Technology

CIMB Niaga Tingkatkan Layanan Berbasis Digital di Bali

Foto : CIMB Niaga.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) atau CIMB Niaga mengembangkan inovasi berbasis digital untuk meningkatkan akses dan pengalaman nasabah terhadap beragam produk dan layanannya, termasuk di Bali. Layanan berbasis digital memudahkan nasabah mengakses beragam layanan perbankan dan finansial.

Ahmad S. Ilham, Head of Region Indonesia Timur dan Bali Nusra CIMB Niaga, menyatakan, perkembangan perekonomian dan pariwisata di Bali mendorong CIMB Niaga menyediakan beragam layanan perbankan yang mudah diakses oleh nasabah dan calon nasabah. Layanan perseroan itu berupa layanan konvesional dan platform digital serta berpartisipasi aktif untuk berkolaborasi dengan beragam komunitas dan mendukung kegiatan wisata. Misalnya saja Ubud Food Festival (UFF) 2024 yang diselenggarakan oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati.

Ilham menyampaikan CIMB Niaga bernovasi dan berkolaborasi untuk memperluas layanan dan meningkatkan pengalaman nasabah di Bali. Perseroan meyakini inovasi CIMB Niaga itu mengembangkan beragam produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. "Selain itu, kolaborasi dengan berbagai pihak memungkinkan kami untuk melayani nasabah dari berbagai segmen dengan solusi keuangan yang relevan. Kami ingin terus meningkatkan layanan sehingga dapat menjadi bank pilihan nasabah di Bali,” kata Ilham dalam Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Bali, Jumat (21/6/2024). Kegiatan initurut dihadiri Corporate Communications Head CIMB Niaga, Hery Kurniawan dan Branch Manager CIMB Niaga di Canggu I Gusti Ayu Agung Indira Dewi.

Perseroan menyodorkan aplikasi OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks untuk membuka tabungan, bertransaksi sehari-hari, mengelola pinjaman, hingga berinvestasi. Para nasabah bisnis dapat merasakan kemudahan dari layanan digital CIMB Niaga melalui BizChannel@CIMB, yang membuat berbagai transaksi bisnis menjadi lebih teratur dan efisien. Sedangkan nasabah merchant atau pemilik toko, CIMB Niaga menyediakan aplikasi OCTO Merchant agar transaksi jual beli lebih praktis.

Selain layanan digital, layanan nasabah CIMB Niaga di Bali itu didukung kantor cabanga sebanyak 9 unit (termasuk 1 Digital Lounge dan 1 Digital Branch) dan 161 mesin ATM/CRM. Nasabah dapat bertransaksi di jaringan ATM berlogo Mastercard, Cirrus, ATM Bersama, dan ATM Prima yang tersebar di Bali. Melalui layanan lengkap tersebut, CIMB Niaga terus mengoptimalkan layanan untuk memberikan customer experience yang lebih baik bagi nasabah #YangUtama.

Sebelumnya, CIMB Niaga juga telah menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti apresiasi untuk nasabah CIMB Preferred melalui Wealth Xpo, edukasi bisnis UKM melalui Kejar Mimpi Lokal Berdaya, kerja sama dengan perguruan tinggi, dan meluncurkan inovasi baru kantor cabang berkonsep hybrid yaitu Digital Branch di Canggu, Bali. “Ke depannya, kami akan terus meningkatkan customer experience melalui inovasi digital. Dengan kemampuan sumber daya dan digital serta jaringan, kami siap menciptakan nilai jangka panjang dengan memprioritaskan kebutuhan para stakeholders dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Ilham.

Beragam inisiatif dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga termasuk di Bali, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional. Pada kuartal pertama 2024, CIMB Niaga membukukan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp2,2 triliun, naik sebesar 7,8% secara tahunan. Perseroan menghasilkan earnings per share Rp66,96.

Selain itu, hampir 26% dari total pembiayaan CIMB Niaga (atau setara dengan Rp54,8 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's). Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya CIMB Niaga sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia, yang ditargetkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perseroan juga berpartisipasi untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, CIMB Niaga United Nations Children's Fund (UNICEF) saling bekerja sama untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur. Harga saham BNGA pada perdagangan Jumat kemarin naik sebesar 2,7% atau menjadi Rp1.710 dari perdagangan sebelumnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved