Technology

Lima Strategi Line Menaklukkan Pasar Global

Ilustrasi ulang tahun Line ke-13. (Dok. Line Indonesia)

Pada tanggal 23 Juni 2024, perusahaan aplikasi asal Jepang, Line, merayakan ulang tahunnya yang ke-13. Line telah berkembang dari sebuah aplikasi pesan menjadi ekosistem global yang beragam, dengan mencatatkan 196 juta pengguna aktif bulanan (MAU) secara global pada bulan September 2023. Empat pasar terbesar, yaitu Jepang, Thailand, Taiwan, dan Indonesia, berkontribusi sebanyak 179 juta pengguna aktif bulanan.

Dalam usahanya untuk terus tumbuh dan berkembang, Line fokus pada inovasi yang memudahkan kehidupan sehari-hari penggunanya. Di Indonesia dan pasar global lainnya, beberapa layanan Line menonjol dengan pencapaian yang signifikan.

Line Splitbill: Solusi Berbagi Tagihan

Layanan Line Splitbill menjadi alat penting bagi pengguna di Indonesia. Sepanjang tahun 2023, lebih dari 10 juta struk telah dipindai oleh pengguna, meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada bulan dengan angka tertinggi, hampir 1 juta struk dipindai.

Bambang Ramdhan, Lead PR & Marketing Line Indonesia, menjelaskan bahwa kehadiran Line Splitbill didasari oleh survei yang dilakukan pada Februari 2019. “Dari sebanyak 24.443 responden berumur 17 tahun ke atas yang terdiri dari 65% pria dan 35% wanita, 68% di antaranya menyetujui jika kebiasaan berbagi tagihan sesuai pesanan masing-masing adalah kebiasaan yang disukai setelah makan bersama,” jelas Bambang.

Line Webtoon: Pemimpin Pasar Webtoon Digital

Line Webtoon telah menjadi platform webtoon digital global terkemuka yang tersedia di 150 negara. Pada kuartal pertama tahun 2024, Line Webtoon mencatat 169 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, mendekati angka 170 juta pengguna. Pencapaian ini menegaskan bahwa Line Webtoon terus menjadi pilihan utama bagi penggemar webtoon di berbagai belahan dunia, menawarkan berbagai konten menarik yang mudah diakses oleh pengguna di mana saja.

Dari sisi kreator dan konten, Line Webtoon juga menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan. Pada akhir tahun 2023, jumlah episode yang diunggah setiap harinya mencapai 124.000. “Hal ini mencerminkan antusiasme dan partisipasi aktif dari komunitas kreator Line Webtoon, yang terus berkontribusi untuk memperkaya koleksi webtoon dan memberikan pengalaman membaca yang lebih menarik bagi para pengguna,” ujar Bambang.

Ekspansi Line Stiker dan Kreator

Pada tahun 2023, lebih dari 60 juta stiker dikirim setiap bulannya oleh pengguna Line, dengan rata-rata bulanan 1 juta pengguna aktif mengirim stiker. Lebih dari 100.000 stiker terjual, dengan IP populer seperti Milk & Mocha, SPYxFamily, Lotso, LINE Friend, dan karakter Sanrio sebagai stiker yang paling banyak diunduh di Indonesia. Line Creators Market, platform yang memungkinkan pengguna Line di seluruh dunia untuk membuat dan menjual stiker mereka sendiri, terus berkembang.

Platform ini memiliki lebih dari 5 juta kreator terdaftar dengan total penjualan mencapai JPY 120 miliar (US$ 887 juta). Sebanyak 198 kreator telah meraih pendapatan lebih dari 100 juta Yen, dan total penjualan rata-rata untuk 10 kreator teratas mencapai 1,352 miliar Yen (USD 10 juta) per kreator.

Pertumbuhan Line Games dan Line Bank

Line Games mencatat hampir 400 ribu pengguna aktif bulanan pada Mei 2024, dengan dua game terpopuler yaitu Line Get Rich dan Line Rangers. Sementara itu, Line Bank memulai tahun 2024 dengan solid setelah mencatatkan performa positif di tahun 2023. Hingga September 2023, Line Bank telah memiliki 700 ribu pengguna, dengan total unduhan lebih dari 6,3 juta kali sejak diluncurkan pada Juni 2021.

Line terus menunjukkan komitmennya untuk berinovasi dan menumbuhkan basis penggunanya melalui berbagai layanan yang relevan dan berkualitas. Dengan strategi bisnis yang kuat dan fokus pada kebutuhan pengguna, Line tetap relevan dan kompetitif di pasar global yang dinamis.

Pertanyaannya sekarang, mengapa Line sukses? Apa faktor pendorongnya?

Analisis Strategis Kesuksesan Line

Kesuksesan Line dalam mempertahankan dan mengembangkan pangsa pasarnya dapat diatributkan kepada beberapa faktor strategis utama:

1. Diversifikasi Layanan: Line tidak hanya berhenti sebagai aplikasi pesan, tetapi berkembang menjadi ekosistem yang mencakup berbagai layanan seperti pembayaran digital, webtoon, permainan, dan perbankan. Diversifikasi ini memungkinkan Line untuk menjangkau berbagai segmen pasar dan kebutuhan pengguna yang berbeda-beda.

2. Inovasi Berkelanjutan: Line terus menghadirkan inovasi yang memudahkan kehidupan sehari-hari pengguna. Dari fitur berbagi tagihan hingga platform webtoon, Line memastikan bahwa mereka selalu menawarkan sesuatu yang baru dan relevan. Inovasi berkelanjutan ini membantu Line tetap kompetitif dan menarik di mata pengguna.

3. Pemahaman Mendalam tentang Pasar Lokal: Line menunjukkan kemampuan adaptasi yang kuat terhadap kebutuhan dan preferensi pasar lokal di setiap negara tempat mereka beroperasi. Misalnya, layanan Line Splitbill di Indonesia didasarkan pada hasil survei yang mendalam tentang kebiasaan lokal berbagi tagihan. Pemahaman mendalam ini memungkinkan Line untuk menciptakan layanan yang relevan dan diterima dengan baik oleh pengguna.

4. Keterlibatan Komunitas Kreator: Line Webtoon dan Line Creators Market menunjukkan bagaimana Line memanfaatkan komunitas kreator untuk memperkaya ekosistem kontennya. Dengan memberikan platform bagi kreator untuk menghasilkan dan menjual karya mereka, Line tidak hanya meningkatkan variasi konten tetapi juga memperkuat loyalitas dan keterlibatan pengguna.

5. Kolaborasi dan Kemitraan Strategis: Line aktif berkolaborasi dengan berbagai IP populer dan karakter terkenal untuk stiker mereka. Kemitraan strategis ini tidak hanya memperkaya konten stiker, tetapi juga menarik pengguna baru yang merupakan penggemar dari IP-IP tersebut.

Dengan strategi diversifikasi, inovasi berkelanjutan, pemahaman mendalam tentang pasar lokal, keterlibatan komunitas kreator, dan kolaborasi strategis, Line telah menunjukkan bahwa mereka mampu tetap relevan dan kompetitif di pasar global yang dinamis. Line terus menunjukkan komitmennya untuk berinovasi dan menumbuhkan basis penggunanya melalui berbagai layanan yang relevan dan berkualitas. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved