Technology

Jobstreet Optimalkan Potensi Bonus Demografi

Berdasarkan Laporan Jobstreet by Seek yang berjudul Decoding Global Talent 2024: Tren Mobilitas Pekerja, keinginan para tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di luar negeri tetap tinggi, mencapai angka 67% pada tahun 2023. Angka ini menegaskan bahwa minat untuk mengeksplorasi peluang karier di luar negeri masih sangat kuat di kalangan tenaga kerja Indonesia. Fenomena ini bukan hanya sekadar tren, tetapi juga menjadi indikator penting dalam persiapan menghadapi bonus demografi yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2030.

Sejak tahun 2022, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyatakan Indonesia diproyeksikan memasuki puncak bonus demografi pada tahun 2030. Di masa tersebut, jumlah penduduk usia produktif lebih besar dibandingkan penduduk non-produktif, menciptakan peluang emas untuk membangun ekonomi yang kuat dan sejahtera. Jobstreet by Seek berkomitmen mendukung Indonesia untuk mengoptimalkan potensi bonus demografi dengan menyediakan platform yang membantu generasi muda produktif menemukan pekerjaan yang tepat dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Namun, bonus demografi ini membawa tantangan besar, yaitu kebutuhan lowongan pekerjaan untuk memanfaatkan momentum tersebut. Jobstreet by Seek memainkan perannnya menghubungkan pencari kerja dengan peluang kerja. Dengan demikian Jobstreet by Seek dapat berkontribusi bagi Indonesia menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Indonesia memiliki potensi besar untuk mengubah mengubah bonus demografi menjadi pendorong utama pembangunan ekonomi. Dengan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan karir, kesejahteraan finansial, dan peningkatan kualitas hidup, Indonesia mampu menarik angkatan kerja produktif baik domestik maupun global, membawa negara menuju masa depan yang sejahtera. Untuk memanfaatkan bonus demografi ini secara optimal, langkah-langkah strategis perlu diambil, antara lain:

  • Memperkuat kualitas pendidikan dan pelatihan guna menciptakan tenaga kerja yang terampil dan siap berkontribusi secara langsung di pasar kerja.
  • Membangun infrastruktur yang memadai untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.
  • Menciptakan regulasi ketenagakerjaan yang fleksibel, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan industri, serta memberikan perlindungan bagi para pekerja.

Sebagai karir digital terkemuka, Jobstreet by Seekberkomitmen sepenuhnya untuk berkontribusi dalam mengatasi tantangan bonus demografi 2030 di Indonesia. Dengan teknologi dan layanan yang inovatif, Jobstreet by Seek tidak hanya memfasilitasi pencari kerja dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi mereka, tetapi juga membantu perusahaan dalam merekrut pegawai yang tepat dengan lebih cepat dan efisien. Di sisi lain, Jobstreet by Seek juga mendorong para profesional Indonesia untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan profesionalnya, sehingga memiliki daya saing yang lebih kuat tak hanya di pasar kerja nasional, namun juga di pasar global.

Melalui platform global yang didukung teknologi AI, Jobstreet by Seek tak hanya menyediakan layanan pencarian kerja yang canggih, namun juga meningkatkan keterampilan dan kemampian pencari kerja Indonesia melalui:

  1. Memperluas Akses Tenaga Kerja dan Peluang Bekerja
    • Dilengkapi dengan Teknologi AI kelas dunia, Jobstreet by SEEK telah berhasil mengintegrasikan tiga pasar tenaga kerja di 8 negara di Asia Pasifik – SEEK, Jobstreet, dan Jobsdb – menjadi satu platform SEEK yang menyeluruh. Integrasi platform ini menghubungkan jutaan pencari kerja dan pemberi kerja di seluruh wilayah Asia Pasifik, memungkinkan rekrutmen lintas negara atau cross-border hiring yang lebih mudah dan efisien. Dengan teknologi AI yang canggih dari SEEK, Jobstreet by SEEK memungkinkan pencari kerja untuk mengejar impian karir di berbagai negara di wilayah Asia Pasifik.
    • Dengan Fitur Pencarian Kerja yang Lebih Tepat, Saran Lebih Baik, dan Pengalaman Lebih Baik, Jobstreet by SEEK menghadirkan teknologi AI SEEK untuk meningkatkan akurasi rekomendasi pekerjaan, pengalaman, dan wawasan untuk dimanfaatkan oleh para profesional dan perusahaan di seluruh Indonesia. Selain itu, platform Jobstreet by SEEK menghubungkan para perusahaan dan pencari kerja yang sesuai dengan kebutuhan dengan lebih tepat dan cepat, memungkinkan para perusahaan mendapatkan Better Matches, Better Advise dan Better Experience dalam proses perekrutan.
  2. Meningkatkan Keterampilan dan Daya Saing:
    • KarirKu: Fitur KarirKu dalam aplikasi Jobstreet by SEEK, yang merupakan pengembangan dari seekMAX, menawarkan video pelatihan keterampilan gratisuntuk meningkatkan kemampuan dan daya saing para pencari kerja. Beberapa video bahkan memberikan sertifikasi resmi, seperti dari Microsoft, untuk meningkatkan keterampilan digital mereka. Selain itu, KarirKu menyediakan ruang diskusi untuk pengembangan karier bersama para profesional, pembimbing karier, psikolog, dan ahli dari berbagai industri. Fitur KarirKu Jobstreet by SEEK dapat digunakan secara gratis, memberikan akses tanpa batas kepada para pencari kerja untuk meraih kesuksesan dalam karier mereka
    • Pelatihan dan Pendampingan: Melalui program 'Jobstreet Campus Ambassador', Jobstreet by SEEK menjalin kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mahasiswa. Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang peluang karier dan berbagai sumber daya yang tersedia di platform Jobstreet by SEEK, sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk memasuki pasar kerja yang kompetitif

Melalui inovasi dan komitmen terhadap pengembangan setiap profesional dan pencari kerja di Indonesia, Jobstreet by SEEK siap mendukung Indonesia dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang dihadirkan oleh bonus demografi. Dengan menyediakan platform pencarian kerja yang canggih dan berbagai layanan pelatihan serta pendampingan, Jobstreet by SEEK tidak hanya mempersiapkan tenaga kerja yang terampil, tetapi juga siap bersaing di panggung global. Dengan langkah-langkah ini, Indonesia dapat membangun ekonomi yang kuat dan sejahtera, serta menciptakan lingkungan kerja yang menarik bagi para profesional Indonesia maupun global. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved