Technology

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Nasabah, BRI Implementasikan AI

Arga M. Nugraha, Direktur Digital dan IT BRI.(Foto: Audrey Aulivia Wiranto/SWA)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menerapkan inovasi seiring diimplementasikannya Artificial Intelligence (AI) di berbagai aspek bisnis dan produknya. Implementasi AI ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional guna menyediakan produk dan layanan yang lebih personal dan inklusif kepada nasabah.

Arga M. Nugraha, Direktur Digital dan IT BRI, menegaskan BRI aktif mengikuti perkembangan teknologi AI. Teknologi ini merupakan langkah penting dalam humanisasi layanan BRI, terutama dalam layanan digital. Ia juga menyoroti inovasi utama BRI, yaitu Sabrina, sebuah chatbot berbasis AI yang mengubah cara BRI berinteraksi dengan nasabah. Sabrina dikembangkan dengan menggunakan Natural Language Processing (NLP) dan analytics canggih sehingga mampu memahami percakapan dengan lebih baik.

Menurut Arga, Sabrina memudahkan nasabah untuk mengakses layanan perbankan tanpa batasan waktu dan tempat hanya dengan menggunakan perintah suara. "BRI berusaha agar layanannya tetap inklusif dan aksesibel dengan dukungan jaringan yang luas hingga pelosok negeri. Sabrina telah dikembangkan dengan menggunakan Large Language Modelling (LLM) sehingga dapat mendukung 8 bahasa daerah, seperti bahasa Jawa, Sunda, dan Padang, dengan efisiensi yang lebih tinggi dalam memahami pertanyaan atau perintah dalam bahasa daerah," ujar Arga di sela-sela Tech in Asa: Product Development Conference 2024 di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Selain Sabrina, BRI juga memanfaatkan AI untuk meningkatkan kinerja frontliners seperti customer service dan agen call center melalui penggunaan generative AI. Salah satu implementasinya adalah melalui mesin pencari bernama Working Instruction Search Engine (WISE), yang membantu frontliners dalam memberikan solusi dan prosedur penanganan pertanyaan atau keluhan nasabah.

Arga menjelaskan BRI mengadopsi teknologi robotic arm untuk manajemen pengolahan uang tunai di kantor regional. "Teknologi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses pengambilan, penyetoran kembali, dan penyortiran uang tunai, serta untuk mengurangi kesalahan dalam proses tersebut," lanjutnya

Dengan demikian, BRI terus berinovasi dalam penerapan teknologi AI untuk menghadirkan layanan perbankan yang lebih efisien, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan nasabah di era digital saat ini. BRI akan terus berinovasi dan aktif dalam melayani nasabahnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved