Technology

Kolaborasi Telkomsel, Tencent Cloud, dan MCASH dalam Adopsi Teknologi Biometrik

Dalam suasana yang hangat di Jakarta pada tanggal 19 Juni 2024, tiga perusahaan teknologi, Telkomsel, Tencent Cloud, dan MCASH (PT M Cash Integrasi Tbk), berkumpul untuk menandatangani Nota Kesepahaman, menandai awal dari perjalanan baru dalam dunia digital. Dengan semangat yang sama, ketiganya bertekad mengubah lanskap layanan pelanggan di Indonesia melalui adopsi teknologi pemindaian telapak tangan (palm scanner).

Telkomsel, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di negeri ini, menggandeng Tencent Cloud, salah satu perusahaan cloud terbesar di dunia, serta MCASH, pelopor infrastruktur digital di Indonesia. Mereka bersatu dalam sebuah misi yang mulia: mengeksplorasi dan mengimplementasikan teknologi biometrik yang dapat mengenali pola unik pada telapak tangan setiap individu.

Palm scanner bukan sekadar alat biasa. Teknologi ini dapat membaca dan memetakan vena, sidik jari, serta pola kulit di telapak tangan, menjadikannya sebuah solusi canggih untuk proses verifikasi pelanggan yang biasa dikenal dengan sebutan Know Your Customer (KYC). Dengan kemampuan ini, verifikasi pelanggan menjadi lebih cepat, efisien, aman, dan tentunya nyaman.

Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel, mengungkapkan, "Dalam rangka mewujudkan komitmen dalam meningkatkan kenyamanan, kecepatan, dan keamanan pelanggan, Telkomsel mengimplementasikan solusi teknologi terbaru berupa pemindaian telapak tangan (palm scanner) yang bekerja sama dengan MCASH dan Tencent Cloud. Kami konsisten untuk selalu memanfaatkan teknologi terkini dalam berinovasi dan menciptakan kemudahan serta memberikan dampak positif bagi pelanggan. Upaya kolaboratif ini juga sejalan dengan visi Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi.”

Kolaborasi ini tidak hanya membawa harapan baru bagi kemajuan teknologi di Indonesia, tetapi juga mencerminkan semangat inovasi yang tinggi. Jimmy Chen, VP Tencent Cloud International & Business Director Tencent Cloud APAC, menuturkan, “Kami sangat antusias berkolaborasi dengan Telkomsel dan MCASH dalam mengeksplorasi penerapan teknologi pemindaian dan verifikasi telapak tangan. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna, tetapi juga akan mendorong inovasi dan transformasi digital di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mempercepat adopsi solusi digital yang lebih efisien dan aman serta mendukung upaya Indonesia untuk membangun ekosistem digital yang kuat dan berkelanjutan."

MCASH, dengan ekosistem digitalnya yang kuat, juga berperan penting dalam kemitraan ini. Martin Suharlie, Direktur Utama MCASH, menyatakan, “Kerja sama ini menunjukkan komitmen kami dalam menyediakan solusi digital yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat. Sebagai perusahaan infrastruktur digital di Indonesia, MCASH memiliki ekosistem yang kuat dan memainkan peran penting sebagai tech enabler dalam mengintegrasikan berbagai teknologi terdepan untuk menghadirkan solusi digital. Dengan menggabungkan keahlian kami dengan Telkomsel dan Tencent, kami yakin dapat menghadirkan teknologi verifikasi identitas yang efisien, aman, serta meningkatkan pelayanan pelanggan menjadi lebih baik.”

Palm scanner menawarkan sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi solusi ideal dalam verifikasi identitas. Teknologi ini lebih nyaman digunakan karena tidak terpengaruh oleh faktor-faktor seperti tinggi badan, kemiripan wajah pada kembar, dan suasana ramai. Selain itu, pemindaian telapak tangan mengurangi risiko kesalahan karena meminimalkan kemungkinan salah respons akibat tertangkap kamera. Bersifat agnostik, teknologi ini dapat digunakan di berbagai perangkat keras, perangkat lunak, dan platform, memudahkan penerapannya di berbagai sektor.

Dengan semangat yang sama, Telkomsel akan mengimplementasikan teknologi palm scanner di lingkungan kerja, layanan pelanggan, dan B2B. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional serta memberikan pengalaman layanan yang lebih baik dan aman bagi pelanggan.

Kolaborasi ini adalah sebuah langkah besar menuju masa depan di mana teknologi dan manusia berinteraksi dengan lebih harmonis. Dengan memanfaatkan keunikan setiap individu, teknologi pemindaian telapak tangan ini membawa harapan baru bagi terciptanya masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi, modern, dan penuh inovasi. Di tengah arus perubahan yang cepat, kolaborasi Telkomsel, Tencent Cloud, dan MCASH ini menjadi bukti nyata bahwa teknologi dapat menjadi jembatan menuju dunia yang lebih baik. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved