Management

Strategi Pertumbuhan Transcosmos Indonesia di Pasar Digital Marketing Terintegrasi

Jika 11 tahun jumlah karyawan Transcosmos Indonesia masih sedikit, siapa sangka jika kini berkembang hingga 3.200 orang (Foto: TCID)

Mengawali langkah di Indonesia pada tahun 2013, manajemen Transcosmos mungkin tak pernah menyangka bisnisnya akan berkembang pesat di Indonesia. Perusahaan asal Jepang ini mengibarkan bendera PT Transcosmos Indonesia (TCID) di Jakarta melalui kerja sama dengan CBN (Salim Group).

Saat itu, jumlah karyawan Transcosmos masih sedikit, namun kini berkembang menjadi 3.200 orang. Kantor cabang pun tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di Semarang sejak 2018 dan di Yogyakarta pada 2024.

Lalu, apa yang membuat bisnis Transcosmos berkembang pesat?

"Kami terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi serta kebutuhan konsumen di bisnis layanan digital marketing terintegrasi," ujar Ardi A Sudarto, Vice President Director Transcosmos Indonesia.

Ardi menjelaskan bahwa dalam kancah bisnis saat ini, layanan digital marketing telah menjadi kebutuhan esensial. Peluang ini ditangkap oleh Transcosmos Indonesia dengan menawarkan layanan digital marketing yang komprehensif kepada pelanggan. Mulai dari solusi pengembangan website, kampanye digital, manajemen media sosial, platform customer engagement, perencanaan dan pelaksanaan kampanye iklan digital, produksi konten menarik, hingga pemantauan reputasi brand perusahaan, semua layanan ini memungkinkan perusahaan klien untuk tidak perlu menggunakan berbagai vendor yang berbeda.

Layanan digital marketing terintegrasi ini memperkuat posisi TCID dalam membantu perusahaan secara menyeluruh, mulai dari pencarian calon pelanggan, konversi penjualan, hingga layanan contact center untuk mempertahankan pelanggan.

"Layanan utama Transcosmos Indonesia mencakup customer experience, mulai dari contact center hingga digital marketing untuk pra dan pasca-penjualan. Seiring perkembangan teknologi, kami memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dan otomasi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan tanpa menggantikan peran manusia," jelas Ardi.

Salah satu inovasi TCID adalah layanan chatbot dan talkbot yang mampu menangani panggilan masuk dan keluar dengan interaksi mirip manusia. Chatbot ini meningkatkan efisiensi operasional, menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time, dan memastikan pelanggan tidak perlu menunggu lama.

Teknologi terbaru yang dirancang Transcosmos adalah Translingo, alat terjemahan mesin yang memungkinkan layanan obrolan multibahasa tanpa memerlukan agen contact center bilingual. Alat ini mendukung 15 bahasa dan memastikan terjemahan akurat melalui teknologi AI terkini, sehingga meningkatkan komunikasi antara pelanggan dan agen dalam bahasa pilihan mereka.

Transcosmos Indonesia juga mengembangkan TransCXP, platform pengalaman pelanggan omni-channel yang dirancang untuk mengintegrasikan dan menyederhanakan interaksi pelanggan di berbagai platform digital dan voice channel. Tujuan utama pengembangan TransCXP adalah untuk memusatkan dan mengoptimalkan proses layanan pelanggan, memastikan komunikasi yang lancar dan efisien antara bisnis dan pelanggan mereka. Platform ini memanfaatkan teknologi untuk mendukung beragam permasalahan pelanggan, sehingga mendorong peningkatan loyalitas dan kepuasan pelanggan.

Selain itu, TCID menyediakan layanan Robotic Process Automation (RPA) untuk membantu Divisi Human Resources, General Affair, Finance, dan Information Technology dalam beralih dari proses manual ke otomatisasi. Mereka juga terlibat langsung dengan konsumen, seperti yang dilakukan dengan salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods ternama di Indonesia, di mana TCID bertindak sebagai customer care yang hadir secara langsung untuk menyelesaikan isu pelanggan.

Dalam penanganannya, TCID tidak hanya menawarkan layanan contact center dari jarak jauh, tapi bertindak secara langsung menghampiri konsumen dan menyelesaikan isu yang dialami pelanggan untuk memberikan sentuhan personal dalam pelayanannya. Sejak tahun 2019, TCID bertindak sebagai customer care yang hadir secara langsung menghampiri keluhan konsumen hingga ke permasalahan yang mendetail seperti penukaran galon karena ada kerusakan pada pada galon.

Selain itu, TCID menyediakan layanan digital marketing yang komprehensif, mulai dari website development, customer engagement platform, perencanaan dan pelaksanaan kampanye digital advertisement, produksi konten yang menarik, manajemen media sosial, hingga monitor brand reputation perusahaan.

Transcosmos Inc., didirikan pada 18 Juni 1985 di Tokyo, Jepang, memulai perjalanan dengan layanan entri data pada tahun 1966, dan memperluas bisnis ke layanan helpdesk, jaringan, dan sistem pada tahun 1980. TCID memulai bisnisnya dengan layanan call center berbasis human (konvensional) inbound dan outbound yang diperuntukkan bagi customer service dan contact center. Seiring perkembangan teknologi dan digitalisasi, TCID memanfaatkan teknologi AI dan automation untuk meningkatkan pengalaman pelanggan tanpa menggantikan peran manusia.

Saat ini, TCID melayani berbagai klien yang merupakan pemimpin pasar di berbagai industri, meliputi FMCG, perbankan, otomotif, dan e-commerce. Selain berinovasi terhadap teknologi, TCID juga meningkatkan sumber daya manusia sebagai fokus pengembangan bisnis. Menggabungkan standar tinggi dari Jepang dengan budaya Indonesia, TCID menetapkan standar ketat dalam rekrutmen dan pelatihan SDM, menciptakan melting pot yang memperkaya lingkungan kerja dan mendukung pertumbuhan perusahaan.

Semua karyawan TCID diwajibkan untuk mematuhi nilai-nilai perusahaan yang mencakup integritas, inovasi, dan pelayanan pelanggan yang unggul. Selain itu, TCID memberikan pelatihan intensif untuk meningkatkan keterampilan teknis dan non-teknis karyawan.

"Dengan terus berinovasi dan memperluas jangkauan, Transcosmos Indonesia telah menjadi mitra bagi berbagai perusahaan di Indonesia. Kepuasan dan pengalaman pelanggan tetap menjadi prioritas utama, dengan berbagai penghargaan yang telah diterima oleh klien-klien mereka sebagai bukti komitmen ini," pungkas Ardi. Dengan dedikasi pada inovasi dan layanan unggul, Transcosmos Indonesia terus berupaya membuktikan dirinya sebagai pemain utama di industri digital marketing. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved