Management

Unilever Indonesia (UNVR) Pangkas Jumlah Direksi

Direksi Unilever Indonesia saat Public Expose tahun 2024. (Dok. UNVR)

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Unilever Indonesia (UNVR) pada Kamis, 20 Juni 2024, menghasilkan keputusan signifikan: pemangkasan susunan direksi dari sembilan orang menjadi enam orang. Langkah ini mencerminkan upaya perusahaan untuk mempercepat proses pengambilan keputusan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Presiden Direktur Unilever Indonesia, Benjie Yap, menegaskan pentingnya perubahan ini. "Unilever Indonesia hari ini juga mengumumkan komposisi Direksi yang lebih ringkas untuk memastikan proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan efisien. Organisasi yang efisien akan mendorong kami untuk lebih tangkas dalam menanggapi tren konsumen dan kanal penjualan, sembari tetap menjaga akuntabilitas kuat dalam mencapai tujuan kami," ujarnya.

Sebagai bagian dari restrukturisasi, beberapa direksi dipindahkan perannya atau memilih mengundurkan diri. Nurdiana Darus (Ade), yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur dan Sekretaris Perusahaan, akan diusulkan untuk ditunjuk sebagai Presiden Direktur Unilever Enterprises Indonesia (UEI) jika mendapat persetujuan dari pemegang saham UEI. Di samping itu, Nurdiana akan melanjutkan perannya di Unilever Indonesia sebagai Head of Sustainability and Corporate Affairs, menunjukkan fokus perusahaan pada keberlanjutan dan tanggung jawab sosial.

Amaryllis Esti Wijono, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Nutrition, kini akan menjabat sebagai General Manager Nutrition Unilever Indonesia. Perubahan peran ini memungkinkan Amaryllis untuk fokus mendorong pertumbuhan kompetitif dan menguntungkan, serta mengembangkan pasar di Indonesia. Sementara itu, Direktur Ice Cream, Hira Triadi, memutuskan untuk mengundurkan diri guna mengejar peluang lain di luar perusahaan.

Restrukturisasi ini diharapkan bukan hanya tentang memangkas jumlah direksi, tetapi juga menciptakan struktur yang lebih dinamis dan responsif terhadap perubahan pasar. Dengan komposisi direksi yang lebih ringkas, Unilever Indonesia berupaya untuk memperkuat kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di pasar yang semakin kompetitif.

Langkah ini mencerminkan strategi Unilever Indonesia untuk tetap relevan dan tangguh di tengah dinamika industri yang terus berkembang. Melalui upaya ini, perusahaan berharap dapat terus berinovasi dan memberikan nilai tambah bagi konsumen, serta memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan di masa depan.

Dengan pandangan yang fokus pada efisiensi, pertumbuhan, dan keberlanjutan, Unilever Indonesia menunjukkan komitmennya untuk terus berkembang dan menjadi pemimpin dalam industri yang semakin kompetitif. (*)

Komposisi terbaru Dewan Direksi Unilever Indonesia adalah sebagai berikut:

• Benjie Yap, Presiden Direktur

• Vivek Agarwal, Direktur

• Ainul Yaqin, Direktur

• Enny Hartati Sampurno, Direktur

• Hernie Raharja, Direktur

• Willy Saelan, Direktur


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved