Trends

Riset Magpie : Merek Lokal Mendominasi Penjualan Tabir Surya di Lokapasar

Produk lokal merajai penjualan pasar tabir surya di e-commerce pada Q1/2024. (dok Magpie)

Penjualan produk perawatan wajah di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang cukup mengesankan. Nilai pasar produk perawatan wajah pada 2024 ini diproyeksikan sebesar US$2,7 miliar atau berpeluang tumbuh sebesar 20% jika dibandingkan 2022.

Faktor pendorongnya adalah tingginya minat konsumen terhadap produk tersebut. Sekitar 87,3% konsumen wanita menggunakan tabir surya, salah satu jenis produk perawatan wajah setiap hari. Konsumsi ini menyebabkan lonjakan pembeli yang menghasilkan peningkatan 2,8 juta produk terjual jika dibandingkan dengan tahun 2022. Platform belanja online seperti e-commerce (lokapasar) berkontribusi terhadap pertumbuhan penjualan tabir surya ini.

Menurut hasil riset dari Magpie E-commerce Intelligence, nilai bruto (GMV) tabir surya di kuartal I/2024 senilai Rp318,04 miliar dengan total 6,3 juta produk terjual di Shopee, Lazada, & Tokopedia. “Periode kuartal pertama untuk kategori perawatan wajah, khususnya produk tabir surya, mengalami penurunan sebesar 14,2% dibandingkan dengan kuartal keempat 2023 yang hanya menghasilkan IDR 370,29 miliar. Meskipun demikian, GMV yang dihasilkan di pasar tabir surya selama periode ini secara konsisten meningkat dari bulan ke bulan,” ujar Wilhendra Akmam, CEO dari Magpie pada Rabu (26/6/2024).

Shopee mendominasi pasar e-commerce dari Januari hingga Maret 2024 dengan pangsa pasar sebesar 74,9%, disusul Lazada pada posisi kedua dengan pasngsa pasar 16,2% dan Tokopedia 8,9%. Menariknya, Lazada menunjukkan pertumbuhan signifikan dari kuartal 4/2023 ke kuartal 1/2024 dengan peningkatan GMV sebesar 90,3% sementara Shopee mengalami penurunan sebesar 25,2%.

Pasar tabir surya di e-commerce didominasi oleh merek lokal. Azarine memimpin pasar keseluruhan dengan 14,3%, diikuti oleh Facetology di posisi kedua dengan 12,3% dan Skin Aqua di 8,3% dari keseluruhan penjualan produk tabir surya.

Azarine memimpin produk terlaris di Shopee dengan GMV sebesar Rp22,14 miliar dengan 438,9 ribu produk terjual selama kuartal 1/2024. Pada rentang waktu yang sama, Azarine juga memimpin penjualan sunscreen di Tokopedia dengan GMV sebesar Rp1,81 miliar dengan 30,7 ribu produk terjual. Sementara itu, Madame Gie mencatat penjualan tertinggi di Lazada dengan 90,6 ribu produk terjual pada kuartal pertama tahun ini. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved