Business Research

Survei Katadata dan Kredivo: Paylater Jadi Pilihan Favorit Anak Muda Indonesia

Peluncuran Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024. (Foto: Audrey/SWA)

Siapa pengguna paylater terbanyak?

Jawabannya: mayoritas pengguna paylater di Indonesia berasal dari generasi milenial dan Gen Z, atau mereka yang berusia di atas 18 tahun. Hasil survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center dan Kredivo mengungkapkan bahwa sekitar 70,4% pengguna Kredivo berada di usia tersebut.

Executive Director Katadata Insight Center, Adek Media Roza, menjelaskan bahwa proporsi pengguna yang berusia 36 tahun ke atas juga meningkat dari 27,8% pada tahun 2022 menjadi 29,6% pada tahun 2023.

"Survei ini melibatkan lebih dari dua juta sampel pengguna Kredivo dari 34 provinsi, dengan total responden hampir mencapai 7.000 orang. Data juga mencakup lebih dari 20 juta transaksi dari lima marketplace terbesar dan tujuh merchant ritel terbesar," ungkap Adek dalam jumpa pers, Selasa (25/06/2024).

Metode buy now paylater (BNPL) semakin populer sebagai opsi kredit pertama di Indonesia, dengan 68% responden menganggapnya sebagai kredit pertama yang mereka gunakan. Alasan utama memilih paylater adalah karena mereka tidak memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dan mencari alternatif pembayaran selain kartu kredit. Kepuasan pengguna terhadap pengalaman menggunakan paylater juga meningkat, dengan skor tertinggi pada aspek transaksi.

Penggunaan paylater paling umum tidak hanya untuk pembelian barang mahal, tetapi juga untuk pembelian pulsa dan voucher (21,2%), makanan (17,6%), serta produk kesehatan dan kecantikan (15,8%). Penggunaan paylater juga mengalami peningkatan dalam enam dari 13 kategori produk yang disurvei. Contohnya, penggunaan untuk makanan meningkat dari 16,6% pada tahun 2022 menjadi 17,6% pada tahun 2023, sementara untuk kategori kesehatan dan kecantikan naik dari 14,4% menjadi 15,8%.

Terkait preferensi tenor, ada tren peningkatan di kalangan konsumen yang memilih tenor lebih dari 12 bulan, mencapai 31,4% pada tahun 2024 dibandingkan dengan 28% tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa banyak konsumen beralih ke tenor lebih panjang untuk mengelola pembayaran bulanan dengan lebih ringan.

Dengan meningkatnya popularitas dan penggunaan paylater, tampak jelas bahwa generasi muda Indonesia semakin mengandalkan layanan ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Well... Apakah ini berarti kita sedang melihat perubahan permanen dalam cara konsumen bertransaksi? Waktu yang akan menjawab, tetapi satu hal yang pasti: paylater sudah menjadi bagian integral dari gaya hidup modern kita. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved