Management

Strategi KoinWorks Akselerasi Pertumbuhan UMKM Lewat Ekosistem Inklusif

KoinWorks Group menekankan komitmen perusahaan untuk memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia (Foto: Koinworks)

KoinWorks menerbitkan edisi kedua dari Impact Report yang berjudul "Leveling Up The MSME Ecosystem” yang menampilkan hasil dampak sosial perusahaan sepanjang tahun 2023, serta memperkuat komitmennya untuk menjadi the most responsible fintech dalam mendukung pertumbuhan UMKM di seluruh Indonesia pada tahun 2025.

Benedicto Haryono, CEO dan Co-founder KoinWorks Group menekankan komitmen perusahaan untuk memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia. Dia menegaskan bahwa menghadapi berbagai tantangan, kinerja perusahaan tetap tumbuh dengan visi memberikan layanan yang unggul. Pada 2023 KoinWorks telah membuat terobosan signifikan dalam pembiayaan inklusif, dengan fokus pada dukungan tingkat ekosistem yang menjangkau bisnis dalam rantai pasokan yang saling terhubung. Pencapaian ini berhasil berkat dedikasi dan kerja sama tim serta dukungan dari semua pemangku kepentingan.

KoinWorks tidak hanya berfokus pada bidang keuangan, tapi juga meningkatkan ekosistem UMKM di Indonesia, sambil mengedepankan tanggung jawab kepada seluruh penggunanya. Dalam sektor-sektor seperti fast moving consumer goods (FMCG), pertanian, dan kesehatan, faktor kecepatan, efisiensi, dan kelincahan sangat penting. Lebih dari 60% bisnis menghadapi tantangan dalam mengelola rantai pasokan secara efisien, terutama mengenai kendala arus kas.

“Kami memiliki gambaran bahwa UMKM tidak hanya memasuki pasar sebagai pengecer, tetapi menjadi bagian integral dari ekosistem produksi domestik, yang memiliki catatan data bisnis yang komprehensif. Dengan akses ke pembiayaan yang efisien dari KoinWorks, didukung oleh investor individu, UMKM dapat bernegosiasi lebih baik dengan pemasok, merekrut lebih banyak anggota tim, berinvestasi dalam teknologi, dan memanfaatkan peluang pasar baru,” jelas Benedicto.

Andrew Soeherman, CEO Eratani berbagi pengalamannya. "KoinWorks memfasilitasi akses keuangan melalui pendanaan yang lebih mudah dan cepat, terutama bagi petani dan unit bisnis lainnya. Kolaborasi kami dalam pembiayaan rantai pasok, pembiayaan faktur, dan pinjaman langsung kepada petani melalui EraKiosk dan EraFarm telah memberikan perubahan besar,” ucapnya. Demikian halnya dengan Engkus, seorang petani di Indramayu, Jawa Barat, mencatat, dukungan KoinWorks berhasil meningkatkan produktivitas lahan sebesar 20%. Bantuan Koinworks melebihi sumber daya pertanian dan panduan yang agronomis hingga membantu dalam penyerapan hasil panen.

Langkah-langkah penting KoinWorks dalam membangun ekosistem keuangan yang lebih inklusif, antara lain termasuk pengenalan deposito KoinWorks Bank yang menandai momen penting dalam upaya mencetak laba pada paruh kedua tahun 2024. Langkah ini sejalan dengan komitmen untuk memperluas akses keuangan bagi semua orang.

Capaian lain Koinworks yang memberi pengaruh positif terhadap lanskap UMKM di Indonesia di antaranya ekosistem KoinWorks bertumbuh melalui kolaborasi. KoinWorks bermitra dengan para pemain kunci UMKM untuk meningkatkan ekosistem UMKM di Indonesia. Perusahaan ini merancang langkah-langkah ke depan tentang bagaimana tambahan modal melalui mitra bisnis yang tergabung dalam ekosistem KoinWorks dapat meningkatkan seluruh rantai pasokan, dan menyelesaikan kendala likuiditas. Upaya tersebut juga diperkuat dengan dukungan dari pemerintah, fasilitator UMKM, dan pemain keuangan tradisional. Selain itu, mayoritas UMKM didanai oleh investor individu dari Indonesia yang percaya pada ekosistem UMKM Indonesia.

Ekosistem KoinWorks juga bermanfaat sebagai pembelajar yang bersemangat. Koinworks menyediakan kesempatan belajar gratis untuk semua orang, dengan lebih dari 500 acara inklusi keuangan gratis dan hampir 135 ribu peserta secara keseluruhan. KoinPreneur telah menyelenggarakan delapan acara berdampak, termasuk webinar literasi keuangan, workshop registrasi bisnis, kunjungan ke kelurahan, bazar UMKM, dan pameran. Inisiatif ini memberdayakan para pengusaha, dengan 69% peserta perempuan. Pengguna KoinWorks menunjukkan praktik keuangan yang maju, dan memastikan keberlanjutan dan skalabilitas usaha mereka.

Selain itu, ekosistem KoinWorks memungkinkan akses awal keuangan. Melalui solusi keuangan yang inovatif dan inklusif, KoinWorks telah memperluas akses modal bagi UMKM di seluruh Indonesia. Dengan menyalurkan Rp27,3 triliun (US$1,8 miliar) kepada lebih dari 900 ribu UMKM, Koinworks telah memberdayakan ribuan bisnis untuk berkembang dan tumbuh. “Dampak sosial yang kami hasilkan termasuk lebih dari 106 ribu pinjaman, dengan 83% dari pinjaman ini dibiayai oleh investor muda, menunjukkan komitmen kuat dari generasi muda untuk mendukung pembiayaan UMKM,” Benedicto mengungkapkan.

Portofolio Koinworks mencerminkan keragaman dan inklusi, dengan 80% bisnis adalah usaha mikro, 36% merupakan bisnis yang dimiliki oleh perempuan, dan 48% berlokasi di daerah pedesaan. Jangkauan yang luas ini menegaskan misi untuk mendemokratisasi akses keuangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di berbagai segmen masyarakat.

KoinWorks juga mengakselerasi pertumbuhan digital lebih cepat. Penciptaan lapangan kerja adalah pencapaian signifikan KoinWorks sepanjang tahun 2023, dengan 95.000 lapangan kerja baru diciptakan oleh UMKM yang menerima pinjaman usaha dari KoinWorks. Angka ini meningkat 80% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu UMKM melaporkan peningkatan rata-rata 37,8% dalam nilai penjualan dan 37,2% dalam total aset, di mana metrik ini secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang dilaporkan oleh non-pengguna KoinWorks. Inisiatif Koinworks dalam pembiayaan rantai pasokan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan, dengan 94% UMKM mengalami peningkatan penggunaan media digital sejak bergabung dengan KoinWorks.

Benedicto juga menerangkan bahwa pengguna Koinworks telah menerapkan praktik Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG), termasuk mematuhi jam kerja standar, memberdayakan pemasok lokal, dan mematuhi peraturan upah minimum regional.

“Selain itu, kerangka ESG kami memastikan bahwa kami tidak hanya melindungi klien, tetapi juga menjaga akuntabilitas sektor fintech. Kami percaya bahwa pertumbuhan yang berkelanjutan terwujud hanya dengan praktik yang bertanggung jawab dan etis,” kata Benedicto.

KoinWorks mematuhi standar perlindungan klien di tingkat lokal dan internasional, yang dibuktikan dengan partisipasi dalam Digital Finance Service Client Protection Assessment Tools oleh Cerise+SPTF, dengan meraih bronze participation. Komitmen kami terhadap keamanan informasi dan privasi data pengguna semakin diperkuat dengan sertifikasi ISO 27001:2022.

Agenda KoinWorks untuk tahun 2024 adalah memperkuat praktik ESG, memperkuat kesehatan bisnis UMKM, dan membuka jalan bagi pembiayaan hijau dan layanan yang disesuaikan dengan pengusaha perempuan. Ekosistem inklusif memiliki potensi besar untuk perubahan, yakni mengurangi emisi, memberdayakan perempuan, dan menyediakan produk yang merata. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved