Capital Market & Investment

Caplok Dekoruma Rp1,16 Triliun: Strategi Baru BliBli (BELI) untuk Pasar Home and Living

Experience Center Dekoruma. Entitas Grup Djarum BELI akuisisi Dekoruma Rp1,16 triliun. (Dok. Dekoruma)

Dunia e-commerce Indonesia bergoyang. e-Commerce yang menjadi bagian dari entitas Grup Djarum BliBli atau PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) mengakuisisi startup properti Dekoruma senilai Rp1,16 triliun lebih, Kamis (20/6/2024). Dalam keterangannya kepada bursa, perseroan membeli sebanyak 26.167 lembar saham seri C yang mewakili kurang lebih 99,83% dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam PT Dekoruma Inovasi Lestari (DIL) atau Dekoruma.

Pertanyaannya: mengapa BliBli mau mengucurkan uang sebanyak itu?

Direktur BELI dalam keterbukaan informasi kepada Bursa efek Indonesia, Senin (24/6/2024) mengungkapkan transaksi tersebut diharapkan dapat memberikan stimulus bagi bisnis Perseroan, khususnya dalam ranah produk home and living. Hal ini sejalan dengan upaya-upaya Perseroan untuk menyesuaikan dan menyelaraskan jalur perdagangan daring (online) dan luring (offline), sehingga Perseroan bersama-sama dengan PT DIL dapat berkembang menjadi perusahaan yang terintegrasi di bidang perdagangan baik secara daring (online) maupun luring (offline).

“Perseroan melihat bahwa dengan dilaksanakannya transaksi ini, Perseroan dapat memiliki peluang lebih besar untuk memahami potensi dan kewajiban yang mungkin timbul di masa depan. Perseroan juga memiliki peluang untuk melakukan pengelolaan risiko yang lebih efektif dan pengambilan keputusan yang lebih terinformasi dalam transaksi tersebut, dibandingkan dengan melaksanakan transaksi ini dengan pihak ketiga lain yang tidak terafiliasi dengan Perseroan. Selain itu, proses penyatuan pandangan visi dan misi yang sama antara Perseroan dan PT DIL dapat dilaksanakan secara efektif, sehingga dapat mendorong optimalisasi sinergi bisnis yang lebih baik,” katanya.

Setelah penyelesaian transaksi, Perseroan berencana untuk mengembangkan jalur perdagangan daring (online) dan luring (offline) PT DIL. Dengan mempertimbangkan rencana tersebut, Perseroan sebagai pemilik dari PT DIL akan bekerja sama untuk memperluas jangkauan kategori produk home and living sebagai bagian yang tak terpisahkan dari integritas bisnis Perseroan.

“Perseroan, sebagai sebuah entitas yang telah lama beroperasi dalam perdagangan baik secara daring (online) maupun secara konvensional, bermaksud untuk mengintegrasikan jalur perdagangan daring (online) dan luring (offline) guna menciptakan sinergi yang optimal di antara keduanya. Transaksi ini diharapkan dapat memberikan stimulus bagi bisnis Perseroan, khususnya dalam ranah produk home and living, sejalan dengan upaya-upaya untuk menyesuaikan dan menyelaraskan jalur perdagangan daring (online) dan luring (offline),” ucapnya.

Dekoruma berdiri pada tahun 2015 dengan tujuan utama adalah membantu memenuhi kebutuhan furniture dan dekorasi rumah keluarga Indonesia, secara nyaman dan menyenangkan. Perjalanan Dekoruma dimulai sebagai marketplace furniture dan dekorasi di tahun 2015, kemudian menambah jangkauan bisnisnya dengan layanan jasa desain interior di tahun 2017 yang berkembang cukup pesat dan menjadi salah satu pelopor jasa desain interior secara online. Demi melengkapi kebutuhan pada tahun 2019 Dekoruma meluncurkan unit bisnis penjualan properti yang juga menerima respons positif dari pasar.

Pencapaian Dekoruma saat ini telah memiliki 1 juta+ pelanggan, menyediakan 100.000+ produk furniture dan dekorasi, 3.000+ proyek desain interior telah terbuat oleh 100+ desainer interior partner terpilih, 2.000+ desainer interior yang memanfaatkan Dekoruma Design Tools - SOMA dan 100+ partner property developer dan bank yang bekerja sama. Dekoruma juga memiliki experience center di beberapa kota mulai dari Jakarta, Bandung, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Tangerang Selatan, Semarang, Makassar, dan Medan.

Dengan bergabungnya Dekoruma di bawah payung BliBli, harapan baru pun terbit. Sebuah kolaborasi yang tidak hanya menjanjikan pertumbuhan bisnis, tetapi juga peningkatan kualitas hidup bagi banyak keluarga di Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved