CSR Corner

Pertamina Geothermal Area Ulubelu Menanam 1.500 Bibit Pohon Multiguna

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Area Ulubelu Tanam 1.500 Pohon . (Foto: PT Pertamina Geothermal)

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Area Ulubelu bersama-sama dengan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Margo Rukun Bestari menanam pohon multi guna atau MPTS (Multi Purpose Tree Spesies) sebanyak 1.500 batang dan menggelar Seminar Rakyat di Pekon Ngarip, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung pada 12 Juni 2024. Kiemas Amin Yusfi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh PGE Area Ulubelu dalam menjaga, memulihkan, serta melestarikan lingkungan.

Restorasi lahan merupakan langkah proaktif untuk melindungi dan menghidupkan kembali ekosistem yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Upaya ini bertujuan mengembalikan fungsi alami ekosistem, meningkatkan produktivitas tanah, serta menjaga keanekaragaman hayati.

Hal ini merupakan upaya dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah dicanangkan oleh PBB. “Saya harap aksi ini dapat menginspirasi pihak-pihak lainnya, sehingga penanaman pohon dapat dilakukan secara berkelanjutan di berbagai lokasi,” ungkap Kiemas pada keterangan tertulis pada Selasa (25/6/2024).

General Manager PGE Area Ulubelu, Hadi Suranto, memaparkan upaya-upaya yang telah dilakukan dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) di KUPS Margo Rukun Bestari. “Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, bersama-sama dengan KUPS Margo Rukun Bestari, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang berkelanjutan sehingga masyarakat dapat hidup harmonis berdampingan dengan hutan. Pada tahun 2023, kami telah melakukan penanaman 1.000 pohon jenis MPTS di lahan seluas 10 hektare," ujarnya.

Kemudian, perseroan di tahun ini menanam 1.500 pohon jenis MPTS yang mencakup 15 hektare lahan kritis serta penanaman bambu, dan beringin sebagai upaya konservasi air di beberapa lokasi sumber air di Pekon Ngarip.

Terkait dengan lahan kritis, Kepala KPH Batu Tegi, Dikki Aryanto, memaparkan luasan lahan kritis di Kecamatan Ulubelu, Pekon Ngarip serta yang berada di KUPS Margo Rukun Bestari. “Saat ini terdapat 34.694,89 hektare lahan di Kecamatan Ulubelu yang masuk kategori kritis dan 1.140,11 hektare yang masuk kategori sangat kritis. Sementara di Pekon Ngarip terdapat 281,44 ha lahan kritis,” ujarnya.

KPH Batu Tegi mengapresiasi langkah-langkah PGE Area Ulubelu bersama KUPS Margo Rukun Bestari yang telah mendukung pengelolaan hutan lestari sekaligus menjaga keseimbangan lingkungan seperti kegiatan penanaman pohon ini. Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, PGE Area Ulubelu turut berpartisipasi dalam kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus dalam kegiatan penanaman pohon di lingkungan pemda serta coastal clean-up di pesisir pantai Kota Agung. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved