Property

Sentul City Sukses Turnaround dan Bukukan Marketing Sales Rp1 Triliun

Sentul City berhasil turnaround. Laba bersih melonjak 290%, dari rugi Rp162,8 miliar menjadi laba Rp317,8 miliar. (Foto: Sentul City)

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Sentul City Tbk melaporkan pencapaian kinerja keuangan tahun buku 2023 solid. Emiten properti ini berhasil membukukan pendapatan bersih Rp1,7 triliun dengan total aset Rp19,9 triliun dan perolehan laba bersih sebesar Rp317,8 miliar.

Sentul City bisa dikatakan melakukan turnaround. Presiden Direktur PT Sentul City Tbk, Tjetje Muljanto mengatakan pendapatan bersih melonjak 156% dari Rp672,8 miliar di tahun 2022 menjadi Rp1,7 triliun di tahun 2023. Laba bersih meningkat 290%, dari rugi Rp162,8 miliar menjadi laba Rp317,8 miliar. Semua peningkatan ini sesuai dengan tema perseroan “Forging Ahead - Terus Maju Sentul City sebagai The Incomparable Spatial-Economic Based-City on the Hills”.

Lebih jauh Michael Sindoro selaku Direktur Keuangan PT Sentul City Tbk menjelaskan bahwa perseroan berhasil membukukan angka marketing sales Rp1 triliun yang merefleksikan peningkatan penjualan dari bulan ke bulan secara berkelanjutan sejak akhir tahun 2022 hingga akhir tahun buku 2023.

Sementara pendapatan bersih perseroan sebesar Rp1,7 triliun dan laba bersih Rp317,8 miliar terutama dihasilkan dari penjualan kepada PT Izumi Sentul Realty yang merupakan perusahaan patungan antara PT Graha Harmoni Investama (Panasonic Gobel), PT Sumitomo Corp, PT Hankyu Hanshin Properties Corp dan PT Sentul City Tbk, yang bersifat ‘one-off transaction’.

“Kami mengantisipasi tahun 2024, perseroan akan mengalami normalisasi pertumbuhan yang sehat dalam hal peningkatan bisnis, penjualan, recurring incomes dan laba secara berkesinambungan,” jelas Michael.

Sentul City saat ini memiliki land bank seluas lebih dari 14.600 hektare dan 1.100 hektare yang sudah terbangun menjadi kota mandiri Sentul City. Dengan lokasi yang strategis, Sentul City menjadi Central of Gravity pembangunan regional di Indonesia, di antara pusaran pertumbuhan ekonomi yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, Puncak Dua, Sukabumi, Cianjur, Karawang, Cikampek, dan Bandung. Kawasan ini memiliki keunggulan lokasi di perbukitan dengan alam pegunungan dan udara yang baik. Sesuai perannya sebagai master developer, Sentul City melakukan pengelolaan kawasan termasuk pengembangan fasilitas-fasilitas publik, area komersial, residensial, pendidikan, kesehatan dan pariwisata. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved