Capital Market & Investment

Investor Asing Catat Net Buy, Saham Bank Big Four Kompak Naik

Ilustrasi foto : Istimewa.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Jumat pekan lalu naik 0,89% dan mencatatkan beli bersih investor asing senilai Rp1,1 triliun. “Kami melihat bahwa 3 dari Big 4 Banks di Indonesia yakni BBCA, BMRI, dan BBNI mencatatkan total net foreign buy sebesar Rp732 miliar, mayoritas bersumber dari net foreign buy pada BBCA sebesar Rp556 miliar. Realisasi ini mendorong net foreign activities pada ketiga bank tersebut dalam 1 pekan terakhir masuk ke zona net foreign buy dengan total mencapai Rp700 miliar,” ujar Rahmanto Tyas Raharja, Investment Analyst Lead Stockbit Sekuritas pada risetnya di Jakarta, Senin (24/6/2024).

Sementara itu, BBRI masih mencetak net foreign sell, yang sekaligus menandai aksi jual bersih dari investor asing selama 21 hari bursa secara berturut-turut. Meski demikian, harga saham BBRI masih ditutup menguat +3,98% pada perdagangan Jumat lalu, mengikuti 3 big banks lain yang ditutup menguat 1,9–3,2% pada periode itu. Meski demikian, keempat Big 4 Banks masih mencatatkan net foreign sell dalam 1 bulan terakhir maupun sejak awal tahun (year to date).

Hal ini dapat mengindikasikan kembalinya optimisme investor asing atas pasar saham Indonesia sehingga mulai tertarik untuk kembali masuk ke saham Indonesia, termasuk Big 4 Banks. Hal ini berpotensi didasari oleh berbagai faktor, seperti berbagai sentimen negatif yang telah terefleksi (priced-in) serta valuasi yang telah mencapai level yang atraktif,” ucap Rahmanto. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved