Automotive

Honda dan Mitsubishi Jepang Dirikan Perusahaan Sewa Baterai Kendaraan Listrik

Honda dan Mitsubishi Jepang Dirikan Perusahaan Sewa Baterai Kendaraan Listrik
Foto : Honda.

Honda Motor Co., Ltd. (Honda) dan Mitsubishi Corporation (Mitsubishi) meresmikan perusahaan Altna Co., Ltd. untuk mengelola penjualan sistem sewa baterai untuk kendaraan listrik di Jepang. Honda dan Mitsubishi Corporation sebelumnya telah menandatangani nota kerjasama pada Oktober 2023.

Kolaborasi Honda dan Mitsubishi melalui Altna akan dimulai dengan penjualan sistem sewa melalui model Honda N-VAN e:. Altna akan memantau penggunaan baterai selama masa sewa yang terus-menerus, termasuk prediksi kerusakan baterai serta kondisi kesehatan baterai. Altna menjalankan bisnis penggunaan baterai mulai dari penjualan kendaraan baru hingga berganti kepemilikan dan selanjutnya.

Setelah penggunaan baterai berakhir akan diregenerasi untuk bisnis baterai penyimpanan jaringan atau penggunaan kembali baterai. Altna akan menetapkan harga sewa berdasarkan asumsi penggunaan baterai dalam jangka waktu yang lama, mulai dari kendaraan yang akan berkontribusi pada pengurangan beban keuangan pengguna kendaraan listrik.

Sistem sewa dari Altna ini juga bekerja sama dengan Honda dan perusahaan afiliasi Honda. Altna juga menawarkan paket dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan paket yang ada saat ini. Paket ini akan tersedia secara eksklusif melalui Honda ON pada Oktober 2024.

Altna bakal menjalankan pengelolaan bisnis baterai EV yang sudah habis masa pakainya. Hal ini akan memberikan penyesuaian kapasitas pasokan-permintaan untuk memungkinkan stabilitas jaringan yang lebih baik serta berkontribusi terhadap pemanfaatan energi terbarukan secara luas. Kondisi penggunaan baterai akan dipantau dimana baterai yang sudah habis masa pakainya akan didaur ulang.

Altna menawarkan paket pengisian daya kendaraan listrik dengan memanfaatkan teknologi kontrol energi canggih untuk menghindari pengisian daya kendaraan listrik selama jam sibuk. Rencana pengisian daya Altna akan berkontribusi untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan.

Honda dan Mitsubishi Corporation bekerja sama untuk mengatasi tantangan terhadap penerapan kendaraan listrik di masyarakat dan membantu merealisasikan netralitas penggunaan karbon di masyarakat dengan tiga hal. Pertama dengan mengoptimalkan penggunaan anggaran EV, kemudian melakukan peningkatan sirkulasi sumber daya dan mengakomodasi peningkatan permintaan penyesuaian kapasitas melalui baterai penyimpanan jaringan terhadap energi terbarukan di Jepang.

Toshihiro Mibe, CEO & President Honda Motor, mengatakan Honda berupaya menciptakan rantai nilai kendaraan listrik yang terintegrasi serta mencakup semua aspek bisnis EV, mulai dari pengadaan bahan baku hingga produksi, penggunaan EV dan daur ulang baterai EV. "Kami sangat senang kolaborasi ini memiliki aspirasi yang sama untuk mewujudkan dekarbonisasi di masyarakat. Dimulai dengan N-VAN e:, kami akan mengambil pendekatan proaktif untuk membangun landasan bisnis berkelanjutan tidak hanya untuk penjualan EV saja, namun juga untuk menciptakan lingkungan bisnis EV yang optimal termasuk pemanfaatan baterai secara penuh, dimana dapat membantu mempopulerkan kendaraan listrik," tutur Mibe pada pernyataan tertulis yang dikutip pada Jumat (21/46/2024).

Katsuya Nakanishi, Representative Director, President & CEO Mitsubishi Corporation mengatakan pihaknya mengapresiasi kerja sama dengan Honda, yang memiliki kemampuan teknologi luar biasa dan berkomitmen terhadap realisasi sirkulasi sumber daya. Dengan model bisnisnya yang mengintegrasikan mobilitas, energi, layanan, dan data, Mitsubishi berupaya mewujudkan masyarakat netral karbon melalui penerapan kendaraan listrik, kami akan memanfaatkan industri dan keahlian bisnis perusahaan untuk terus berupaya membangun model bisnis lintas industri.

Seiichi Fukui, Representative Director, President & CEO Altna, mengatakan pendirian Altna ini bertujuan untuk menciptakan solusi memaksimalkan nilai dari sumber daya yang terbatas serta efisiensi pemanfaatan energi terbarukan agar manusia dan lingkungan global dapat hidup berdampingan untuk generasi mendatang. "Bersama berbagai mitra, kami akan memberikan alternatif pilihan untuk masa depan yang baru,” ucap Fukui.

Sebagai tambahan, Honda juga telah menyampaikan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik di 2030, dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya. Selain itu, Honda juga berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua lini produk serta aktivitas perusahaannya pada 2050. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved