CSR Corner

ABM Group dan Yayasan Kumala: Merajut Masa Depan yang Lebih Baik Melalui Keberlanjutan

Kegiatan Bank Sampah yang dikembangkan Yayasan Kumala. (Foto: Dok/ABM Group)

PT ABM Investama Tbk (ABMM) menggandeng Yayasan Kumala sebagai mitra dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka. Dengan visi yang selaras, kedua pihak berkomitmen untuk menciptakan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat. Kolaborasi ini telah menghasilkan berbagai program, seperti pembinaan anak-anak jalanan dan pengumpulan serta daur ulang kertas bekas yang digunakan oleh perusahaan untuk dijadikan barang bernilai jual, seperti buku agenda dan tas kertas.

Salah satu anak usaha ABM, PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics), turut berpartisipasi dengan mendaur ulang palet kayu sisa produksi. Palet-palet ini diolah kembali oleh anak binaan Yayasan Kumala menjadi produk-produk kreatif dan bernilai tinggi. Upaya ini tidak hanya mengurangi limbah, tetapi juga memberikan keterampilan baru bagi anak-anak binaan.

Yayasan Kumala, yang didirikan oleh Dindin Komarudin (dikenal sebagai Abah Dindin) pada tahun 2004, berfungsi lebih dari sekadar rumah singgah. Yayasan ini memberikan pendidikan non-formal dan mengajarkan keterampilan daur ulang berbagai barang bekas, termasuk kertas. Program bank sampah yang dikelola oleh yayasan ini kini berkolaborasi dengan 180 organisasi dan memberdayakan komunitas pemulung di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dedikasi Abah Dindin telah mengubah kehidupan banyak anak jalanan. Dengan tangan dinginnya, 97 anak binaan Yayasan Kumala kini berhasil memberikan pelatihan kepada 13 ribu orang dari berbagai instansi pemerintah, komunitas, dan perusahaan swasta. Usaha puluhan tahun ini membuahkan hasil yang manis, menarik perhatian dan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta yang mendukung program keberlanjutan yayasan.

Pengabdian Abah Dindin diakui dengan penghargaan Kalpataru pada tahun 2023 dan 2024, sebuah inagurasi bergengsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Tahun ini, ia kembali meraih penghargaan dalam kategori "Pembina Lingkungan". "Berkat dukungan semua pihak, stigma negatif tentang anak jalanan kini mulai berubah. Dari sini saya yakin tidak ada tantangan yang tidak bisa kita hadapi kalau kita bersama," kata Dindin.

Ke depan, ABM Grup dan Yayasan Kumala berencana untuk terus melanjutkan kolaborasi mereka dengan program-program berkelanjutan lainnya. Tujuannya adalah memberikan dampak positif yang lebih luas dan mendalam bagi masyarakat, sekaligus membangun masa depan yang lebih baik bagi anak-anak jalanan.

Dengan program-program yang dirancang dengan cermat dan kolaborasi yang solid, ABM Grup dan Yayasan Kumala menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan tidak hanya tentang memberi, tetapi juga tentang menciptakan perubahan yang nyata dan berkelanjutan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved