Trends

Dominasi Brand China Sebagai Sponsor Global Euro 2024

BYD, salah satu sponsor Euro 2024 (Dok. China Focus)

Dalam setiap perhelatan akbar olahraga, di balik gemuruh sorak-sorai dan sorot lampu stadion, di antara warna-warni bendera yang berkibar dan gemilangnya aksi para atlet, terdapat aliran tenang namun kuat. Mereka adalah sponsor global. Layaknya not dalam sebuah simfoni, sponsor global membawa suara dan warna uniknya sendiri, berpadu menciptakan melodi harmonis yang menyatukan dunia dalam semangat olahraga.

Begitu pula dengan Piala Eropa 2024. Dengan menawarkan peluang bagi organisasi atau Perusahaan untuk mendapatkan paparan terhadap jutaan penggemar dan penonton, turnamen ini telah menarik banyak perusahaan dan merek terbesar di dunia untuk menjadi sponsor.

Direktur Pemasaran UEFA, Guy-Laurent Epstein mengatakan UEFA menargetkan peningkatan pendapatan hingga 25 persen dibandingkan edisi sebelumnya pada tahun 2020, sementara total penonton global untuk Euro 2024 bisa melampaui 5 miliar, menurut penyedia intelijen pasar olahraga global, Sportcal.

“Ini merupakan pertumbuhan yang sehat. Kami berada di atas target dan memiliki anggaran yang cukup dalam hal ini, jadi kami sangat senang dengan hasilnya. Secara komersial, kami telah mencapai program yang sangat bagus,” kata Epstein.

Direktur Pemasaran UEFA, Guy-Laurent Epstein mengatakan UEFA menargetkan peningkatan pendapatan hingga 25 persen dibandingkan edisi sebelumnya pada tahun 2020 (Dok. ECAEurope)

Ada 13 brand menjadi sponsor global. Nama-nama lama yang menjadi langganan ikut bergabung. Mereka adalah: Adidas, juga Coca-Cola yang jadi mitra lama Euro sejak tahun 1988.

Nama baru pun muncul. Di antaranya: Atos, raksasa IT Prancis. Lalu Booking.com, perusahaan perjalanan online, yang bermitra dengan Euro sebagai sponsor resmi pada November 2023. Kemudian, Betano. Platform taruhan online populer yang didirikan pada tahun 2012, ini bekerja sama dengan Euro pada Desember 2023. Berikutnya ada Lidl. Didirikan pada tahun 1932 oleh Josef Schwarz, jaringan supermarket diskon asal Jerman dengan lebih dari 12.000 toko di 31 negara ini bermitra dengan Euro 2024 pada April 2023.

Sebelum mereka Engelbert Strauss berkomitmen jadi sponsor. Perusahaan terkemuka dalam pakaian kerja dan peralatan keselamatan asal Jerman yang berkantor pusat di Biebergemünd, bergabung dengan Euro 2024 pada Oktober 2022. Juga Visit Qatar yang meneken komitmen menjadi sponsor Euro 2024. Sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022, Qatar Tourism memanfaatkan Euro untuk mempertahankan visibilitas global.

Yang menarik adalah masuknya perusahaan-perusahaan China sebagai sponsor Euro 2024. Mereka adalah:

AliExpress. Didirikan pada tahun 2009, AliExpress, platform ritel online dari raksasa e-commerce Alibaba, bergabung sebagai mitra resmi Euro awal tahun ini. Legenda sepak bola David Beckham menjadi duta merek global entitas ini pada Mei 2024.

Lalu, Alipay+. Platform pembayaran digital terkemuka di dunia yang dioperasikan oleh Ant Group, menjadi mitra resmi lainnya. Diluncurkan pada tahun 2003, platform ini menawarkan cara yang aman dan nyaman bagi penggemar untuk melakukan pembelian selama Euro, mendukung transaksi dalam 27 mata uang dan memfasilitasi pengembalian pajak di 35 negara.

Berikutnya, BYD. Awal tahun ini, BYD, produsen kendaraan listrik (EV) terkemuka asal China, menjadi mitra e-mobilitas resmi Euro 2024. Produsen akan menyediakan armada EV untuk turnamen.

Kemudian, Hisense. Hisense, memperbarui kontraknya dengan kompetisi ini pada Mei 2024 setelah menjadi sponsor di tahun 2016. Sebagai sponsor utama, merek ini mendapatkan penempatan menonjol selama siaran dan di stadion, menampilkan televisi, kulkas, AC, smartphone, dan produk lainnya kepada jutaan pelanggan potensial. Sponsorship ini memberi Hisense hak eksklusif untuk menyediakan layar resmi untuk sistem Video Assistant Referee (VAR) di turnamen ini.

Hisense menjadi Official Screen Provider untuk Video Assistant Referee (VAR) Euro 2024 (Dok. Hisense.id)

Terakhir, Vivo. Produsen smartphone ini memanfaatkan jumlah penonton ponsel besar yang dimiliki Euro untuk mempromosikan teknologi canggih mereka.

"Pada Euro 2024 yang sedang berlangsung, perusahaan China yang mensponsori acara tersebut mencakup lebih dari sepertiga dari 13 sponsor papan atas, menjadikan China sebagai satu-satunya sumber sponsor terbesar untuk acara sepak bola besar tersebut," tulis laporan dari portal resmi pemerintah China, China.org.cn.

Perluas Pasar

Dominannya Perusahaan China di Euro 2024 memantik perhatian. Para analisi menyebut perusahaan-perusahaan ini kemungkinan akan memanfaatkan afiliasi mereka dengan turnamen untuk memperluas ke pasar luar negeri yang baru dan memperkuat kehadiran mereka di pasar yang sudah ada.

Hal itu bukan isapan jempol. Tingkat keberhasilan rencana semacam itu tampaknya tinggi, berdasarkan lonjakan 83 persen dalam pendapatan luar negeri Hisense setelah produsen TV tersebut menjadi sponsor turnamen pada tahun 2016, menurut laporan Bloomberg.

Melakukan branding memang jadi pertimbangan utama. Mensponsori Euro 2024 adalah langkah strategis bagi perusahaan-perusahaan ini karena memungkinkan mereka untuk menjangkau konsumen baru, membangun citra merek mereka, dan menampilkan diri mereka sebagai pemain utama di pasar global dan sejajar dengan merek dari AS dan Eropa, kata para analis.

Lihat saja pernyataan BYD. "Kami sangat senang dan bangga menjadi mitra resmi UEFA Euro 2024. Acara bergengsi ini akan memungkinkan kami untuk menampilkan kemajuan terbaru kami dalam kendaraan listrik kepada audiens yang luas," kata BYD di situs webnya.

Chen Shaofeng, wakil presiden Institut Industri Budaya di Universitas Peking membenarkan hal itu. "Dengan memanfaatkan eksposur dan peluang sebagai sponsor dan pemasok utama untuk turnamen ini, perusahaan-perusahaan China ini berusaha meningkatkan penjualan di pasar Eropa dan global serta berharap tetap kompetitif melawan produsen lokal," katanya kepada Global Times, 18 Juni 2024.

Perusahaan-perusahaan China masih memiliki pangsa pasar yang relatif rendah di Eropa, jadi ada banyak ruang untuk pertumbuhan, kata Chen, dan menjalin kemitraan dengan turnamen sepak bola top Eropa adalah kesempatan bagus untuk membantu mereka go global. Ini juga memungkinkan mereka untuk menunjukkan kemampuan teknologi dan keunggulan produk mereka kepada lebih banyak anggota audiens global.

Iklan Alipay+ sebagai official payment Euro 2024 (IG alipayplus)

Misalnya, Alipay+, solusi teknologi pembayaran dan digitalisasi seluler lintas batas yang dioperasikan oleh Ant International, bertujuan untuk menyediakan teknologi pembayaran seluler yang nyaman bagi penggemar olahraga di seluruh dunia. Orang dapat menggunakan aplikasi mitra pembayaran Alipay+ mereka di rumah di sebagian besar stadion tuan rumah dengan memindai kode QR biru Alipay+ di lapangan atau di layar TV.

Ajang Euro 2024 memang jadi ruang untuk memamerkan lebih banyak kemajuan teknologi China. Hisense dipilih sebagai penyedia layar resmi untuk video assistant referee, teknologi dalam sepak bola yang menggunakan rekaman video dan tim wasit untuk meninjau dan membantu keputusan wasit di lapangan, memastikan akurasi dan keadilan di momen-momen penting.

Dan melihat bagaimana perkembangan bisnis serta teknologi China, bukan hal mustahil kita akan menyaksikan semakin banyak Perusahaan Negeri Panda tersebut di perhelatan olahraga global. Mau tak mau, kita memang mesti mengatakan, “Welcome” bagi mereka. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved