Capital Market & Investment

Cerestar (TRGU) Andalkan Bisnis Bahan Pakan Ternak untuk Kejar Laba

Jajaran direksi Cerestar Indonesia. (dok TGRU)

Produsen tepung olahan gandum, PT Cerestar Indonesia Tbk (TGRU), mengandalkan bisnis bahan pakan ternak untuk mengejar target pertumbuhan pendapatan di tahun ini. Langkah ini merupakan bagian dari strategi perseroan demi mempercepat pertumbuhan kinerja dengan memanfaatkan besarnya peluang bisnis bahan pakan ternak di Indonesia.

Bisnis bahan pakan ternak TRGU mulai beroperasi sepenuhnya pada November 2022. Saat ini, fasilitas pendukungnya tersedia fasilitas processing & packaging untuk bahan pakan ternak berkapasitas 38 ribu metrik ton (MT) di Cilegon, Banten. Selain itu, perseroan j memiliki Silo (tempat penyimpanan gandum) berkapasitas 140 ribu MT. “Strategi pertumbuhan dengan mengandalkan bisnis bahan pakan ternak ini kami lihat sebagai pilihan yang masuk akal dalam situasi ketidakpastian baik dari lingkungan global maupun regional. Fluktuasi nilai tukar dollar Amerika Serikat serta konflik bersenjata di beberapa bagian belahan dunia masih mengganggu rantai pasok global sehingga membuat harga kedelai dan gandum berfluktuasi, sehingga membuat kita harus selalu waspada,” kata Direktur Utama Cerestar Indonesia, Indra Irawan di Jakarta, Jumat (21/6/2024).

Pada kuartal pertama tahun ini, segmen bisnis pengolahan tepung menyumbang sebesar Rp1,5 triliun dari total pendapatan senilai Rp1,8 triliun. Sisanya dikontribusikan dari pendapatan lain-lain senilai Rp330,5 miliar. Penjualan TRGU meningkat 50% apabila dibandingkan kurtal pertama tahun lalu.

Perseroan mencermati konsumsi gandum dan kebutuhan pakan ternak kian melonjak di Indonesia. Manajemen TRGU memperkirakan pertumbuhan penjualan yang signifikan di kuartal I di 2024 ini terus berlanjut hingga akhir tahun ini. Oleh karenanya, perseroan optimis akan dapat mencapai target pertumbuhan pendapatan sebesar 10% tahun ini.

Adapun sebagai antisipasi terhadap permintaan tepung terigu di Tanah Air yang terus meningkat, TRGU sedang melakukan penambahan mesin-mesin baru untuk meningkatkan kapasitas produksi sebesar 600 MT/hari di pabrik tepung terigu di Gresik. Penambahan mesin-mesin baru ini akan meningkatkan total kapasitas pabrik tepung terigu di Gresik dari sebesar 1.600 MT/hari menjadi 2.200 MT/hari, dengan penyelesaian yang direncanakan pada kuartal III/2024. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved