Trends

Endeavor Indonesia Jabarkan Peluang Startup Greentech dan D2C

Devina Hartono, Direktur Eksekutif Endeavor Indonesia di Jakarta pada Rabu, 26 Juni 2024. (Foto : Vicky Rachman/SWA).

Endeavor Indonesia, komunitas para pengusaha berdampak tinggi, menunjukkan konsistensinya untuk mendukung pertumbuhan startup yang berkelanjutan dengan semangat multiplier effect. Endeavor Indonesia menyediakan beragam layanan, semisal fasilitas sharing bersama rekan sesama entrepreneur (peer to network), penyediaan akses ke sumber pendanaan, dan platform pay-it-forward hingga koneksi dengan mentor kelas dunia (mentorship). Endeavor Indonesia membantu para pengusaha untuk mampu meningkatkan skala bisnis dan melipatgandakan dampaknya.

Endeavor Indonesia mencatat perusahaan startup yang terkoneksi di komunitas ini berkontribusi menciptakan 31 ribu pekerjaan langsung, meningkat 82% dibandingkan tahun 2020. Bahkan, 15 perusahaan dalam portofolio Endeavor membukukan EBITDA (earning before interest, tax, depreciation, and amortization) positif pada kuartal pertama tahun ini. Hal ini terangkum pada Impact Report Endeavor Indonesia yang menyoroti capaian penting dalam membina ekosistem startup Indonesia yang berkembang pesat.

Hal ini menunjukan peran signifikan memaksimalkan potensi dan kontribusi para entrepreneur dalam pertumbuhan ekosistem kewirausahaan di Indonesia. Devina Hartono, Direktur Eksekutif Endeavor Indonesia, mengatakan Impact Report 2023 menjabarkan adanya peluang baru di tengah berbagai tantangan dalam setahun terakhir ini. “Kami melihat semangat pertumbuhan startup yang tak hanya berfokus menggalang pendanaan melainkan pada pengembangan bisnis yang memiliki potensi besar untuk bertumbuh dengan cepat dan berkelanjutan. Hal tersebut terlihat dari mayoritas permintaan topik mentoring seperti pengembangan talenta, penjualan dan kemitraan business to business (B2B), serta cara masuk dan ekspansi pasar,” ujar Devina di Jakarta, Rabu (26/4/2024).

Devina menjabarkan semangat multiplier effect yang ditanamkan Endeavor Indonesia itu memungkinkan setiap pengusaha untuk mencapai kesuksesan individu dan enciptakan efek lanjutan yang positif untuk masa depan ekosistem startup. “Kami mendorong untuk menyelami laporan ini dan mengeksplorasi strategi serta kisah-kisah yang menggambarkan ketahanan dan optimisme kami di tengah ketidakpastian,” ucap Devina.

Laporan Dampak Endeavor itu mencatat perusahaan-perusahaan Endeavor Entrepreneur berhasil mengumpulkan pendanaan ekuitas sebesar US$417 juta. Endeavor Entrepreneur adalah pengusaha yang telah dipilih dan didukung oleh Endeavor untuk mendapatkan manfaat eksklusif seperti jaringan, akses ke pendanaan, dan sumber daya lainnya karena potensi pertumbuhannya dan diharapkan bisa menjadi role model lewat dedikasinya untuk menciptakan multiplier effect.

Pendapatan yang dihasilkan oleh para pengusaha di dalam portofolio Endeavor mencapai US$3,1 miliar dolar, meningkat enam kali lipat sejak tahun 2020. Hingga saat ini, Endeavor Indonesia telah mendukung 98 Entrepreneur Endeavor dari 68 perusahaan rintisan, seperti CEO eFishery, Kopi Kenangan, Paxel, Pinhome, Buttonscarves, dan lainnya.

Pertumbuhan pesat commerce yang didorong oleh keberadaan startup lokal kini mendominasi, didukung infrastruktur yang semakin mendukung. Jika Asia Tenggara mengalami pertumbuhan pesat dalam commerce, pertumbuhan ini tergambar juga dalam tren di Endeavor.

Di tahun 2023 hampir 60% dari semua calon Endeavor Entrepreneur Asia di International Selection Panel (penjurian oleh panelis yang kompeten dari mancanegara) pada tahun lalu itu dari sektor commerce. Jumlah Endeavor Entrepreneur di Indonesia pada sektor commerce mendominasi, yakni sebesar 21% dan disusul sektor fintech sebesar 19%.

Adapun program mentorship khusus tahap awal bernama Scale Up by Endeavor diminati oleh mayoritas sektor commerce, yakni sebesar 21%, disusul oleh sektor smart city & climate sebesar 16%. Indonesia jadi salah satu pertumbuhan tercepat bagi Endeavor Catalyst Endeavor Catalyst dihadirkan untuk berinvestasi secara khusus di perusahaan-perusahaan yang dipimpin oleh Pengusaha Endeavor.

Beroperasi selama lebih dari satu dekade, Endeavor Catalyst telah menginvestasikan lebih dari US$500 juta di 37 pasar dalam 314 usaha. Capaian ini turut mendukung Endeavor Entrepreneur dan menyoroti pasar yang sedang berkembang. Adapun 5 pasar paling aktif dipimpin oleh Brazil (49), diikuti oleh Meksiko (26) dan Indonesia (23). Sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat bagi Endeavor Catalyst, beberapa perusahaan dari Indonesia yang mendapatkan investasi itu antara lain VIDA, Paxel, Kresivo, Evermos, Glints, dan lain sebagainya.

Kemudian, partisipasi perempuan diyakini telah membawa inovasi dan perubahan dalam dunia entrepreneur. Hal ini yang turut menginspirasi Endeavor dengan capaian positif mereka. Berdasarkan data Impact Report, 50% Endeavor Entrepreneur baru yang terpilih sepanjang 2023 adalah perempuan.

Adapun 32 founder perempuan telah terpilih dalam program Scale Up. Beberapa program yang mendukung pemberdayaan perempuan antara lain program Nurture to Scale (program untuk para founders di industri retail) dan diskusi bersama para pengusaha perempuan merayakan Hari Perempuan Internasional. “Sektor Greentech dan D2C (direct to customer) akan lebih dilirik oleh para investor di 2024 Seiring dengan pergeseran pasar menuju profitabilitas, fokus pada keberlanjutan menjadi kunci bagi startup untuk bertahan dan berkembang,” tutur Devina.

Pada 2024, pertumbuhan pada startup greentech dan bisnis dengan model DTC berpotensi tumbuh. Beberapa tren yang mendorong pertumbuhan D2C di Indonesia antara lain meningkatnya popularitas belanja online hingga pengembangan infrastruktur yang mendukung perusahaan berorientasi pada konsumen.

Pada Juni tahun ini, Endeavor Indonesia menunjuk dua Board Member terbarunya, yakni Jefrey Joe dari Alpha JWC Ventures dan Nick Nash dari Asia Partners sebagai co-Chairman siap mendukung pertumbuhan ekosistem kewirausahaan berdampak tinggi yang lebih matang.

Setelah menggelar roadshow eksklusif bagi investor melalui acara MatchCAP Asia 2024 dengan mempertemukan 90 investor terkemuka dan 70 startup inovatif, sektor utama yang menarik minat paling banyak dari modal ventura adalah greentech dan D2C. Untuk memaksimalkan pertumbuhan entrepreneur lebih dalam lagi. “Ke depannya, Endeavor Indonesia terus meningkatkan visibilitas hingga memperluas dampak yang lebih jauh. Kehadiran co-Chairman baru kamimenambah peluang untuk menciptakan lebih banyak inovasi baik untuk startup Indonesia dan Singapura. Dengan begitu, para high impact entrepreneur bisa berani bermimpi lebih besar, berupaya meningkatkan skalanya lebih cepat, dan berkomitmen untuk mewujudkannya,” jelas Devina.

Sebagai bagian dari Endeavor Global, Endeavor Indonesia adalah komunitas global bagi para entrepreneur yang membantu mereka mengatasi tantangan dalam mengembangkan (scale-up) usaha. Sejak berdiri, Endeavor telah membantu lebih dari 2500 entrepreneur di lebih dari 40 negara. Lewat jaringan yang kuat, Endeavor Indonesia terus membina para high-impact entrepreneur yang senantiasa memiliki ide inovatif, menciptakan peluang kerja, serta memberikan dampak sosial yang mendalam dengan meningkatkan standar hidup komunitas sekitar. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved