Trends

Ciptakan Pengalaman Belanja Holistik Terbaik, Shopee Raja e-Commerce Indonesia

Para pemain e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan TikTok Shop terus meningkatkan daya saing melalui inovasi fitur serta program

Di era digital yang terus berkembang, perilaku belanja online masyarakat Indonesia mengalami transformasi yang signifikan. Platform e-commerce besar seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop berlomba-lomba untuk memberikan pengalaman belanja yang terbaik bagi konsumen. Melalui inovasi fitur dan program yang terus diperbarui, mereka berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi yang semakin beragam. Tapi, siapa yang berhasil unggul dalam menghadirkan pengalaman belanja online paling memuaskan di Indonesia?

Riset Ipsos: Menguak Kepuasan Konsumen

Menjawab pertanyaan tersebut, Ipsos melakukan riset bertajuk “Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce”. Riset ini melibatkan responden yang rutin berbelanja online melalui berbagai platform e-commerce di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam memberikan tingkat kepuasan tertinggi kepada konsumennya.

Menurut riset Ipsos yang dilakukan melalui metode Online Panel, Shopee berhasil memimpin dengan 62% responden merekomendasikannya sebagai platform utama kepada kerabat dekat. Diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%). Keunggulan Shopee ini didukung oleh berbagai aspek yang menciptakan pengalaman belanja holistik, dari metode pembayaran hingga layanan pengiriman.

Andi Sukma, Executive Director Ipsos Indonesia mengatakan, sejak kehadiran platform e-commerce di tengah masyarakat, kecenderungan masyarakat untuk memilih belanja online sebagai alternatif utama dalam memenuhi kebutuhan terus berkembang. Seiring dengan meningkatnya popularitas belanja online, para platform e-commerce pun harus menyesuaikan strategi dan menghadirkan sejumlah inovasi guna menghadirkan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam.

“Melalui riset Ipsos kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang memengaruhi pilihan tersebut,” jelasnya (20/06/2024).

Menurut Andi, upaya memberikan pengalaman berbelanja secara holistik dengan mengedepankan kepuasan konsumen menjadi daya tarik utama pada sebuah platform e-commerce. Jika diamati lebih lanjut, terdapat berbagai aspek yang memengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja online. Berdasarkan survei Ipsos, terlihat bahwa Shopee mengungguli semua aspek yang dicari ketika berbelanja melalui platform e-commerce. Apa saja yang dicari konsumen?

Aspek Kunci yang Menentukan Kepuasan

Berikut adalah beberapa aspek yang dinilai esensial oleh responden dalam menentukan tingkat kepuasan berbelanja online:

1. Metode Pembayaran. Sebanyak 64% responden menilai Shopee memiliki pilihan metode pembayaran yang paling beragam. Ini jauh mengungguli Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%). Sejalan dengan temuan ini, salah satu metode pembayaran yang paling menarik perhatian lainnya adalah Cash on Delivery (COD) yang mana Shopee mendominasi metode pembayaran COD sebesar 66% diikuti oleh Tokopedia & Lazada sebesar 12%, dan yang terakhir adalah TikTok Shop 10%.

2. Kelengkapan Produk dan Toko Resmi. Makin banyaknya masyarakat yang mengandalkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhan, diikuti meningkatnya ragam preferensi yang harus dipenuhi dengan kelengkapan produk dan kategori serta tersedianya toko resmi yang paling beragam. Dalam hal menyediakan toko resmi yang beragam, Shopee juga unggul dengan persentase 68%, dibandingkan Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).

3. Harga Termurah. Selain kelengkapan produk, konsumen juga cenderung memilih platform e-commerce dengan harga termurah. Shopee memimpin di angka 64%, jauh melampaui Lazada (13%), Tokopedia (12%), dan TikTok Shop (11%). Keunggulan Shopee juga didukung oleh hadirnya program khusus Garansi Harga Termurah (GHT) yang paling diketahui oleh 74% responden. Sedangkan fitur harga termurah dari platform lain mencatat asosiasi yang lebih rendah diantaranya Lazada (49%), Tokopedia (47%), dan Tiktok Shop (37%). Data ini didukung dengan hasil riset, di mana 88% responden kerap memanfaatkan Shopee Garansi Harga Termurah.

4. Ragam Layanan Pengiriman. Ragam pilihan layanan pengiriman juga dinilai cukup penting oleh responden karena meningkatkan rasa nyaman dan kepercayaan konsumen dalam belanja online. Shopee (66%) masih menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%).

5. Fitur Interaktif. Seiring dengan terus berkembangnya inovasi dari para platform e-commerce, preferensi masyarakat pun bertambah, tidak hanya dalam menentukan pilihan produk namun juga cara berbelanja. Kini, fitur interaktif seperti live shopping dan video pendek juga menjadi nilai tambah yang membantu masyarakat menentukan pilihan dalam berbelanja.

Ipsos menemukan 63% responden menganggap bahwa Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%). Selain itu, dalam indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik Shopee juga jauh unggul dengan 61%, diikuti TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).

Strategi Inovasi dan Kepuasan Pelanggan

Bila demikian halnya, lantas apa yang mesti dilakukan platform e-commerce?

Andi Sukma, menjelaskan bahwa popularitas belanja online yang terus meningkat menuntut platform e-commerce untuk terus berinovasi. ”Beragamnya aspek yang diperhatikan konsumen saat mengukur tingkat kepuasan yang ditawarkan oleh platform belanja online mencerminkan dinamika dalam industri e-commerce saat ini, yang mana para pemain e-commerce perlu untuk terus berinovasi guna memenuhi ekspektasi yang semakin tinggi dari masyarakat,” ujar Andi.

Selain fitur belanja, memastikan pesanan sampai di tangan pelanggan dengan pengiriman yang cepat dan tepat juga menjadi salah satu prioritas utama dalam memilih platform e-commerce. Riset Ipsos yang dilakukan pada awal Juni 2024 ini juga menemukan beberapa aspek yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online. Pengalaman belanja holistik yang memuaskan dirasa belum lengkap tanpa pengiriman yang cepat dan aman serta proses pengembalian yang mudah.

Ke depan, platform e-commerce perlu terus berinovasi untuk memenuhi ekspektasi yang semakin tinggi dari masyarakat. Siapa konsisten di titik ini, berpotensi untuk unggul di pasar dan merebut hati konsumen. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved