Marketing

Jurus Mengatur Dana Pendidikan Anak-Anak

Tips Atur Dana Pendidikan Anak oleh Astra Life. (Foto: Istimewa)

Menghadapi tahun ajaran baru 2024 -2025 pada Juli mendatang, para orang tua sudah mulai aktif mempersiapkan kebutuhan untuk anak masuk sekolah ke jenjang berikutnya. Bahkan pendaftaran di beberapa sekolah swasta untuk tahun ajaran 2025-2026 pun sudah dibuka. Untuk mendaftarkan anak masuk sekolah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi untuk menyiapkan dana pendidikan sampai anak kuliah nanti.

Agar orang tua tidak terbebani perlu persiapan sedini mungkin untuk bisa mengumpulkan dana pendidikan anak. Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), uang pangkal sekolah swasta rata-rata naik sebanyak 10–15% per tahun dan inflasi pendidikan nasional mencapai 2,83%. Alhasil, dana pendidikan jadi salah satu tujuan keuangan yang krusial dan perlu direncanakan sedini mungkin.

Heckhel, CFP, Head of Bancassurance Astra Life, mengatakan perencanaan keuangan untuk pendidikan anak merupakan rencana keuangan jangka panjang. Sebaiknya, orang tua berinvestasi pada instrumen keuangan dengan risiko rendah dan imbal balik hasil yang pasti. Idealnya, dalam mempersiapkan dana pendidikan ini, orang tua wajib memiliki proteksi khususnya asuransi jiwa bagi pencari nafkah. "Dengan manfaat utama, proteksi untuk pencari nafkah, AVA Proteksi Pasti juga menyediakan manfaat tahapan yang bisa digunakan sebagai dana pendidikan anak, karena manfaat tahapan tersebut dijamin untuk cair pada periode yang telah dipilih oleh orang tua, misalnya ketika anak mau masuk kuliah. Hal ini menjadikan AVA Proteksi Pasti sebagai produk asuransi jiwa yang cocok untuk membantu mewujudkan dana pendidikan anak," ujar Heckhel dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (21/6/2024).

Untuk mengatasi agar tidak dadakan lagi ketika dana pendidikan tersebut harus segera terpenuhi untuk membayar biaya anak masuk kuliah, Berikut 5 manfaat AVA Proteksi Pasti;

  • Fleksibel memilih masa pembayaran premi

Asuransi dwiguna cocok untuk orang tua yang ingin mempunyai asuransi yang masa pembayarannya singkat atau terbatas dan sekaligus bisa punya nilai tunai serta manfaat tahapan yang terjamin. Produk AVA Proteksi Pasti, menawarkan masa pembayaran premi 3, 5, 10 dan 15 tahun serta pilihan frekuensi pembayaran secara bulanan, kuartalan, semesteran ataupun tahunan yang dapat dipilih nasabah dengan besaran premi yang pasti sama selama masa pembayaran premi.

  • Membawa kepastian berbagai tujuan keuangan

AVA Proteksi Pasti dapat membawa kepastian untuk berbagai tujuan keuangan seperti halnya, manfaat meninggal dunia 100% uang pertanggungan yang akan dibayarkan apabila orang tua sebagai tertanggung meninggal dunia. Manfaat tersebut dapat digunakan untuk dana pendidikan anak atau untuk memenuhi keperluan keluarga.

  • Manfaat perlindungan dari Terminal Illness

Manfaat Terminal Illness 100% Uang Pertanggungan ini akan dibayarkan apabila tertanggung secara medis dinyatakan terkena penyakit terminal Illness.

  • Manfaat perlindungan dari Terminal Illness

Manfaat Tahapan lebih dari 100% dari total premi asuransi dasar yang dibayarkan. Hal ini yang akan menjadi dana yang bisa digunakan untuk persiapan pendidikan anak. Sehingga orang tua dapat mengantisipasi dan tidak khawatir untuk mempersiapkan dana pendidikan anak-anak.

  • Bebas menambahkan manfaat asuransi tambahan

Selain memiliki manfaat meninggal dunia dari AVA Proteksi Pasti, para orang tua yang ingin melengkapi perlindungan juga bisa menambahkan manfaat asuransi tambahan yang tersedia seperti, AVA Death Premium Waiver dengan manfaat Pembebasan Premi, apabila Pemegang Polis meninggal dunia. Kemudian, AVA Total Permanent Disability Premium Waiver dengan manfaat pembebasan premi, apabila pemegang polis didiagnosis menderita cacat total dan tetap. Terakhir, AVA Critical Illness Premium Waiver dengan manfaat pembebasan premi, apabila pemegang polis didiagnosis menderita salah satu atau lebih dari 34 penyakit kritis yang ditanggung. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved