timur.

Sertifikasi AEO ini membawa berbagai kemudahan bagi Bentoel Group dalam proses kepabeanan. Perusahaan kini dapat menikmati fasilitas seperti kemudahan dalam pemeriksaan fisik barang impor, penyederhanaan prosedur kepabeanan, serta layanan prioritas lainnya. Dengan sertifikat AEO, Bentoel Group memperkuat komitmennya dalam menjaga kepatuhan serta meningkatkan efisiensi operasional.

Bersamaan dengan penerimaan sertifikasi tersebut, Bentoel Group juga merayakan pelepasan ekspor produk tembakau ke Korea Selatan. Langkah ini merupakan bagian dari strategi besar untuk memperkokoh posisi Bentoel Group sebagai pusat ekspor (export hub) bagi BAT Group di kawasan Asia Pasifik. Hingga tahun 2024, Bentoel Group telah sukses mengekspor produk tembakau ke 27 negara, termasuk Jepang, Singapura, Korea Selatan, Australia, dan negara-negara lain di wilayah Asia Pasifik.

Hendro Martowardojo, Presiden Komisaris Bentoel Group, menyampaikan apresiasinya terhadap Direktorat Jenderal Bea & Cukai atas dukungan yang diberikan kepada Bentoel Group dan industri hasil tembakau secara keseluruhan. "Penerimaan sertifikat AEO ini merupakan cerminan standar tinggi yang kami miliki dalam Rantai Pasok dan Kepatuhan dalam menjalankan usaha,” jelasnya dalam keterangan tertulis pada 20 Juni 2024.

Dengan berbagai fasilitas dan kemudahan yang diperoleh melalui sertifikasi ini, Bentoel Group bertekad untuk terus memperkuat dan mengembangkan bisnis ekspornya. Perusahaan berkomitmen menyediakan produk-produk berkualitas tinggi kepada pelanggan di seluruh dunia serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui ekspor.

“Bentoel Group juga berkomitmen dalam menjalankan bisnis berkelanjutan dengan mendukung praktik bisnis yang patuh dan berkelanjutan, serta memperkuat kapasitas ekspor untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Hendro.

Langkah strategis ini tidak hanya mempertegas posisi Bentoel Group di pasar internasional, tetapi juga menegaskan dedikasi perusahaan terhadap standar tinggi dalam rantai pasok dan kepatuhan, memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Dengan sertifikasi AEO dan fokus pada ekspor, Bentoel Group siap menghadapi tantangan masa depan dengan keyakinan dan inovasi. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved