Trends

Biro Kredit CLIK Perkuat Inovasi dan Sinergi Strategis untuk Mendukung Pertumbuhan Industri Kredit

PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan (CLIK) terus memperkuat operasional bisnisnya dengan memprioritaskan produktivitas, efisiensi operasional, dan keunggulan yang berorientasi pada klien. Sebagai biro kredit swasta Indonesia yang menyediakan layanan untuk membantu pengambilan keputusan finansial bagi lembaga keuangan maupun non-keuangan, CLIK berkolaborasi dengan perusahaan biro kredit lain di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran di kalangan pemangku kepentingan dari sektor swasta dan pemerintah.

CLIK adalah perusahaan afiliasi dari CRIF SpA (CRIF) dan merupakan perusahaan patungan dengan penyedia teknologi dan layanan terkemuka lainnya. Dengan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diperoleh pada tanggal 30 September 2019, CLIK bertujuan untuk memanfaatkan pengalaman internasional CRIF selama lebih dari 30 tahun dan teknologi yang telah digunakan CRIF di 55 negara untuk membangun ekosistem layanan biro kredit yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia.

“Bank konvensional dan perusahaan multifinance masih sangat bergantung pada proses kredit yang sudah ada dan berdampak pada hambatan di ekspansi industri kredit. Di sisi lain, industri fintech menghadapi tekanan signifikan seperti penurunan suku bunga dan reformasi regulasi yang diperlukan untuk mengembangkan sektor ini secara berkelanjutan,” ujar Presiden Direktur CLIK Leonardo Lapalorcia.

Menurut CLIK, tahun lalu merupakan tahun yang cukup menantang. Reformasi regulasi yang melibatkan LPIP (Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan) dan ICS (Innovative Credit Scoring) berdampak besar pada bisnis CLIK. Namun, berkat fokus perusahaan pada penguatan di sisi internal, CLIK berhasil mencatatkan kinerja bisnis yang positif.

“Komitmen pada penguatan struktur organisasi, kompetensi, serta fokus pada produktivitas sepanjang tahun lalu, CLIK berhasil meraih margin kotor sekitar 30%, peningkatan luar biasa dalam total enquiry klien (lebih dari 200%), dan kami juga berhasil memperoleh hingga 52 klien baru pada tahun lalu. Pencapaian tersebut memperlihatkan kepercayaan klien terhadap kualitas layanan CLIK,” tambah Leonardo.

Chief Revenue Officer CLIK, Jan Louise Rudy Tjintjelaar, menambahkan bahwa lembaga keuangan dan non-keuangan kini mencari solusi untuk mengembangkan strategi terbaik dalam menyalurkan pinjaman secara efektif, sambil tetap menjaga profitabilitas sebagai prioritas mereka. Di sinilah peran biro kredit swasta di Indonesia untuk bisa berkontribusi lebih. “Biro kredit swasta punya peran untuk mengurangi risiko NPL, mendapatkan akses ke pasar baru, dan penilaian kredit inovatif untuk meningkatkan produktivitas lembaga keuangan,” tuturnya.

CLIK sendiri sudah meluncurkan beberapa produk sejak tahun lalu dengan fokus untuk mendukung kinerja sektor kredit lembaga keuangan. Beberapa rangkaian produk CLIK antara lain:

  • Consumer Enquiry – API: Produk dengan respons cepat yang melayani kebutuhan pemberi pinjaman, termasuk LPIP dan pelanggan lainnya.
  • CLIK Dashboard: Perangkat manajemen informasi yang menyediakan akses tanpa hambatan dan real-time, paling komprehensif dan terbaru tentang data Pasar Kredit Indonesia. Solusi berbasis web interaktif ini memberdayakan pemimpin industri, eksekutif, peneliti, dan pejabat pemerintah dengan perangkat yang mereka butuhkan untuk menavigasi dan memahami dinamika di industri ini.
  • CLIK Spectrum: Menggunakan skor telekomunikasi, Bank dapat meningkatkan tingkat approval pinjaman hingga 10% tanpa mempengaruhi tingkat NPL, mampu mengidentifikasi pelanggan dengan risiko menengah ke segmen risiko rendah.

CLIK memperoleh informasi keuangan yang dilaporkan oleh lembaga keuangan kepada OJK melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan. Informasi ini, bersama dengan informasi non-keuangan lainnya yang diperoleh dari lembaga keuangan dan non-keuangan yang tidak melapor, kemudian digabungkan untuk menciptakan produk mulai dari Skor Kredit hingga Portfolio Alert. Produk-produk yang diciptakan CLIK memungkinkan institusi untuk membuat keputusan yang efisien dan akurat yang melibatkan nasabah dan calon nasabah secara transparan, menutup kesenjangan informasi. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved