Trends

OCBC Luncurkan "Disabilitas Menyala Tanpa Batas"

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) meluncurkan program inisiatif “Semua Bisa #FinanciallyFit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas. (Foto: Audrey/SWA)

Masih dalam bulan peringatan Hari Peduli Sedunia yang jatuh pada 7 Juni lalu, dan sebagai upaya untuk meningkatkan inklusivitas dalam memberikan akses literasi keuangan yang lebih luas kepada setiap lapisan masyarakat, PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) mengumumkan inisiatif terbaru yang diberi nama “Semua Bisa Financially Fit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas”.

Program ini dirancang khusus untuk membuka peluang lebih luas bagi teman-teman disabilitas dalam mengakses pengetahuan dan sumber daya keuangan, memastikan bahwa setiap individu, tanpa terkecuali, dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan mandiri.

Teman-teman disabilitas sering kali menghadapi tantangan dalam mendapatkan akses terhadap sumber daya dan pendidikan keuangan yang memadai. Survei dari Menembus Batas di Januari 2024 menunjukkan bahwa 55,3% responden yang merupakan teman-teman disabilitas tidak pernah mendengar atau mempelajari secara mendalam literasi keuangan mengenai produk-produk keuangan, meski banyak di antara mereka yang sudah memiliki kesadaran bahwa mengelola keuangan itu menjadi hal penting.

Aleta Hanafi, Brand & Communication Division Head OCBC menyatakan, program ini merupakan salah satu wujud program CSR mereka di pilar edukasi, dimana OCBC percaya bahwa pengetahuan literasi keuangan yang tepat akan membantu tiap individu untuk dapat mencapai life goals keuangan.

“Selain itu, kami juga berkolaborasi dengan lembaga organisasi non-profit, dan komunitas disabilitas untuk terus memperkaya dan menyempurnakan program edukasi keuangan terbaik bagi teman-teman disabilitas,” ujar Aleta dalam jumpa pers, Kamis (20/06/2024).

Hal ini sejalan dengan arahan OJK yakni mendorong perusahaan untuk memperkuat aliansi strategis dengan berbagai pihak guna melaksanakan kegiatan edukasi keuangan secara langsung kepada segmen teman-teman disabilitas. Wujud nyata tersebut dilakukan dalam program Financial Education Board Game bersama OCBC volunteer di salah satu Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) di Jakarta. Hal ini yang menginspirasi OCBC untuk mengembangkan Ruangmenyala.com yang ramah bagi teman-teman disabilitas, menyediakan akses informasi yang inklusif dan mudah diakses.

Dengan inisiatif “Semua Bisa Financially Fit: Disabilitas Menyala Tanpa Batas”, OCBC berharap dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam meningkatkan literasi keuangan di kalangan penyandang disabilitas. Program ini diharapkan tidak hanya membantu mereka dalam mengelola keuangan secara mandiri, tetapi juga memberdayakan mereka untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik. (*)

.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved