Capital Market & Investment

Badan Bank Tanah Gandeng JTrust Bank Tarik Investor Jepang ke IKN

Penandatanganan MoU anatara Badan Bank Tanah, JTrust Bank dan JTrust Consulting. (Foto Ubai/SWA)

JTrust Bank, Badan Bank Tanah dan JTrust Consulting Indonesia saling bekerjasama untuk membawa investor Jepang berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Nantinya Badan Bank Tanah akan memberikan pemanfaatan lahan miliknya di Penajam Paser Utara.

Sementara itu, JTrust Consulting Indonesia ditunjuk sebagai mitra Badan Bank Tanah, dengan mandat eksklusif untuk memperkenalkan dan menangani investor-investor asal Jepang yang akan berinvestasi di kawasan hak pengelolaan lahan (HPL) Badan Bank Tanah tersebut. Adapun J Trust Bank akan mendukung para investor asal Jepang dalam aspek finansial.

“Besar harapan kami Jepang menjadi sahabat yang turut berinvestasi di Indonesia, khususnya pada HPL Badan Bank Tanah. Hal ini sejalan dengan upaya kami dalam menciptakan kerja sama yang inklusif dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di area HPL kami dan sekitarnya,” kata Kepala Badan Pelaksana Badan Bank Tanah, Parman Nataatmadja, Rabu (26/6/2024).

HPL Badan Bank Tanah yang saat ini tengah dikembangkan yakni proyek Penajam Eco City berada di Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur. Kawasan ini merupakan salah satu aset persediaan lahan Badan Bank Tanah dari total keseluruhan seluas 18.758 Ha di seluruh Indonesia.

Konsep eco city ini menawarkan kota yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Konsep ini mengajarkan untuk kembali ke alam dan menghemat energi, mendorong kota menghadirkan ruang terbuka hijau sebanyak mungkin, dan manajemen kota yang seimbang pada aspek lingkungan, ekonomi, sumber daya alam, dan manusianya sendiri. Eco city tak sekadar memperluas ruang hijau, efisien akan energi, tetapi perilaku manusia di dalamnya juga menjadi perhatian.

”Kami ingin turut serta menciptakan keadilan di bidang pertanahan serta terciptanya ekonomi berkeadilan di PPU, tapi kami tidak bisa sendirian. Oleh karena itu kami menggandeng J Trust Consulting Indonesia dan J Trust Bank untuk mengajak investor Jepang berinvestasi di sana dan di HPL kami lainnya di kemudian hari,” ujarnya.

Direktur Utama J Trust Consulting Indonesia, Takeshi Ikeda menjelaskan JTrust Consulting Indonesia menyediakan layanan konsultasi seperti business matching dan pemasaran dengan memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman J Trust Group global. “Melalui kerja sama ini kami dapat berkontribusi pada ekonomi Indonesia serta mendukung pembangunan Ibu Kota Negara baru dan juga tentunya pada pengembangan program dan kegiatan ekonomi dari para investor asal Jepang,” katanya.

J Trust Bank selaku institusi keuangan yang menjadi bagian dari MoU ini siap memberikan dukungan berupa layanan perbankan berstandar Jepang seperti pembiayaan kepada para investor melalui 46 kantor cabangnya yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

”J Trust Bank berkomitmen berperan aktif pada kegiatan bisnis di tanah air dimana pelaku usaha asal Jepang dapat memanfaatkan peluang bisnis yang ada di Indonesia. Kami percaya mengelola sumber daya secara bijak bersama-sama ini akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Jepang secara berkelanjutan,” kata Direktur Bisnis JTrust Bank Widjaja Hendra.

Dengan semangat kolaborasi yang kuat, JTrust Bank, Badan Bank Tanah, dan JTrust Consulting Indonesia berupaya menciptakan lingkungan investasi yang kondusif dan berkelanjutan di IKN . Harapan mereka adalah dapat mendorong lebih banyak investor Jepang untuk melihat potensi besar yang ditawarkan oleh Indonesia, terutama dalam proyek-proyek seperti Penajam Eco City. Kerja sama ini tidak hanya diharapkan membawa manfaat ekonomi bagi kedua negara, tetapi juga meningkatkan hubungan bilateral dan memperkuat persahabatan antara Indonesia dan Jepang. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved