Strategy

Transformasi, Ekspansi Global, dan Layanan Kompetitif: Strategi PIS Taklukkan Lima Benua

RUPS PIS tahun 2024 di Jakarta. (dok PIS)

PT Pertamina International Shipping (PIS) pada 2023 membukukan laba senilai US$330 juta atau naik sebesar 60,94% dibanding tahun sebelumnya. Pencapaian ini, salah satunya didorong oleh third party revenue atau pendapatan pihak ketiga yang porsinya naik menjadi 19% dari dari 14% yoy.

Kinerja PIS pada tahun lalu itu didorong program transformasi perusahaan, yang membuahkan inisiatif-inisiatif strategis yang menjadi kunci akselerasi bisnis. Kinerja finansial ini meningkatkan daya saing PIS di tingkat global.

Anak usaha PT Pertamina (Persero) ini menawarkan solusi layanan yang kompetitif kepada pelanggan di luar Pertamina Group, sehingga memperluas jangkauan konsumen di pasar global dan domestik. "Kehadiran kantor cabang di Singapura dan Dubai, maka PIS kini merambah 50 rute global dan telah menjelajahi 5 benua di dunia. PIS juga didukung manajemen yang berpengalaman, dengan total kombinasi keahlian selama lebih dari 100 tahun di lintas sektor maritim, energi, dan keuangan, sehingga memastikan keuntungan yang dapat diandalkan bagi pemegang saham dan juga Pemerintah,” kata CEO PIS, Yoki FIrnandi pada Kamis (20/6/2024).

Peningkatan laba PIS di tahun lalu itu didorong pendapatan senilai US$3,33 miliar, melebihi target di Rancangan Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) untuk 2023 sebesar 111,37%. Pertumbuhan ini rincinya didorong oleh peningkatan kargo impor Free-on-Board (FOB), sewa kapal, dan jasa pelabuhan. Berbagai revenue stream ini mendorong pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) juga naik 16,88% menjadi US$990,37 juta.

PIS tercatat telah mengangkut sebanyak 161 miliar liter minyak, produk BBM, dan LPG yang didistribusikan ke seluruh negeri maupun mancanegara. Secara operasional, PIS juga berfokus pada peremajaan, ekspansi dan kepatuhan armada terhadap regulasi. Dari total 94 armada yang dikelola PIS, sebanyak 58 kapal mendapatkan skor rata-rata 3,15 dari 5 dalam Ship Inspection Report (SIRE), memenuhi syarat untuk beroperasi di perairan regional khusus. Berbagai armada PIS lulus inspeksi oleh perusahaan minyak dan gas global terkemuka.

Tak hanya itu, produktivitas PIS turut meningkat, dengan implementasi standar keselamatan kelas dunia serta program prioritas kesejahteraan pelaut yang terus diperkuat. Sepanjang 2023, PIS mencatatkan zero fatality untuk kru kapalnya dan 40,5 juta jam kerja aman. Keberhasilan ini terus berlanjut, tercermin dari peringkat Baa3 dengan prospek stabil dari lembaga pemeringkat investasi, Moody's Investor Service, per 9 Mei 2024 yang berhasil dipertahankan PIS sejak akhir 2023. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved