Technology

IPC Terminal Petikemas Mulai Pembangunan Alat Pemindai Peti Kemas

Groundbreaking pembangunan alat pemindai peti kemas. (Dok. IPC PTK)

PT IPC Terminal Petikemas (IPC PTK) memulai pembangunan atau groundbreaking alat pemindai peti kemas (Container Scanner) di Terminal 3 Internasional, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (21/6/2024). Pembangunan alat pemindai ini langkah strategis perusahaan dalam mendukung efisiensi, efektivitas serta memastikan keamanan pemeriksaan peti kemas di masa mendatang.

Pembangunan alat container scanner ini sejalan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.04/2020 Tahun 2020 tentang Kawasan Pabean dan Teknologi di sektor logistik dan pabean. IPC TPK sebagai salah satu operator terminal peti kemas di Indonesia mendukung kebijakan tersebut dalam rangka meningkatkan efektifitas pengoperasian alat container scanner serta meningkatkan efisiensi sistem pemeriksaan barang impor dan ekspor dalam peti kemas.

Perencanaan dan persiapan pembangunan container scanner ini telah dilakukan sejak Januari 2024. Diawali dengan survei lokasi, pengukuran, relokasi hanggar hingga simulasi traffic flow guna menjaga kelancaran operasi bongkar muat di lapangan. Selanjutnya akan dilakukan instalasi perangkat pendukung seperti Ruang Command Center, jaringan elektrikal, jalur fiber optik dari Ruang Analis ke alat container scanner hingga pembangunan alat container scanner.

“Terima kasih atas dukungan seluruh pihak terkait dalam pelaksanaan pembangunan alat container scanner ini. Harapannya pembangunan dapat berjalan sesuai target yang ditetapkan dan pengoperasian alat ini nantinya dapat memberikan dampak positif pada seluruh rantai logistik dan mendukung efisiensi pelayanan bongkar muat di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok," kata Guna Mulyana, Direktur Utama IPC TPK. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved