Capital Market & Investment

BNI Sekuritas Raih Penghargaan Bergengsi untuk Proyek Energi Terbarukan

PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) kembali mencatatkan prestasi gemilang di kancah internasional dengan meraih penghargaan "Renewable Energy Deal of the Year" dalam ajang bergengsi The Asset Triple A Sustainable Infrastructure Awards 2024. Penghargaan ini diberikan atas peran BNI Sekuritas sebagai Underwriter dalam penerbitan obligasi berwawasan lingkungan (Green Bond) pertama dari perusahaan swasta, PT Arkora Hydro Tbk (ARKO), dengan total nilai penerbitan mencapai Rp339,89 miliar.

The Asset Triple A Sustainable Infrastructure Awards adalah salah satu penghargaan paling bergengsi dalam industri perbankan, keuangan, treasury, dan pasar modal. Melalui ajang ini, The Asset memberikan penghormatan kepada lembaga-lembaga di Asia yang berkontribusi signifikan terhadap pembangunan infrastruktur, terutama yang membutuhkan kerjasama antara sektor publik dan swasta. Infrastruktur dianggap vital untuk pembangunan ekonomi, namun menghadapi tantangan besar dalam pengembangan proyek yang layak dan kesepakatan pasar modal.

Menurut Bank Pembangunan Asia, kebutuhan infrastruktur di Asia Pasifik diperkirakan mencapai lebih dari US$22,6 triliun hingga 2030, atau sekitar US$1,5 triliun per tahun. Angka ini meningkat menjadi lebih dari US$26 triliun jika biaya adaptasi iklim diperhitungkan. Proyek-proyek infrastruktur terbarukan di Asia menjadi pendorong utama pembiayaan yang mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Direktur Investment Banking BNI Sekuritas, Nieko Kusuma, menegaskan bahwa penghargaan ini adalah bukti nyata dari komitmen BNI Sekuritas untuk mendukung proyek-proyek energi terbarukan yang berkelanjutan di Indonesia. Dengan pengalaman ekstensif sebagai Underwriter, BNI Sekuritas memainkan peran penting dalam mendukung investasi di sektor ini. Nieko menambahkan, "BNI Sekuritas meyakini bahwa implementasi prinsip Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG) akan membuat industri pasar modal semakin menarik bagi para investor maupun korporasi dalam alternatif investasi dan pendanaan di pasar modal."

"Ini adalah penawaran obligasi berwawasan lingkungan perdana oleh PT Arkora Hydro Tbk, yang hasilnya digunakan untuk refinancing fasilitas pinjaman yang dimiliki penerbit dan untuk mengembangkan proyek-proyek baru. Penerbitan ini didukung oleh jaminan kredit parsial yang diperpanjang oleh PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF), yang memungkinkan penerbit untuk mendapatkan peringkat kredit idA dari Pefindo," jelas Nieko.

Hingga pertengahan tahun 2024, BNI Sekuritas kembali terlibat sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi berwawasan lingkungan yang diterbitkan oleh perusahaan swasta, PT OKI Pulp & Paper Mills (OKI). OKI berhasil menerbitkan Penawaran Umum Berkelanjutan I Green Bond Tahap III dan Tahap IV masing-masing sebesar Rp114 miliar pada akhir Maret 2024 dan Rp200 miliar pada akhir Mei 2024.

"Kami berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi BNI Sekuritas untuk terus berinovasi dan berkomitmen memberikan kontribusi positif yang lebih signifikan bagi pembangunan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia terutama melalui pendanaan pasar modal," tutup Nieko.

Dengan prestasi ini, BNI Sekuritas tidak hanya menunjukkan kemampuan dan dedikasinya dalam mendukung proyek-proyek hijau, tetapi juga memperkuat posisinya sebagai pemain utama di industri keuangan dan pasar modal Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved