Trends

Perhutani dan BUMN Bersinergi di Herb Euphoria Fest 2024

Sebagai bentuk komitmen dalam mengembangkan UMKM, Perhutani mendukung Kementerian BUMN dalam penyelenggaraan "Herb Euphoria Fest 2024", sebuah acara Bazar UMKM Untuk Indonesia yang digelar di Sarinah, Jakarta Pusat, pada Kamis, 20 Juni 2024.

Dengan mengusung tema herbal khas Nusantara, kegiatan ini menampilkan lebih dari 100 produk olahan herbal dari 90 UMKM binaan beberapa BUMN, yaitu: Perum Perhutani, PT Bank Mandiri Tbk, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT Adhi Karya Tbk, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Staf Ahli Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, menyampaikan bahwa Herb Euphoria Fest 2024 merupakan bagian dari bazar UMKM untuk Indonesia 2024. Sepanjang tahun 2024, Kementerian BUMN telah mengagendakan 13 kali Bazar UMKM Untuk Indonesia yang akan diselenggarakan di delapan kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Bali, Balikpapan, Jayapura, Makassar, dan Labuan Bajo.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen Kementerian BUMN bersama-sama dengan perusahaan BUMN dalam mendukung pengembangan UMKM, khususnya UMKM binaan BUMN yang bergerak dalam usaha herbal khas Nusantara," ungkap Loto.

Di tempat yang sama, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perhutani, Dewi Fitrianingrum, menyampaikan bahwa sebagai BUMN yang bergerak di bidang kehutanan, Perhutani telah berkomitmen mendukung UMKM terutama yang dikelola oleh Masyarakat Desa Hutan (MDH).

"Dalam event ini, Perhutani menghadirkan 19 UMKM yang menghasilkan produk olahan herbal dan menariknya, bahan-bahan yang dipakai merupakan hasil hutan yang dikerjasamakan dengan MDH," jelas Dewi.

"Kami berharap dengan Herb Euphoria Fest 2024 ini, Perhutani serta BUMN lainnya dapat memberikan edukasi mengenai kekayaan herbal Nusantara dan mendorong gaya hidup sehat secara alami, khususnya pada generasi muda Indonesia. Selain itu, juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya pertumbuhan ekonomi di daerah sekitar hutan."

Selain berbagai produk herbal, acara ini juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat lainnya, seperti Herbs Talkshow, Creative Workshop, Racik Jamu Competition, Pawai Herbal, Business Consulting, Wellness Program, dan banyak lagi. Herb Euphoria Fest 2024 akan berlangsung selama tiga hari, yakni pada 20 – 23 Juni 2024 di Sarinah, Jakarta Pusat, dan di Living World Denpasar, Bali, pada 27 – 30 Juni 2024.

Dengan semangat yang membara dan kolaborasi yang kuat, "Herb Euphoria Fest 2024" menjadi bukti nyata dari upaya bersama dalam mengangkat kekayaan herbal Nusantara dan mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved